Tempat Wisata

Biaya masuk dan wahana KETEP PASS September 2023

Biaya masuk dan wahana KETEP PASS September 2023

Simpan paspor Anda Biaya masuk: Rp10.500 – Rp12.500. Jam buka: 08.00 – 17.00. Nomor telepon: +62 811-2640-046. Alamat/Lokasi : Jl. Blabak – Boyolali No.KM. 16, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56481

menyimpan paspor dianggap sebagai salah satu tempat wisata alam di Magelang. Dari sini, pengunjung bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian. Salah satu pemandangan yang bisa disaksikan dari kawasan wisata ini adalah Gunung Merapi.

Terletak di antara dua gunung Merapi dan Merbabu menawarkan keindahan yang tiada tara. Bahkan dari sudut pandang tempat wisata ini, pengunjung bisa melihat empat puncak gunung. Yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing.

Biaya Masuk Ketep Pass

Untuk memasuki Ketep Pass dan area museum, pengunjung perlu membayar tiket masuk antara Rp10.500 hingga Rp12.500. Di bawah ini adalah biaya masuk wisatawan lokal dan asing serta tiket masuk untuk menggunakan fasilitas di Ketep Pass.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Senin-Sabtu Rp 10.500
Tiket untuk hari Minggu dan hari libur nasional Rp 12.500
Tiket masuk Bioskop/Sky Tower Rp9.000

Biaya masuk Ketep Pass

Baca: Tiket Masuk dan Spot Selfie HUTAN PINUS KRAGILAN Magelang

Bagi wisatawan mancanegara, silakan baca artikel ini untuk informasi lengkap mengenai Ketep Pass (biaya masuk luar negeri dan aktivitas unggulan).

Jam buka Magelang Ketep Pass

Objek wisata ini dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Baik pada hari kerja maupun akhir pekan.

Kegiatan wisata di Ketep Pass Magelang

Panorama keindahan puncak gunung tentu menjadi hiburan tersendiri bagi wisatawan yang datang ke sini. Selain tentunya udara sejuk dan keindahan alam kawasan wisata serta berbagai aktivitasnya. Berikut beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini.

Puncak dari 5 gunung

Puncak Gunung Sindoro Sumbing dari Ketep PassKeindahan Puncak Gunung Sindoro Sumbing dari Ketep Pass. Foto: Google Maps/Ivan Kuznavan

Ketep Pass terletak di lereng Merbabu pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Dari tempat ini Anda bisa melihat puncak Merapi dalam cuaca cerah. Yang paling menonjol adalah sisa-sisa letusan tahun 2010. Pengunjung juga bisa melihat asam sulfat dari kubah lava Merapi.

Selain Gunung Merapi, Anda juga bisa melihat puncak empat gunung lainnya dari kawasan objek wisata ini. Tempat wisata ini terletak di gunung kembar Sindoro dan Sumbing, yaitu Gunung Slamet dan Gunung Merbabu.

Baca : Tiket Masuk Wisata Lembah Sindoro Posong dan Kegiatannya

Museum Vulkanologi dan Teater Vulkanik

Model gunung Museum VulkanologiSelain keindahan alamnya, wisatawan juga bisa mengunjungi Museum Vulkanologi. Foto: Google Maps/Habib Subrata

Dengan menggunakan teropong, pengunjung yang ingin mempelajari vulkanologi juga bisa melihat Merapi lebih dekat. Misalnya melihat bentuk pasca letusan atau mempelajari ciri-ciri Merapi. Jika dirasa belum cukup informasi, Anda bisa datang ke Ketep Vulcano Center.

Bangunan yang disebut juga Museum Vulkanologi ini berbentuk lingkaran. Di dalam bangunan ini terdapat miniatur Gunung Merapi, misalnya batuan sisa letusan. Selain itu, juga terdapat poster dan foto aktivitas Merapi serta peringatan dini terjadinya lahar Merapi di Museum Vulkanologi.

Pengunjung dapat mengunjungi bioskop mini yang menayangkan film dokumenter. Beberapa diantaranya adalah film dokumenter tentang sejarah terciptanya Merapi, penelitian Puncak Garuda, letusan Merapi. Film yang akan ditayangkan selama 25 menit ini hanya boleh disaksikan maksimal 78 pengunjung per sesinya.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Keindahan Borobudur dari Punthuk Setumbu Magelang

Melihat lebih dekat pada alam

Pemandangan alam dari Ketep passPemandangan perbukitan di sekitar Ketep Pass. Foto: Google Maps/Arif Budiman

Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam dari atas di kawasan wisata ini. Terdapat dua teropong yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat pemandangan lebih dekat. Teropong tersebut terletak di bagian atas Gardu Pandang Panda Arga dan Pandang. Beberapa pemandangan yang bisa dinikmati dengan teropong adalah Merapi, Andong, Merbabu.

Selain menggunakan teropong, pengunjung juga bisa melihat pemandangan pegunungan dari dekat di halaman Pancaarga. Dari titik tertinggi Ketep Pass terlihat jelas Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu dan Slamet. Selain kelima gunung tersebut, masih ada gardu pandang lain seperti Gunung Tidar, Andong, dan Pring.

Wisatawan juga dapat menikmati alam sekitar dari sudut pandang. Dari paviliun seluas 4 m² ini Anda dapat menikmati panorama indah kawasan pertanian Merapi dan Merbabu. Selain itu, Anda juga bisa bersantai di viewpoint setelah menjelajahi kawasan wisata.

Baca: Tiket dan Aktivitas Gereja Ayam Bukit Rhema Magelang

Matahari terbit dan terbenam di Ketep Pass

Matahari terbit di Gunung MerapiSaksikan matahari terbit pagi di balik Gunung Merapi dari Ketep Pass.

Pengunjung bisa datang pada pagi atau sore hari agar tidak terlalu panas. Pada pagi hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbit, udara yang lebih segar, dan kabut tipis. Sedangkan pada sore hari pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam sambil menyantap jagung bakar.

Pengunjung bisa mengabadikan pemandangan alam melalui foto. Misalnya saja mengambil foto dengan tulisan “Ketep Pass” di atasnya. Jika cuaca cerah, latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu bisa menghasilkan foto yang lebih bagus. Pengunjung yang datang pada pagi atau sore hari bisa berfoto sambil menikmati matahari terbenam/sunrise.

Baca: Tiket Masuk dan Spot Foto Taman Wisata Papringan Magelang

Piknik dan taman bermain

Pengunjung yang membawa anak-anak bisa bermain di taman bermain tersebut. Ada berbagai macam permainan di taman ini. Salah satunya adalah slide. Selain bermain di perosotan, anak-anak juga bisa lebih leluasa berlarian di taman bermain.

Di sini pengunjung bisa piknik bersama keluarga. Misalnya dengan membawa makanan sendiri dari rumah atau memesan di warung makan. Sambil bersantai sambil piknik, pengunjung bisa menikmati segarnya udara di sini.

meditasi

Pengunjung bisa bermeditasi terutama di pagi hari saat tempat wisata ini belum terlalu ramai. Pengunjung dapat duduk bersantai dan bermeditasi di sudut pandang atau paviliun. Udara pagi yang sejuk dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Apalagi jika sebelumnya tubuh dan pikiran Anda sudah cukup lelah akibat berbagai aktivitas seperti bekerja.

Perabot

Tempat wisata ini menawarkan berbagai fasilitas tidak hanya untuk rekreasi tetapi juga untuk belajar. Selain toilet, warung makan, dan musala, juga terdapat museum vulkanologi, bioskop mini, teropong, dan halaman pancaarga. Ada juga viewpoint yang bisa melihat pemandangan alam di sekitar Ketep Pass dengan lebih baik.

Lokasi Ketep Pass Magelang

Objek wisata ini terletak di Jl. Blabak-Boyolali KM. 16, Ketep Pass, Ketep, Sawangan, Magelang. Untuk informasi lebih lanjut seperti tiket bisa menghubungi 0811-2640-046. Atau hubungi 081-802-743-722.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button