Tempat Wisata

BIB Lembang: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

BIB Lembang: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Sebagai salah satu tempat wisata di Bandung, Lembang juga memiliki beberapa tempat wisata terbaik yang bisa Anda kunjungi. Lembang merupakan salah satu kawasan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat yang mempunyai potensi wisata paling besar dan menjadi tempat terbaik untuk dikunjungi.

Anda juga bisa menikmati berbagai wisata mulai dari panorama alam hingga wisata kuliner, astronomi, dan bioteknologi. Sedikit bergeser ke pariwisata yang berhubungan dengan bioteknologi. Maka tempat wisata BIB Lembang Bandung atau Balai Inseminasi Buatan Bandung menjadi destinasi liburan yang tepat.

Balai Inseminasi Buatan atau BIB Lembang merupakan suatu fasilitas yang khusus berfungsi sebagai tempat pengolahan atau tata cara pengambilan semen ternak dengan alat kemudian diolah dan dibekukan sehingga menghasilkan semen yang berkualitas. Proses tersebut juga dapat digunakan untuk memperluas pengetahuan, sehingga Anda dapat menikmati liburan sambil belajar.

Fasilitas di BIB Lembang

Situs BIB Lembang Jawa Barat juga menyediakan fasilitas bagi pengunjung yang ingin menyaksikan atau mengamati secara langsung. Berbagai fasilitas tersedia seperti B. Pemagangan, penelitian, tes inseminasi dengan sperma beku, pengambilan sampel, namun juga fasilitas pendukung lainnya seperti kantin atau asrama, ruang tamu, ruang kelas full AC, sound system dan fasilitas pendukung lainnya.

Fasilitas di atas dapat digunakan untuk memudahkan pengunjung melakukan tes atau mengamati hasil proses inseminasi buatan yang sedang berlangsung. Setiap fasilitas tentunya akan mengenakan biaya tambahan.

Sejarah BIB Lembang

Profil BIB atau Balai Inseminasi Buatan Lembang didirikan pada tahun 1975. Instansi pemerintah ini merupakan salah satu produsen semen beku untuk benih ternak berkualitas tinggi dan proses pengembangan inseminasi buatan (AI).

Pada tanggal 3 April 1976, Balai Semen Beku diresmikan langsung oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia didampingi oleh Wakil Perdana Menteri Selandia Baru. Sebagai pusat BIB di Indonesia, lokasi ini telah ditunjuk oleh pemerintah untuk memproduksi semen beku dengan kualitas terbaik untuk sapi perah dan daging.

Dalam perkembangannya, BIB di Lembang telah mampu memproduksi lebih dari 33.000.000 semen beku benih berkualitas tinggi sejak didirikan hingga saat ini. Saat ini proses pembuatan semen beku sendiri dilakukan dengan bantuan mesin modern yang tidak mempengaruhi kualitas sperma hewan ternak.

Pertumbuhan sektor pertanahan pun mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya. Sejauh ini BIB Lembang Bandung memiliki lahan tanaman rumput seluas 18,55 hektar dengan total luas 22,55 hektar. Saat ini situs IBB terbuka untuk masyarakat umum yang ingin menyaksikan proses inseminasi ternak berkualitas tinggi.

Berburu foto di BIB Lembang

Bagi Anda yang suka berburu foto di berbagai spot wisata menarik, Anda bisa mengunjungi lokasi pusat inseminasi di Lembang. Selain bisa mengamati proses inseminasi hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan domba, Anda juga bisa mengabadikan beberapa momen di sana.

Anda bisa menemukan berbagai spot foto untuk mengabadikan momen saat melakukan riset, misalnya agar foto yang dihasilkan semakin menawan. Ada juga tempat lain di area padang rumput yang luas.

Biaya masuk dan jam buka BIB Lembang

Dikenakan biaya sebesar Rp 500.000/grup untuk mengunjungi BIB Lembang. Selain itu, jika Anda melakukan magang dan penelitian, Anda akan dikenakan biaya untuk waktu yang dihabiskan untuk penelitian, termasuk:

1. Magang dan penelitian (1-7 hari) 1 orang/penelitian senilai Rp 200.000

2. Magang dan penelitian (8-14 hari) 1 orang/penelitian senilai Rp 300.000

3. Magang dan penelitian (15-30 hari) 1 orang/penelitian senilai Rp 500.000

4. Magang dan penelitian (31-90 hari) 1 orang/penelitian Rp 1.000.000

Untuk tarif fasilitas lainnya seperti sewa ruang tamu dengan water heater dikenakan biaya sebesar Rp 75.000/orang/hari. Untuk sewa mess hall atau dorm dengan water heater harga Rp 50.000/orang/hari.

Fasilitas tambahan seperti sound system akan dikenakan biaya Rp 200.000/hari. Sementara itu, ruang kelas yang full AC juga dilengkapi dengan kriteria sebagai berikut:

  • 30 orang membayar Rp 200.000/8 jam
  • 80 orang membayar Rp 500.000/8 jam
  • 100 orang membayar Rp 700.000/8 jam
  • 120 orang membayar Rp 1.000.000/8 jam
  • 150 orang membayar Rp 1.500.000/8 jam

Jam buka BIB Wisata Lembang di Bandung terbuka untuk masyarakat umum yang ingin menyaksikan dan mengamati langsung cara dan proses inseminasi hewan. Jam buka BIB Lembang Indonesia sendiri dimulai dari pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Peta arah BIB Lembang

Tips mengunjungi BIB Lembang

Bagi Anda yang ingin berwisata dengan tema edukasi, lokasi Pusat Inseminasi Buatan 2017 atau BIB Lembang menjadi pilihan wisata edukasi terbaik. Jika Anda pergi ke sana, yang terbaik adalah membawa rombongan. Selain biayanya yang lebih murah, Anda juga bisa mempelajari proses inseminasi yang dilakukan bersama-sama.

Demikianlah ulasan mengenai wisata edukasi BIB Lembang di Bandung yang bisa anda jadikan tujuan liburan sambil asyik belajar. Bagi Anda yang bingung mencari tempat liburan terbaik, mengunjungi BIB Bandung adalah salah satunya.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button