Tempat Wisata

Bukit Lawang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kita patut bangga tinggal di Indonesia, negara dengan ribuan pulau yang indah. Memang jika banyak warga kita yang memutuskan untuk berlibur ke negara lain, hal ini bisa digantikan dengan berwisata ke berbagai daerah di Indonesia, karena dijamin banyak tempat wisata disana yang belum pernah anda dengar sebelumnya. Selain masalah pariwisata, Indonesia semakin berkembang dan banyak dari objek wisata ini dibangun kembali dan dilengkapi dengan fasilitas yang baik. Sehingga objek wisata di negara sendiri sama sekali tidak kalah dengan objek wisata di luar negeri. Misalnya saja di pulau sumatera khususnya di sumatra utara banyak terdapat tempat wisata dengan berbagai jenis mulai dari wisata bahari, alam, pendidikan dan lain-lain. Salah satu destinasi wisata di sana yang bisa Anda kunjungi adalah Bukit Lawang.

Obyek wisata Bukit Lawang terletak tepatnya di Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Bagi wisatawan yang menyukai alam, Bukit Lawang menjadi pilihan yang tepat karena di sana Anda bisa melakukan beberapa aktivitas seru dan menantang.

Sebagai obyek wisata alam, Bukit Lawang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah termasuk mancanegara. Hal ini dikarenakan daya tariknya yang mempesona, seperti pemandangan hutan hujan tropis yang rindang, aneka tumbuhan dan hewan liar, bahkan ada tumbuhan langka yaitu Raflesia Arnoldi atau biasa disebut bunga bangkai. Kemudian untuk faunanya sendiri, hewan yang juga menjadi ikon Sumatera Utara yaitu orangutan. Kawasan seluas kurang lebih 200 hektar ini tidak hanya menjadi objek wisata tetapi juga berfungsi sebagai observatorium satwa langka.

Nama Bukit Lawang sendiri digunakan karena bukit ini merupakan pintu gerbang sebelum memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Untuk aktivitas di objek wisata ini, Anda dapat menyesuaikan keahlian Anda, mulai dari berkeliling hutan untuk melihat orangutan atau hewan hidup lainnya, tubing atau naik jaket pelampung menyusuri Sungai Bahorok, hingga jalan-jalan ke Gua Kampret di mana Anda bisa. melihat ratusan orangutan. Kelelawar.

Fasilitas di Bukit Lawang

Bicara soal fasilitas, jangan khawatir, fasilitas yang bisa digunakan di objek wisata Bukit Lawang ini cukup lengkap, antara lain:

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Restoran atau tempat makan

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain-main dan berpetualang di Bukit Lawang pasti akan membuat perut Anda terasa lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar objek wisata ini Anda bisa menemukan restoran atau kantin yang menjual makanan, jajanan, dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Dengan membangun beberapa paviliun, Anda bisa bersantai di sana sambil menikmati pemandangan Bukit Lawang yang indah, hamparan hutan hujan tropis yang luas, serta flora dan fauna setempat.

– Akomodasi

Di objek wisata Bukit Lawang, bagi Anda yang membutuhkan penginapan bisa mengunjungi eco-lodge. Properti ramah lingkungan ini juga menawarkan pemandangan Bukit Lawang yang indah, jadi Anda harus mencobanya.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar area bukit.

– Masjid

Jika Anda beragama Islam dan ingin beribadah, Anda cukup datang ke musala yang telah disediakan pengelola.

Berburu foto di Bukit Lawang

Siapa sih yang tidak suka berfoto saat liburan? Dan tentunya kamera merupakan hal yang penting dan tidak boleh dilupakan saat berpergian. Saat berada di Bukit Lawang, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu indah dan menyegarkan mata karena banyak sekali pepohonan dan udaranya juga sejuk disana. Setibanya di sana, Anda akan disambut pepohonan yang menjulang tinggi di hutan hujan tropis. Pemandangan ini tentunya sangat cocok untuk membidik kamera Anda. Bersama keluarga atau teman Anda bisa berfoto dengan background panorama hijau dari hutan. Selain itu, kamu bisa mengabadikan momen seru saat melihat orangutan atau hewan dan tumbuhan lainnya, dan tentunya saat berpetualang di Sungai Bahorok bersama teman-teman. Jangan lupa untuk mengunggah foto-foto Anda ke berbagai media sosial agar masyarakat luas bisa lebih mengenal tempat ini.

Bagaimana menuju ke Bukit Lawang

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Jalan Tol Medan Kuala Namu – Jl. Tol Belmera – Tj. Mulia – Jl. Veteran – Jl. Jalan Tol Medan Binjai – Jl. Megawati – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Sutomo-Jl. HOS Cokroaminoto – Jl. Jend Ahmad Yani – Jl. Gatot Subroto – Jl. Merdeka-Jl. Binjai – Bukit Lawang

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Tj. Mulia – Jl. Cemara-Jl. Veteran – Jl. Jalan Tol Medan Binjai – Jl. Megawati – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Sutomo-Jl. HOS Cokroaminoto – Jl. Jend Ahmad Yani – Jl. Gatot Subroto – Jl. Merdeka-Jl. Binjai – Bukit Lawang

• Jalur darat: Dari pusat kota Anda tinggal mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Sutomo-Jl. HOS Cokroaminoto – Jl. Jend Ahmad Yani – Jl. Sultan Hasanudin – Jl. Gatot Subroto – Jl. Merdeka-Jl. Binjai – Bukit Lawang

Biaya masuk ke Bukit Lawang

  • Tiket masuk tiket domestik pada weekdays: Rp 5.000
  • Biaya masuk untuk hari kerja internasional: Rp 150.000
  • Tiket masuk akhir pekan domestik: Rp 7.500
  • Biaya masuk akhir pekan internasional: Rp 225.000
  • Biaya berkemah umum: Rp 5.000/hari
  • Biaya berkemah rombongan: Rp 2.500/hari

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Bukit Lawang

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore

Peta lokasi Bukit Lawang

Tips mengunjungi Bukit Lawang

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Bukit Lawang semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Lawang adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Bukit Lawang bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Bukit Lawang.

Galeri Foto Bukit Lawang

Bukit Lawang di LangkattitianSungai Landak di Bukit LawangPotret Keindahan oleh Bukit LawangPotret orangutan di Bukit LawangTaman Nasional Gunung LeuserPotret turis asing di Bukit Lawang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button