Tempat Wisata

Bukit Langkisau, nikmati pemandangan eksotis dari atas Kota Painan

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL Langkisau, Salido, Kec. Iv Jurai, Kab.Pantai Selatan, Sumatera Barat; map: Cek lokasi

Bukit Langkisau adalah destinasi utama di Kota Painan, Pesisir Selatan yang juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Kota Painan dari ketinggian. Bukit ini terletak di pesisir barat pulau Sumatera. Ini menjadi salah satu tujuan wisata paling terkenal bersama dengan pulau-pulau sekitarnya lainnya seperti Pulau Cingkuak atau Pulau Monyet, Pulau Karabak, Pulau Cubadak dan Pulau Carocok.

Ketenaran pulau ini tidak bisa dipisahkan karena pemandangannya yang sangat indah. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat dua sisi yang menyenangkan. Sisi pertama adalah Samudera Hindia, Teluk Painan dan juga Pantai Salido. Sisi lain adalah Kota Painan yang luar biasa sehingga semua orang akan betah setelah lama menikmati pemandangan.

Tidak hanya pemandangan, bukit ini juga membangkitkan lagu yang sangat populer dengan lagu Minang oleh Nuskan Syarif. Selain itu, daerah ini dikenal mistis bagi masyarakat yang mempercayainya. Banyak orang juga mengunjungi Makam di Bukit untuk memenuhi keinginan mereka.

Pemandangan dari Bukit Langkisau

Daya Tarik Bukit Painan LangkisauSumber gambar: Twitter Wisata Cantigi

Bukit indah ini menjadi destinasi yang sangat terkenal, banyak pengunjung yang datang tidak hanya dari lokal tetapi juga dari pengunjung asing. Tentu saja karena daya tariknya yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berikut beberapa tempat wisata dan pesona bukit terpenting Kota Painan.

1. Pemandangan yang indah

Bukit Langkisau menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, sehingga banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahannya. Pengunjung bisa melihat keindahan laut dari Samudera Hindia, juga bisa melihat Teluk Painan, Pantau Salido serta deretan perbukitan yang sangat memanjakan mata yang memandangnya.

Pada malam hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang tidak kalah indahnya. Lampu-lampu kapal di pelabuhan sangat memukau. Termasuk lampu-lampu residen yang terlihat cantik dari atas.

2. Matahari terbenam

Pada sore hari, bukit ini banyak dikunjungi pengunjung untuk menunggu waktu matahari terbenam. Matahari terbenam merupakan daya tarik yang menarik banyak pengunjung. Dengan latar belakang keindahan laut, matahari tampak terbenam di antara perbukitan. Terlihat begitu indah dan akan sangat sulit untuk dilupakan.

Jika Anda datang saat musim hujan, kawasan pesisir selatan sering diguyur hujan. Namun, jika Anda datang pada sore hari, dengan sedikit keberuntungan Anda akan melihat warna pelangi yang sangat indah setelah hujan.

3. Pohon Centennial

Ada satu keunikan yang menjadi salah satu daya tarik saat berkunjung ke destinasi Bukit Langkisau, yaitu adanya sebuah pohon yang berusia ratusan tahun. Karena sudah sangat tua, pohonnya juga sangat besar. Tempatnya berada di atas bukit, jadi pengunjung bisa pergi ke sana untuk menjelajahi area pepohonan.

Menjadi salah satu daya tarik membuat banyak pengunjung penasaran untuk melihat pohon purba itu dengan mata kepala sendiri. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan datang sendiri dan harus didampingi oleh pemandu. Ditemani pemandu, pengunjung juga bisa mempelajari informasi dan seluk beluk tentang pohon berusia ratusan tahun itu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Bukit Langkisau Alamat PainanSumber Gambar: Google Maps Rank Pacisien

Pulau Langkisau terletak di Kota Painan, ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat. Jika Anda datang dari Kota Padang, jaraknya sekitar 77 kilometer ke arah selatan. Perjalanan ini dapat ditempuh dengan transportasi darat. Jalannya beraspal tetapi sangat menanjak sehingga Anda akan membutuhkan kendaraan kelas satu.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju Pulau Langkisau. Ada bus berukuran sedang yang bisa Anda naiki hanya dengan Rp 10.000. Ada juga bus kecil berkapasitas sekitar 12 orang dengan biaya Rp 15.000. Anda juga dapat naik taksi atau menyewa bus.

Angkutan umum seperti bus jurusan Padang – Painan berhenti hanya di Terminal Sago, jaraknya sekitar 5 kilometer dari Kota Painan. Maka yang harus Anda lakukan adalah melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum atau Angkor. Jika menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dari Painan hanya memakan waktu 10 menit.

Perjalanan menuju bukit ini cukup sulit. Kemiringannya bahkan 120 hingga 130 derajat, dan jalannya berkelok-kelok. Bahkan jika jalannya diaspal dengan baik dan dapat dikendarai oleh dua mobil kecil, pengemudi harus mengetahui medan dengan sangat baik. Medan jalan yang agak sulit ini juga tidak memungkinkan kendaraan bus besar.

Begitu sampai di tempat parkir mobil, Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jika ingin mencapai puncak tertinggi, Anda harus menaiki sekitar 50 anak tangga. Meski cukup melelahkan, dengan pemandangan alam yang tersaji, akan langsung terbayar.

Bukit Langkisau buka 24 jam sehari. Untuk menikmati keindahannya tidak perlu membayar tiket masuk. Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk parkir jika membawa kendaraan pribadi, itupun tidak mahal. Cukup bayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil sebelum melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Aktivitas menarik di Bukit Langkisau

Bukit Langkisau Aktivitas PainanKredit Foto: Google Maps Dani Irawan

Ketika Anda datang ke Bukit Langkisau, Anda dapat melakukan banyak aktivitas. Kegiatan yang sangat seru meninggalkan kesan tersendiri bagi Anda. Beberapa aktivitas yang bisa Anda coba bisa membuat adrenalin Anda terpompa dan sangat seru. Pengelola sendiri telah menyiapkan fasilitas untuk mendukung kegiatan tersebut.

1. Paralayang

Paralayang merupakan salah satu kegiatan yang paling diminati oleh pengunjung yang datang ke Bukit Langkisau. Anda juga bisa mencoba melihat pemandangan indah dari udara. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh pengunjung lokal tetapi juga oleh pengunjung dari luar negeri. Tempat yang sangat cocok untuk kegiatan paralayang ini bahkan sudah mendunia.

Daerah ini memiliki karakteristik yang cocok untuk menyelenggarakan kompetisi paralayang. Banyaknya atlet paralayang dari berbagai belahan dunia menjadikan tempat ini sebagai tempat populer untuk berlatih olahraga yang satu ini. Anda juga bisa mencobanya dengan membayar hanya Rp 300.000 saja. Nantinya akan ada pendamping pendamping yang bersertifikat Federasi Aero Sport Indonesia atau FASI.

2. Rubah terbang

Selain paralayang, Flying Fox adalah aktivitas lain yang memacu adrenalin. Jika Anda menyukai aktivitas outdoor dan adrenalin lainnya, Anda juga bisa mencoba aktivitas flying fox ini. Pengelola sudah menyediakan perlengkapan lengkap untuk kegiatan ini, termasuk alat pelindung diri, jadi tidak perlu takut.

3. Menikmati matahari terbenam

Kegiatan Seru di Bukit Langkisau PainanKredit foto: Google Maps Bukit Langkisau

Tidak diragukan lagi, matahari terbenam adalah salah satu momen yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan, banyak pengunjung yang datang hanya untuk menunggu waktu terbenamnya matahari. Duduk di atas bukit dan menikmati pemandangan laut yang dipadukan dengan matahari terbenam akan sangat mempesona. Anda harus datang pada sore hari untuk menikmati keindahan ini.

4. Pemandangan Malam

Ada banyak penginapan di sekitar bukit ini sehingga Anda bisa bermalam. Dengan cara ini Anda juga memiliki kesempatan untuk menikmati pemandangan di malam hari. Siang hari pemandangannya tidak kalah indahnya, malam hari pun tak kalah indahnya. Lampu perahu di pelabuhan terlihat indah dan menawan.

5. Ambil foto

Jika Anda datang ke destinasi wisata alam ini, maka fotografi merupakan aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. Keindahan alam yang dihadirkan akan sayang untuk tidak diabadikan dengan layar kamera. Jadi jika Anda datang ke bukit ini, jangan lupa untuk membawa kamera Anda. Ada banyak spot bagus untuk background foto kamu,

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit Langkisau PainanKredit foto: Google Maps Bukit Langkisau

Fasilitas di Bukit Langkisau sangat cocok untuk pengunjung. Tidak hanya tempat parkir yang luas untuk banyak kendaraan pribadi pengunjung, tetapi juga fasilitas lainnya seperti warung makan dengan menu yang bervariasi dan harga yang cukup terjangkau. Dan ada juga gazebo untuk istirahat.

Selain itu, destinasi wisata ini juga menawarkan fasilitas olahraga yang menarik banyak pengunjung. Perlengkapan paralayang disediakan dan pengunjung juga didampingi oleh pemandu paralayang bersertifikat. Selain paralayang, peralatan untuk kegiatan outbond lainnya seperti flying fox juga tersedia.

Anda juga tidak perlu buru-buru pulang. Akomodasi juga disediakan di area ini untuk Anda bermalam. Menginap di bukit ini juga memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan Kota Painan dan aktivitas tepi pelabuhan dari atas. Penginapan di kawasan ini juga memiliki jangkauan yang luas dengan harga yang berbeda-beda, sehingga anda dapat menyesuaikan budget anda.

Bukit Langkisau merupakan salah satu destinasi wisata utama di Kota Painan yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasinya yang menawarkan pemandangan alam yang indah juga menjadi tempat yang cocok untuk kegiatan paralayang. Tak heran jika bukit ini menjadi tempat populer bagi paraglider dari seluruh dunia untuk beraktivitas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button