Tempat Wisata

Biaya Tour PULAU LENGKUAS & Ragam Atraksi Februari 2023

Biaya Tour PULAU LENGKUAS & Ragam Atraksi Februari 2023

Harga Tiket Masuk Pulau Lengkuas: Gratis – Rp 500.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Tanjung Binga, Sijuk, Belitung, Bangka Belitung, Indonesia, 33414.

Pulau Lengkuas sering menjadi ikon pariwisata Kepulauan Bangka Belitung. Meski kecil, pulau ini memiliki pesona yang begitu memukau. Pemandangan laut dan pantai yang indah, sangat khas pantai di negara tropis. Ditambah dengan keberadaan mercusuar yang menandai jejak sejarah di pulau ini.

Berbagai aktivitas bisa dilakukan wisatawan di pulau ini. Mulai dari menikmati keindahan pantai, berkeliling pulau, bermain air, snorkeling hingga mengunjungi mercusuar. Jangan lewatkan untuk menikmati kuliner di sekitar pantai. Untuk menikmati waktu dengan puas, wisatawan perlu menghabiskan setidaknya satu hari penuh di sini.

Harga Pulau Lengkuas Belitung

Tidak ada biaya masuk untuk memasuki objek wisata ini. Wisatawan hanya perlu menyiapkan biaya saat memasuki mercusuar. Serta biaya penyeberangan dari pantai Tanjung Kelayang ke pulau Lengkuas.

Biaya ke Pulau Lengkuas
tiket masuk Bebas
tiket mercusuar Rp5.000
Kapal feri per 10 orang Rp 500.000

Baca: TANJUNG HIGH BEACH Belitung Tiket & Beragam Aktivitas

Jam buka pulau lengkuas

Obyek wisata ini tidak menetapkan jam operasional secara pasti. Namun pada umumnya wisatawan datang dari pagi hingga malam hari. Karena pada malam hari hiruk pikuk di pulau ini sepi. Dan wisatawan tidak diperbolehkan berenang atau snorkeling di malam hari.

jam operasi
Sehari-hari 24 jam

Menikmati keindahan Pulau Lengkuas

Pemandangan atas Pulau LengkuasPemandangan atas Pulau Lengkuas. Foto: Gmap/hasrizal

Pulau Lengkuas hanya memiliki luas kurang dari 1 hektar. Dari atas hanya ada tingkat kecil dengan mercusuar dan beberapa area berpasir. Selebihnya merupakan kawasan yang masih rimbun ditumbuhi pepohonan sehingga terlihat hijau menggumpal. Serta area bebatuan granit besar yang salah satunya terpisah dari pulau utama.

Meski kecil, pulau ini memiliki keindahan yang begitu memikat. Sejauh mata memandang, hamparan samudra biru yang berjenjang memanjakan mata. Wisatawan akan melihat warna biru kehijauan air laut di dekat pantai. Dari permukaan, wisatawan melihat dasar berupa pasir dan terumbu karang. Dan di lautan yang jauh, airnya tampak begitu biru.

Di datarannya sendiri, pasir putih terbentang melintasi wilayah pulau. Batu-batu granit juga terlihat bergerombol di beberapa titik, bahkan ada yang berukuran besar. Pohon kelapa dan pohon lainnya juga hadir sebagai penyejuk. Dan jangan lupa, mercusuar berusia ratusan tahun juga menjadi icon unik di pulau ini.

Baca: Tiket, Tempat dan Atraksi PANTAI TANJUNG KELAYANG

Kunjungi mercusuar, yang berusia lebih dari satu abad

Mercusuar seratus tahun di Pulau LengkuasMercusuar seratus tahun di Pulau Lengkuas. Foto: Gmap/Muhammad Iftor

Selain keindahan pulaunya, satu hal yang begitu ikonik di sini adalah adanya mercusuar. Mercusuar ini bahkan berusia lebih dari satu abad. Padahal, sudah didirikan oleh pemerintah Belanda sejak tahun 1882. Bahkan setelah lebih dari seratus tahun mercusuar ini masih kokoh dan masih digunakan sebagai penunjuk kapal.

Mercusuar ini tingginya sekitar 50 meter dan memiliki total 18 lantai. Pembangunannya dilakukan oleh perusahaan Belanda bernama LI Enthoven Co atau ZM Willem III. Untuk memasuki mercusuar, wisatawan harus melepas sepatu dan mencuci tangan dan kaki dengan air bersih. Karena air laut pada sepatu atau kaki dapat mengakibatkan korosi dan pelapukan bangunan.

Setiap ruangan di gedung ini memiliki dinding berbentuk lingkaran, lengkap dengan tangga spiral di sebelah kirinya. Tangga ini menghubungkan setiap lantai dari lantai paling bawah hingga paling atas. Di bagian atas, dinding sekelilingnya terbuat dari kaca, yang memungkinkan wisatawan untuk melihat sekeliling. Bahkan, ada juga balkon dari puncak ini dan wisatawan bisa keluar di balkon ini.

Snorkeling dan menikmati keindahan alam bawah laut

Snorkeling seru di perairan Pulau LengkuasSnorkeling seru di perairan Pulau Lengkuas. Foto: Gmap/Muhammad Dadang Kurnia

Alam bawah laut Pulau Lengkuas tak kalah indahnya dengan daratannya. Banyak terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan berwarna-warni. Kedalaman airnya masih relatif dangkal dan visibilitas airnya tinggi. Bahkan, wisatawan bisa melihat ikan warna-warni berenang dengan gembira tepat di atas permukaan air.

Biasanya kapal yang mengantarkan dari Tanjung Kelayang juga membawa wisatawan ke tempat snorkeling. Terumbu karang yang sehat, anemon yang menari, pemandangan yang indah. Warna-warni ikan pun ikut memeriahkan suasana bawah laut di Pulau Lengkuas. Wisatawan juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto di bawah air.

Untuk perlengkapan snorkeling, wisatawan bisa membawa sendiri. Atau bisa juga menyewa dari pemilik perahu yang biasanya juga akan menyediakannya. Kacamata dan respirator kaki katak harganya mulai dari Rp 20.000. Wisatawan juga disediakan jaket pelampung.

Berfoto di bebatuan granit yang eksotik

Batu granit di pantaiBatu granit di pantai. Foto: Gmap/Faisal Pak

Batu granit menjulang tak jauh dari bibir pantai. Ukurannya bervariasi, dari kecil hingga super besar. Batuan ini berkelompok membentuk daratan.

Wisatawan bisa berfoto di bebatuan ini. Anda bahkan dapat memanjat salah satu batu besar. Dimana batu-batu kecil di sekitarnya bisa menjadi perhentian.

Kawasan bebatuan ini juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Sore hari, duduk dan nikmati angin yang mengiringi matahari hingga kembali ke sarang.

Berjalan di sekitar pulau

Berjalan-jalan santai di sekitar pulauBerjalan-jalan santai di sekitar pulau. Foto: Gmap/Anis Kuntara

Meski tidak jauh, ada banyak hal yang bisa dilakukan di pulau ini. Selain mengunjungi mercusuar, berfoto dan snorkeling, wisatawan bisa berkeliling pulau. Wisatawan dapat berjalan menyusuri dan mengelilingi kawasan pantai.

Waktu yang tepat adalah saat masih pagi atau sore hari. Karena matahari belum bersinar, masih menyenangkan untuk berjalan-jalan. Wisatawan juga bisa mampir ke salah satu warung untuk menikmati kuliner yang nikmat. Atau sekedar melepas dahaga dengan meminum air kelapa segar yang dijual di sana.

Bagaimana menuju ke Pulau Lengkuas Belitung?

Pulau ini termasuk wilayah Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Tepat di utara Pantai Tanjung Kelayang. Untuk menuju pulau ini harus menyewa perahu dengan lama penyeberangan sekitar 20-30 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button