Berita Wisata

Bilebante, area ekstraksi pasir berubah menjadi tempat kesenangan

Liputan6.com, Lombok – Bilebante adalah desa wisata yang terletak di pusat Lombok. Dari pusat kota Mataram, Bilebante hanya berjarak sekitar 16 km.

Tempat ini terlihat segar karena memiliki ruang hijau yang bagus. Namun, siapa sangka kawasan indah ini dulunya merupakan kawasan penambangan pasir?

Dari laman indonesia.go.id, selain bertani, warga setempat memperoleh sumber penghasilan dari penambangan pasir. Padahal, dulu hampir tidak ada yang bisa dibanggakan di desa ini karena tidak ada gunung, pantai, hutan, bukit dan air terjun yang identik dengan pesona alam Pulau Lombok.

Saat itu, di desa hanya ada sawah, petani, dan bebek. Hingga akhirnya, masyarakat mendapatkan pelatihan dari Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) melalui Badan Perencanaan Pembangunan dan Kerjasama Indonesia-Jerman (Bappenas) pada 4 April 2015.

Pelatihan tersebut juga perlahan mengubah pemahaman masyarakat tentang desa wisata. Masyarakat mulai paham bahwa desa wisata mencakup seluruh lapisan masyarakat yang mampu menjaga keaslian suasana kehidupan desa.

Pada tahun 2017 lalu, sociopreneur institute Institute of Social Economic Digital (ISED) menyelenggarakan pelatihan manajemen keuangan yang nyata bagi ibu rumah tangga. Masyarakat desa Bilebante juga telah sepakat untuk mengembangkan seluruh potensi desanya menjadi objek wisata.

Salah satu wisata pertama yang akan diterbangkan adalah wisata sepeda keliling desa atau gowes. Rute wisata ini dimulai dari depan kantor sekretariat desa wisata Bilebante, melewati pemukiman penduduk, melewati jalan setapak yang membelah hamparan persawahan, kemudian berhenti di kawasan masyarakat Hindu untuk belajar. budaya.

Pengunjung juga dapat singgah di Pura Lingsar Kelod yang merupakan tempat peribadatan umat Hindu tertua di Lombok Tengah yang berdiri sejak tahun 1822. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati musik tradisional bale ganjur dari masyarakat Hindu Bilebante.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi langsung menguji coba lintasan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat (12/11/2021). Jokowi mengendarai motor custom dengan warna dominan hij…

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button