Berita Wisata

Bukit Kujau Sintang, “Jantung Borneo” yang menawan

Liputan6.com, Jakarta – Pesona Bukit Kujau yang terletak di Dusun Sekujam Timbai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, menawarkan keindahan alam yang memukau. Dari ketinggian 1308 mdpl, pengunjung bisa merasakan sensasi pemandangan hamparan pepohonan dengan udara segar.

Berbagai jenis pohon tumbuh subur di kawasan tersebut. Bahkan, Bukit Kuning dikenal masyarakat setempat sebagai jantungnya Kalimantan. Alam yang indah menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Tempat ini sangat cocok untuk para pendaki. Namun, dibutuhkan banyak upaya untuk mencapai puncak. Selama pendakian, pengunjung akan dihadapkan pada jalan menanjak dengan kemiringan kurang lebih 80 hingga 100 derajat.

Dipandu oleh pemandu dari masyarakat setempat, pengunjung akan diajak menyusuri jalan setapak yang menyusuri sisi tebing. Karena itu, selama proses kenaikan, nafas dan fisik juga harus dijaga.

Bagi wisatawan yang mendaki ke puncak bukit akan disuguhi pemandangan sawah dan pegunungan. Situs-situs menarik tersebut sering didokumentasikan oleh para traveller dalam bentuk foto dan video sebagai kumpulan kenangan.

Tidak jarang para traveller sering membawa perlengkapan seperti kamera untuk mengabadikan momen seru tersebut. Tak heran jika berfoto di Bukit Kujau pengunjung akan mendapatkan hasil yang estetis dengan banyaknya pilihan spot yang unik.

Sedangkan lokasinya sendiri cukup terpencil, wisatawan disarankan berangkat lebih awal dan membawa kendaraan pribadi. Selain itu, akses jalan cukup sulit karena masih banyak jalan yang belum beraspal menuju ke sana.

Bahkan jika wisatawan datang dari wilayah Kabupaten Sintang akan memakan waktu sekitar 2 jam. Pengunjung akan melewati Jalan Lintas Kalimantan tengah kemudian dilanjutkan ke Dusun Sekujam Timbai.

Pengunjung yang hendak berwisata sebaiknya menyiapkan makanan dan minuman yang cukup sebelum datang ke lokasi. Memang, warung-warung yang menawarkan kuliner ini letaknya cukup jauh dari daerah tujuan.

Persiapkan juga semua perlengkapan seperti matras atau keset karena tidak ada tempat persewaan di sekitar bukit. Namun hal itu tidak menjadi masalah, karena tempat wisata alam tersebut memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Selain itu, Bukit Kujau belum banyak dijamah tangan manusia, sehingga pengunjung akan merasa tenang. Kondisi alamnya yang asri akan membuat traveler betah dan takjub selama menginap.

Salah satu tujuan wisatawan berkunjung ke destinasi wisata baru di kawasan Taman Nasional (BTS) Bromo Tengger Semeru memang untuk menyaksikan matahari terbit. Waktu terbaik sudah menunggu di atas bukit sejak pukul 04:00 WIB.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button