Tempat Wisata

Bukit Cinta: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Selain Air Terjun Lawe Dua, ada juga destinasi wisata di tenggara Kabupaten Aceh yang tak kalah indahnya bagi para pelancong. Objek wisata ini bernama Bukit Lawe Ilmu atau lebih dikenal dengan Bukit Cinta. Bukit ini masih menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser yang terkenal di dunia.

Nama ini muncul karena banyaknya wisatawan yang datang ke sini didominasi oleh anak muda yang sedang kasmaran. Mereka sengaja datang untuk menikmati indahnya panorama Sungai Alas yang mengalir melalui Kutacane. Pemandangan yang luar biasa indah terbentang dari ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut.

Gundukan cinta

Secara geografis Bukit Cinta terletak di Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh. Untuk menikmati keindahan bukit ini, wisatawan harus menempuh perjalanan minimal 5 kilometer dari kota utama di tenggara Aceh. Wisatawan bisa melalui Jalan Raja Bintang lalu menuju Puncak Mbarung untuk sampai ke tempat wisata ini.

Untuk menuju tempat ini wisatawan dapat menggunakan mobil atau sepeda motor. Dan itinerary menuju Bukit Cinta tentunya bisa dikatakan seru dan menantang karena jalur yang harus dilalui pengunjung menuju tempat wisata tersebut memiliki banyak tikungan dan tanjakan yang cukup ekstrim.

Pesona Bukit Cinta

Dalam waktu kurang dari 30 menit, Jembatan Sungai Alas menyuguhkan kita dengan pemandangan indah yang mungkin tidak kita temukan di kota. Di sepanjang jalan juga banyak terdapat kafe-kafe tradisional yang berjejer rapi di sisi kanan jalan di tepi jurang.

Suara aliran Sungai Alas menandakan Anda sudah sampai di objek wisata Bukit Cinta, sebuah bukit yang banyak dibilang memiliki suasana romantis. Oleh karena itu, tempat ini banyak dikunjungi oleh pasangan muda yang ingin merasakan suasana romantis kawasan ini.

Gundukan cinta

Seolah-olah Tuhan menjadikan tempat ini sebagai tempat bertemunya setiap orang yang sedang merasakan jatuh cinta. Berdiri di pinggir Bukit Cinta, pemandangan terbentang luas. Dari tempat ini wisatawan juga bisa melihat pemandangan setiap sudut kota Kutacene.

Meski bukan tempat wisata unggulan, namun sayang sekali jika kita melewatkan seluruh pesona indah Bukit Cinta. Hal ini terbukti dengan tempat ini yang selalu ramai dikunjungi di hari kerja, apalagi di akhir pekan.

Selain itu, keindahan alam di sekitar Bukit Cinta menjadi nilai tambah tempat wisata ini. Wisatawan bisa menyaksikan alam yang dipenuhi pepohonan hijau sehingga menciptakan suasana asri dan alami. Di puncak bukit anda bisa menghirup udara segar, tempat ini sangat cocok dijadikan tujuan liburan bagi wisatawan yang ingin menyegarkan diri.

Fasilitas Bukit Cinta

Meski fasilitasnya tidak banyak, namun fasilitas yang tersedia di kawasan ini sudah cukup memenuhi kebutuhan pengunjung. Tempat ini menyediakan tempat parkir bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi. Terdapat juga kabin tempat Anda bisa beristirahat jika lelah menikmati pesona Bukit Cinta.

Selain itu, objek wisata ini juga belum memiliki fasilitas umum seperti toilet atau musala yang dapat digunakan pengunjung untuk beribadah. Bagi yang ingin bermalam, wisatawan dapat memilih hotel dan akomodasi di Kota Kutacene.

Baca juga:

Mengunjungi Bukit Cinta bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana romantis bersama pasangan. Berikut aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini.

Nikmati kopi

Setelah menikmati indahnya kawasan ini, kita bisa mampir ke warung-warung yang menjual berbagai macam kopi khas Aceh, antara lain kopi Gayo, kopi tarik Aceh, kopi Arabika khas Aceh dan masih banyak lagi. Sambil menyesap hangatnya kopi ini, Anda bisa menikmati suasana di sekitar objek wisata Bukit Cinta.

Selain kopi khas Aceh, para pedagang di warung tersebut juga menjual kopi Aren. Kopi ini memiliki rasa yang pahit berpadu dengan manisnya pohon enau, menjadikan rasa kopi ini tak kalah nikmat dengan kopi khas Aceh. Dan untuk menikmati semua kopi yang ada di kawasan Bukit Cinta ini, Anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp 5.000,- yang terbilang cukup murah untuk secangkir kopi nikmat.

Perburuan Foto

Tak lengkap rasanya jika sudah memasuki objek wisata Bukit Cinta namun tidak berpose di depan kamera. Atau sekadar mengabadikan momen bersama pasangan dan keluarga tercinta. Sungai Alas dan pemandangan kota Kutacane menjadi latar belakang yang indah untuk setiap jepretan Anda.

Jika kurang puas dengan gaya Anda dengan latar belakang yang indah, Anda juga bisa mengambil foto kios-kios yang berjejer rapi di kawasan Bukit Cinta. Warung yang tidak pernah sepi dari para pecinta kopi Aceh.

Biaya masuk ke Bukit Cinta

Pengunjung yang ingin berlibur ke objek wisata Bukit Cinta namun tidak memiliki budget besar tidak perlu khawatir. Karena untuk menikmati keindahan tempat ini anda harus merogoh kocek sebesar 10.000 pada hari biasa dan 15.000 pada akhir pekan. Jam buka objek wisata ini adalah dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore.

Baca juga:

Tips berlibur ke Bukit Cinta

  • Bawalah barang-barang yang diperlukan saja.
  • Pastikan kondisi cuaca bagus karena jika turun hujan maka pengalaman menginap Anda di objek wisata akan terpengaruh.
  • Wisatawan dilarang melakukan perbuatan asusila di tempat wisata.
  • Pastikan kondisi fisik Anda sehat.
  • Selalu berhati-hati saat berkendara karena jalur yang Anda lalui untuk menuju lokasi berada di pinggir tebing.
  • Jaga kebersihan tempat wisata dengan membuang sampah pada tempatnya.
  • Terakhir, berdoalah agar Anda sampai tujuan dengan selamat dan kembali ke rumah.

Galeri Foto Bukit Cinta

Potret Bukit Cinta di Aceh Tenggara
Pemandangan indah dari Bukit Cinta
Rumput hijau yang luas
Perburuan Foto
Potret pohon pinus di Bukit Cinta

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button