Tempat Wisata

Biaya masuk dan atraksi TRMS SERULINGMAS September 2023

Biaya masuk dan atraksi TRMS SERULINGMAS September 2023

TRMS Serulingmas Biaya masuk: 20.000 hingga 25.000 Rp. Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB. Nomor telepon: (0286) 591933 / +62 853 3317 0300. Alamat/Lokasi: Kutabanjarnegara, Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia, 53418

Hewan sangat perlu hidup di alam liar. Namun, arahan tersebut mengizinkan pemeliharaan hewan yang dikelola dengan baik dan sesuai dengan habitat aslinya. Seperti memelihara binatang di kebun binatang yang ada di semua daerah. Bagaimana TRMS Serulingmas (Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas)kebun binatang di Banjarnegara.

TRMS Serulingmas tidak hanya memiliki kebun binatang, tetapi juga taman bermain dan kolam renang. Ada juga panggung hiburan yang menampilkan pertunjukan Live music pada hari tertentu. Uniknya lagi, pengunjung bisa menyaksikan binatang-binatang di malam hari. Tentu perasaannya akan berbeda jika Anda mengunjungi hewan-hewan tersebut pada siang hari.

Biaya masuk TRMS Serulingmas

Tiket valid masih sangat terjangkau mulai dari Rp 20.000 – Rp 25.000. Tiket masuk ini bervariasi tergantung hari kunjungan. Dan tiket ini juga sudah termasuk tiket musiman kolam renang.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Senin-Jumat Rp 20.000
Tiket Sabtu-Minggu dan tanggal merah Rp25.000
Tiket masuk Minggu pagi (07.00 – 08.00) Rp10.000

Biaya masuk TRMS Serulingmas

Baca: Tiket Masuk CANDI ARJUNA dan Berbagai Pesonanya

Informasi tentang mengunjungi TRMS:

  • Anak-anak di bawah 12 tahun dipersilakan.
  • Harga tiket normal berlaku untuk anak dengan tinggi badan di atas 100 cm.

Jam operasional TRMS

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Untuk wisata malam sebaiknya menghubungi TRMS terlebih dahulu.

Mengunjungi berbagai satwa di TRMS Serunglingmas

Harimau dari koleksi Kebun Binatang TRMSHarimau bersantai di tepi kolam renang. Foto: Gmap/Sigit Purnomo

TRMS Serulingmas adalah kebun binatang yang banyak dikunjungi di Banjarnegara. Apalagi menjelang musim liburan, jumlah pengunjung bisa meningkat berkali-kali lipat. Resmi dibuka pada 24 Agustus 1997, kebun binatang ini memiliki banyak koleksi satwa. Mayoritas koleksi ini berasal dari sumbangan berbagai pihak yang peduli terhadap alam.

Saat memasuki gerbang kebun binatang, pengunjung melihat burung Garuda. Ada dua burung yang berada di dalam sangkar. Dengan warna abu-abu dan putih yang mencolok, terlihat elegan dan berwibawa. Di sebelahnya ada seekor elang yang sangat cantik, yang sayangnya jarang ditemukan di alam liar.

Rupanya rombongan burung ini menjadi awal perjalanan ke kebun binatang. Saat Anda semakin memasuki kebun binatang, Anda akan menemukan kandang harimau dengan kolam di sekelilingnya. Salah satu hewan liar tersebut adalah harimau putih. Namun kandang harimau putih dan harimau belang digabung menjadi satu.

Baca : Tiket Masuk Taman Surya Yudha dan Aktivitasnya

Bersantailah di area kebun binatang

Dekorasi di sekitar kebun binatangOrnamen dekoratif di TRMS. Foto: Gmap/Idah Ceris

Kebun binatang ini tidak hanya menyediakan kandang yang berisi binatang. Pengunjung juga bisa bersantai di bangku-bangku yang telah disediakan. Makan siang atau saksikan pengunjung lain lewat. Atau Anda juga bisa mengambil foto dengan latar belakang kandang hewan yang berbeda.

Beberapa pohon tampak tumbuh tinggi dan menaungi area di bawahnya. Penjual makanan pun tampak meramaikan suasana. Pengunjung dapat menghubungi beberapa dealer termasuk dealer Dawet Ayu. Minuman khas Banjarnegara berbahan dasar dawet dan santan, manis dengan sedikit gula merah.

Baca: Tiket Masuk dan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng

Asyiknya berurusan dengan binatang

Tak hanya melihat satwa di dalam kandang, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan satwa tersebut. Pengunjung bisa memberi makan hewan jinak saat memasuki kandangnya. Seperti kelinci, dengan memberikan makanan khusus dari petugas kebun binatang. Pastinya akan sangat seru dan mendidik sekali bagi anak-anak.

Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan satwa liar, termasuk ular piton. Pengunjung bisa memegang ular piton sambil berfoto bersama satwa liar tersebut. Bersantailah karena pengunjung ditemani oleh pengasuh profesional. Jadi Anda tidak perlu khawatir meski berfoto dengan satwa liar.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Kawah Sikidang Dieng

Tur malam di TRMS Serulingmas

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas BanjarnegaraTaman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara. Foto: Gmap/Faraday m

Salah satu keistimewaan TRMS Serulingmas adalah pengunjung dapat berwisata di malam hari dan berinteraksi dengan satwa. Namun, opsi ini saat ini terbatas pada kelompok yang terdiri dari 20 orang atau lebih. Dan pengunjung harus memesan empat hari sebelum tanggal kunjungan. Karena paket wisata ini juga sudah termasuk makan malam.

Bahkan suasana sepi dan tenang di malam hari menjadi tantangan tersendiri. Beberapa hewan tampak tidur di malam hari, seperti orangutan. Ada pula yang masih aktif, namun tidak seagresif di siang hari. Namun ada pula yang lebih aktif di malam hari, seperti burung merak dan unta.

Untuk menikmati wisata malam ini, tersedia bagi pengunjung sebagai berikut: Lampu depan sebagai penjelasan. Yang serunya lagi, pengunjung juga bisa memberi makan harimau tersebut dengan makanan cakarnya. Pengunjung diajak masuk ke ruangan khusus yang berisi harimau untuk mendekatkan diri dengan memberi makan harimau. Saat memberi makan, Lampu depan Perlu dimatikan agar harimau tidak ketakutan, dan itulah perasaannya.

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Banjarnegara

Pemakaman di kebun binatang

Meski merupakan tempat hiburan, namun siapa sangka di sini juga terdapat kuburan. Makam ini milik Ki Ageng Selomanik, mantan panglima perang sekaligus sahabat Pangeran Diponegoro. Ia juga tampil sebagai pendukung Islam di Banjarnegara. Padahal, kuburan ini sudah ada sebelum kebun binatang ini didirikan.

Kuburan ini berusia sekitar 30 dekade. Atas jasa Ki Ageng Selomanik, makam ini tidak dipindahkan. Namun ia diberikan tempat khusus di kawasan kebun binatang ini. Sebagai tanda penghormatan terhadap prestasinya.

Fasilitas Kebun Binatang TRMS Serulingmas

Fasilitas kolam renang di TRMSKolam renang merupakan fasilitas di TRMS. Foto: Gmap/Shelio Na

TRMS menawarkan fasilitas berupa kolam renang, wahana untuk anak-anak dan pendopo untuk berteduh. Ada juga panggung hiburan tempat siaran biasanya berlangsung Live music. Serta toilet dan musala untuk kenyamanan pengunjung.

Lokasi Kebun Binatang TRMS

Kebun binatang ini terletak di Desa Kutabanjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi TRMS di 02286591933.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button