Tempat Wisata

Bukit Holbung, Bukit Teletubbies yang Mempesona, dan Sabana Padang di Samosir

Bukit Holbung, Bukit Teletubbies yang Mempesona, dan Sabana Padang di Samosir

Bukit Holbung di Samosir merupakan destinasi wisata ideal bagi pecinta alam yang ingin mendaki bukit menghadap Danau Toba yang legendaris itu.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Dolok Raja, Kec. Setiap hari, distrik. Samosir, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Ada banyak destinasi alam yang patut dikunjungi di Pulau Samosir. Daya tarik wisata tersebar di seluruh wilayah, baik yang bersifat alami maupun buatan pemerintah setempat. Salah satu destinasi alam yang paling terkenal adalah Bukit Holbung Samosir.

Destinasi wisata di Samosir ini sangat cocok bagi wisatawan yang hobi mendaki. Bukan pendakian gunung, namun tempat ini menawarkan khas pendakian gunung ke Danau Toba. Tentu Anda sudah mengetahui legenda Danau Toba bukan? Di sini wisatawan bisa menyaksikan legenda tersebut.

Selain pemandangan perbukitan hijau, ada pula perkampungan ramai di bawah Bukit Holbung. Pemandangan menariknya tersaji dengan sangat indah dan jelas, cocok dijadikan destinasi liburan akhir pekan.

Daya Tarik Bukit Holbung

Daya Tarik Bukit HolbungFoto oleh Levi T. di Unsplash

✦ Bukit Teletubbies yang Khas

Anda mungkin menonton “Teletubbies” ketika Anda masih muda, bukan? Serial animasi tentang keseharian empat makhluk berwarna merah, hijau, kuning, dan ungu bernama Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Poo. Di rangkaian ini terdapat perbukitan hijau yang sangat indah dan tertata rapi. Nah, sama saja dengan perbukitan yang ada di bukit ini.

Penduduk setempat sering menyebut bukit ini Bukit Teletubbies. Julukan tersebut tidak mengherankan, karena pemandangan di bukit ini sama persis dengan di serial animasinya. Perbukitan hijau tersebut berupa perbukitan yang tidak terlalu besar dengan puncak bukit yang tumpul.

Bukit-bukit ini mempunyai warna yang khas yaitu hijau cerah. Apalagi di siang hari, saat matahari bersinar terik, bukit ini bersinar dengan warna hijaunya yang mencolok. Pemandangan ini sangat menarik dan tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bukit Holbung.

Selain itu, perpaduan antara hijaunya perbukitan, langit biru dan kicauan burung yang seolah menari-nari di sekitar perbukitan menambah keindahannya. Beberapa pengunjung bahkan ingin tinggal lebih lama untuk bersantai dan menikmati panorama indah. Takjub dengan ciptaannya.

✦ Keindahan Danau Toba

Danau biru yang terbentang dikelilingi perbukitan ini menyimpan cerita rakyat yang menarik. Konon cerita tersebut berasal dari Toba yang menikah dengan seorang wanita jelmaan ikan dan mempunyai seorang anak bernama Samosir. Namun karena sebuah tragedi, Toba mengingkari janjinya kepada istrinya dan muncullah air yang berubah menjadi danau.

Danau ini disebut juga Danau Toba. Terlepas dari legendanya, menurut ilmu pengetahuan, danau ini terbentuk akibat letusan dahsyat Pegunungan Krakatau. Terlepas benar atau tidaknya legenda atau ilmu pengetahuan tersebut, Danau Toba tetap menawarkan pemandangan yang menarik.

Terdapat pemandangan danau yang indah dari Bukit Holbung. Warna airnya yang kebiruan berpadu dengan awan putih yang kerap berkumpul di atas danau ini. Dari puncak bukit, wisatawan bisa menyaksikan aktivitas berperahu di danau.

Wisatawan tidak hanya bisa mengagumi perbukitan dengan pemandangannya yang sejuk dan indah, tapi juga merasakan keindahan Danau Toba yang lebih mirip laut dan memiliki sejarah yang unik. Sungguh liburan yang menarik bukan?

✦ Sabana Bukit Holbung

Savannah merupakan padang rumput yang penuh semak dan perdu, dikelilingi pepohonan yang tersebar. Kawasan Bukit Holbung Samosir menjanjikan pemandangan sabana yang luas. Sabana ini terbentang sejauh mata memandang.

Panorama hijaunya padang savana membuat cuaca dan suasana menjadi indah alami. Anda dapat mendengar kicauan burung dan angin sepoi-sepoi bertiup di atas bukit. Wisatawan juga bisa memotret kemegahan sabana yang menakjubkan ini.

✦ Matahari terbenam dan matahari terbit

Bukit Holbung adalah tempat terbaik untuk melihat matahari. Suasana padang savana yang luas dan perbukitan hijau menambah keindahannya. Apalagi dengan menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit bersama orang-orang tercinta.

Bukit ini menawarkan berbagai tempat untuk mendirikan tenda. Anda bisa bermalam di atas bukit sambil menyaksikan matahari terbit atau terbenam. Alternatifnya, wisatawan bisa berkunjung pada pagi hari jika ingin melihat matahari terbit dan pulang pada sore hari jika ingin melihat matahari terbenam.

Berbeda dengan tempat wisata lainnya, bukit ini menawarkan pemandangan yang sangat menarik dan warna langit yang jingga di sore hari. Wisatawan bisa mengambil foto yang sesuai dengan latar belakang ini. Setiap sore bukit ini banyak dikunjungi pengunjung, baik sendiri maupun berkelompok.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit HolbungFoto oleh Proyek Rizaldie di Unsplash

Wisata Bukit Holbung hanya ada di Desa Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Bukit ini sudah sangat tua, berumur 200 tahun. Lokasi sangat strategis untuk pengendara mobil atau sepeda motor.

Waktu tempuh dari Kota Medan menuju tempat wisata ini sekitar 6 jam dengan jarak tempuh sekitar 224 kilometer. Cukup jauh, bukan? Ada dua rencana perjalanan yang bisa Anda pilih. Jalur pertama dari Kota Medan – Siantar – Parapat – Samosir.

Rute ini dimulai dari Kota Medan, kemudian ambil Jalan Perintis Mandiri dan terus ke Jalan Prof H,M. Yamin, Letjen Sujono dan ke Tol Belmera di Bantan. Setelah itu bisa dilanjutkan di Tol Medan menuju Kuala Namu dan dari Tebing Tinggi menuju Jalan Trans Sumatera serta dari Pematang Siantar menuju Tebing Tinggi.

Kemudian lanjutkan perjalanan Anda menuju Jalan Nagur di Pematang Siantar. Setelah itu ambil jalur Jalan Ade Irma Suryani dan Jalan Kapten MH Sitorus dan dilanjutkan ke Jalan Lintas Tengah Sumatra. Kemudian belok kanan ke Church Street. Lanjutkan perjalanan kembali ke Jalan Lintas Tengah Sumatra dan terus ke Jalan Talun Sungkit.

Ambil rute tenggara dari Jalan Bukit Barisan menuju Jalan Josep Sinaga. Lanjutkan ke pelabuhan Tiga Raja. Dari pelabuhan melintasi desa Tomok (Samosir). Sampai di desa Tomok terus ke barat daya di Jalan Pulau Samosir dan terus ke Panggururan. Setelah itu anda akan melanjutkan perjalanan menuju Arianboho dan sampai di lokasi.

Kedua, jalur Medan – Kabanjahe. Jalur pertama dari titik Kota Medan adalah ke arah selatan di Jalan Sei Deli menuju Jalan Guru Patimpus. Kemudian ikuti Jalan Jamin Ginting dan terus ke Jalan Barusjahe. Sesampainya di sana, lanjutkan di Jalan Besar Merek Kabanjahe hingga Situnggaling.

Sesampainya di Situnggaling, ambil Jalan Tongging Silalahi dan terus ke Jalan Tugu Silalahi. Kemudian dilanjutkan ke Jalan Sidikalang menuju Seribudolok di Dolok Tolong. Ambil Jalan Dolok Sanggul ke Jalan Arianboho di Kabupaten Samosir. Setelah Anda tiba, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke tujuan Anda.

Setelah sampai di kaki bukit, Anda bisa melakukan pendakian menuju puncak Bukit Holbung Samosir dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Sembari mendaki, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan di sekitar bukit yang dikelilingi kawasan hijau yang menarik.

Meski perjalanannya sangat jauh, namun worth it karena keindahan tempat yang ditawarkannya. Disarankan wisatawan membawa perlengkapan lengkap seperti protokol kesehatan, masker dan hand sanitizer serta sarapan pagi sebelum melakukan perjalanan.

Anda tidak bisa menjangkau tempat wisata dengan kendaraan umum karena tidak ada akses khusus. Anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi atau menyewa kendaraan dari perusahaan rental mobil.

Saat berkendara, wisatawan akan melihat deretan rumah di sepanjang jalan. Selain itu pemandangan hijau rerumputan dan pepohonan menambah kesan asri. Sesampainya di Kabupaten Samosir, lupakan untuk mengunjungi desa yang berada di kaki bukit ini, terdapat sekitar 500 rumah di sana.

Biaya masuk dan jam buka

Objek wisata Bukit Holbung Samosir dapat dinikmati dengan biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Selain itu wisatawan dikenakan biaya parkir dengan harga mobil Rp 10.000 per unit dan sepeda motor Rp 5.000 per unit.

Sedangkan untuk jam operasionalnya, bukit ini buka 24 jam dari hari Senin hingga Minggu. Anda bisa mampir kapan saja, namun waktu terbaik berkunjung adalah saat senja untuk menikmati langit jingga.

Selain itu, di sekitar bukit terdapat beberapa akomodasi yang tersedia jika wisatawan ingin bermalam, seperti Carolina Hotel, Toba Sunset dan beberapa akomodasi lainnya. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung fasilitas akomodasi.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Bukit HolbungFoto oleh Reza Arbain Rustam di Unsplash

1. Berkemah

Terdapat pilihan penginapan khusus bermalam di pinggir bukit, seperti mendirikan tenda di Bukit Holbung. Wisatawan dapat membawa perlengkapan berkemah atau menyewanya dari beberapa penyedia.

Menyaksikan pemandangan malam yang sejuk di cuaca dingin menghadirkan perasaan yang benar-benar berbeda. Di malam hari, selain pemandangan langit malam yang ditemani bintang-bintang yang menyatu, Anda juga bisa menyaksikan indahnya warna-warni lampu desa di kaki bukit.

2. Berjalan di sekitar Bukit Holbung

Aktivitas lain seperti jalan-jalan bisa dilakukan. Ada banyak tempat yang perlu dikunjungi, seperti padang savana yang luas. Wisatawan bisa menjelajahi hamparan Padang Saban. Berjalanlah mendaki Bukit Holbung dan rasakan sensasi berbeda sambil menikmati keindahan bukit, Danau Toba, dan pedesaan.

Waktu terbaik untuk menjelajahi perbukitan adalah pagi dan sore hari. Anda juga bisa menyaksikan berbagai warna langit yang seolah menambah keindahan bukit saat ini dan hembusan angin sepoi-sepoi menambah keindahan bukit.

3. Abadikan momen tersebut

Salah satu cara mengabadikan momen di Bukit Holbung adalah melalui fotografi. Objek wisata alam indah ini menjadi salah satu tempat yang menawarkan banyak kenangan menarik dalam potret. Terdapat beberapa spot foto menarik seperti padang savana, perbukitan, Danau Toba dan desa-desa sekitarnya.

Momen menarik lainnya pun saya alami ketika senja menjelang dan saya melihat warna jingga langit sore yang menyinari perbukitan. Apalagi jika membawa rombongan keluarga, mengambil foto keluarga yang menarik saat berwisata merupakan momen yang langka.

Fasilitas yang tersedia di kawasan bukit

Fasilitas Bukit HolbungFoto oleh Reza Arbain Rustam di Unsplash

Aspek penting dalam berwisata adalah kenyamanan fasilitas yang disediakan. Terdapat beberapa fasilitas yang sesuai di Bukit Holbung antara lain tempat parkir mobil yang sangat luas dan toilet yang bersih untuk pria dan wanita.

Terdapat juga musala bagi umat Islam di mana mereka dapat melaksanakan shalat wajib. Tak lupa juga terdapat stand yang menyediakan makanan dan minuman untuk kebutuhan pendakian. Stand ini letaknya strategis karena dekat dengan pintu masuk.

Bukit ini juga menawarkan beberapa kursi kayu. Tempat ini diperuntukkan bagi semua wisatawan yang lelah mendaki. Anda bisa bersantai sambil menikmati suasana bukit.

Bukit Holbung Samosir merupakan bukit kuno dengan pemandangan yang menarik. Dengan pemandangan Danau Toba, sabana, desa dan matahari terbenam, bukit ini cocok menjadi destinasi liburan yang cocok untuk Anda dan keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button