Tempat Wisata

Bukit Pule Payung, Nikmati keindahan alam Kulon Progo dari ketinggian

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Desa Hargotirto, Kec. Kokap, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta.; map: Cek lokasi

Liburan di Jogja selalu memberikan kesan terbaik karena banyaknya destinasi wisata yang keren. Selain keindahan kotanya, Kulon Progo juga memiliki destinasi puncak bukit yang sangat indah dan populer bernama Bukit Pule Payung. Bukit ini banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki banyak spot foto dengan background yang luar biasa.

Meski bukit ini cukup jauh dari pusat Kota Jogjakarta, namun wisatawan semakin hari semakin meningkat. Para wisatawan pun penasaran dengan keindahan alam kawasan Kulon Progo ini. Anda juga tidak akan kesulitan untuk mencapai bukit ini karena tersedia angkutan umum menuju lokasi ini.

Selain tempatnya yang banyak, fasilitas yang disajikan di atas bukit tersebut sangat memadai dan membuat wisatawan betah selama liburan. Bahkan ada beberapa penginapan terdekat yang memudahkan wisatawan dari luar kota. Di bawah ini adalah beberapa informasi yang dijelaskan secara rinci tentang Bukit Pule Payung.

Atraksi Bukit Pule Payung

Objek wisata Bukit Pule PayungSumber gambar: Google Maps Rusmadi AG

1. Tur Keluarga

Bukit Pule Payung sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga, karena Anda akan merasa nyaman selama liburan. Berlibur di tempat wisata ini juga bisa menjamin keamanan sehingga Anda bisa berlibur dengan tenang dan menyenangkan. Bukit ini biasanya banyak dikunjungi oleh rombongan keluarga saat musim liburan.

Selain itu, bukit ini memiliki kafe berdesain modern di mana Anda dapat bersantai setelah lelah mencoba berbagai wahana selama sehari. Keberadaan kafe membuat destinasi ini banyak dikunjungi anak muda, baik warga lokal maupun dari luar kota. Sore hari Anda bisa melihat pesona alam menghadap Waduk Sermo sebagai spot utamanya.

Di kafe, Anda dan keluarga dapat menikmati hidangan modern atau kuliner khas Kota Jogja. Aneka menu di kafe ini terkenal enak, sehingga Anda bisa sekaligus berwisata kuliner. Kafe yang dihiasi lampu-lampu indah di malam hari membuat Anda betah dan rindu liburan panjang di Bukit Pule Payung.

2. Keindahan alam Kulon Progo

Banyak pengunjung dan masyarakat sekitar yang menyebut tempat ini sebagai Bukit Wisata. Hal ini dikarenakan banyaknya pegunungan yang mengelilinginya membuat destinasi ini terkesan lebih asri dan tenang. Dari matahari terbit hingga terbenam Anda bisa menikmati keindahan matahari yang seolah terbit dan terbenam di atas bola lampu gunung.

Dari atas bukit ini Anda bisa melihat dengan jelas keindahan Waduk Sermo. Jadi Anda bisa berfoto dengan latar belakang waduk yang dikelilingi pegunungan. Setiap spot foto wisata ini selalu mengarah ke Waduk Sermo di latar belakang. Foto-fotonya terlihat seperti lukisan keren, meski diambil langsung dari alam yang ada.

Meski keindahan tempat ini sudah ada sejak lama, namun masyarakat setempat justru memanfaatkannya dengan menambahkan berbagai kreativitas di Pule Payung. Pemerintah setempat dan warga bekerja sama untuk menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata modern menjadi destinasi populer di kota Jogjakarta. Setiap situs dijamin aman saat digunakan wisatawan.

3. Destinasi Wisata Kontemporer

Daya tarik Bukit Pule Payung selanjutnya adalah terdapat beberapa tempat menarik yang bisa Anda gunakan untuk berfoto dan berbagi momen di media sosial. Beberapa spot foto kekinian tersebut adalah Sky Bike, Heaven Bridge, Wolu, dan Lollipop. Tidak hanya unik dari namanya saja, setiap tempat juga menampilkan keindahan alam terbaik untuk para wisatawan.

Ada delapan jenis tempat kontemporer secara total, masing-masing dengan karakteristik yang berbeda. Tentunya hal ini membuat Anda ingin menjajal semua tempat yang ada di dalam destinasi wisata tersebut. Dari gerbang utama, pertama-tama Anda akan menikmati lokasi Jembatan Surgawi dan berakhir di Cafe Angkasa, di mana Anda bisa beristirahat di sore hari.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit Pembayaran PuleSumber gambar: Google Maps Alfiahesty

Destinasi Wisata Bukit Pule Payung ini terletak di Desa Soropati RT007/RW003, Clapar 2, Hargotirto. Situs ini berada di wilayah Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda harus menempuh perjalanan ke kota Jogja dan kemudian menempuh jarak 36 kilometer dalam satu jam.

Setibanya di pusat Kota Jogja, silahkan mengarahkan kendaraan ke kawasan Kalibiru atau Jalan Godean. Kemudian mengarahkan mobil ke jalur barat dengan tujuan Goa Kiskendo. Kemudian arahkan kendaraan ke kiri menuju Gerbang Air Terjun Kembang Soka. Setelah sampai di pintu perlintasan, naik kendaraan menuju Kalibiru yang terletak di dekat bukit indah ini.

Jika ini pertama kalinya Anda berwisata ke Bukit Pule Payung, Anda hanya perlu bertanya kepada penduduk setempat tentang semua jalan yang akan Anda lalui. Hal ini diperlukan karena jika salah berbelok di kendaraan, Anda akan berhenti di tebing Gunung Gajah. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan peta saat berkendara ke bukit.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Bukit Pembayaran PuleKredit foto: Google Maps Pieter Danang

Untuk masuk ke Bukit Pule Payung, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah per orang. Peraturan tersebut berlaku sejak tahun 2017 saat destinasi wisata ini diresmikan oleh pemerintah daerah setempat. Namun, Anda harus membayar ekstra jika ingin memasuki setiap tempat menarik dengan harga berbeda di dalamnya.

Beberapa wahana berbayar adalah Lollipop Spot dan Heaven’s Bridge dengan harga tiket 10.000 rupiah. Sedangkan Spot Angkasa dan Wolu dibanderol dengan harga tiket 15.000 rupiah. Harganya cukup murah karena Anda bisa menikmati lokasinya sepanjang hari.

Situs dengan biaya tertinggi adalah Sky Bike dan Flying Fox dengan harga masing-masing 25.000 dan 30.000 rupiah. Jadi Anda hanya merogoh kocek puluhan ribu rupiah untuk menikmati semua layanan wisata di atas bukit. Destinasi wisata yang ramah kantong ini membuat para pengunjungnya merasa puas setelah berlibur di sana.

Bagi anda yang membawa kendaraan, anda akan dikenakan biaya parkir motor dan mobil sekitar 3000-5000 rupiah. Semua atraksi buka dari pukul 08:00 hingga 16:00. Namun, khusus untuk kafe di dalamnya, Anda bisa menikmatinya hingga malam hari.

Aktivitas menarik di Bukit Pule Payung

Kegiatan Bukit Pule PayungSumber Gambar: Google Maps MIKE LUSLI

1. Wisata khusus untuk anak-anak

Anda bisa berlibur bersama anak-anak dengan biaya masuk 5.000 rupiah untuk anak di bawah 5 tahun. Bukit ini menawarkan wisata khusus untuk anak-anak berupa kolam renang. Alhasil, destinasi wisata ini bisa digunakan oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang tua.

2. Nikmati keindahan alam Space Spot

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa dilakukan di Bukit Pule Payung adalah menikmati keindahan alam Space Spot. Ini adalah kawasan populer yang menjadi tujuan utama wisatawan saat mengunjungi bukit.

Ada kursi kayu yang menawarkan pemandangan paling indah bagi siapa saja yang beristirahat di sana. Di spot luar angkasa ini Anda bisa duduk dengan tenang dan merasakan semilir angin yang segar. Suasana asri ini bisa menghilangkan stres dari kebisingan suasana perkotaan.

3. Ambil foto

Anda wajib berfoto selfie saat berada di tempat wisata alam ini karena terdapat delapan spot foto terbaik seperti Jogja Giant Swing dan Wood Golf. Anda akan mendapatkan banyak koleksi foto menarik setelah berwisata ke bukit yang indah ini. Tidak hanya di tempat favorit kamu bisa berfoto dengan pemandangan terbaik dari Cafe Angkasa.

4. Menonton pertunjukan musik di malam hari

Bukit Pule Payung memiliki pertunjukan musik khusus pada malam-malam tertentu saja. Anda bisa menikmati menu kopi spesial dari berbagai daerah malam ini sambil menyaksikan pertunjukan musik yang menarik di atas bukit.

5. Naik Sky Bike dan Flying Fox

Kegiatan rekreasi di Bukit Pule PayungKredit foto: saluran Google Maps murdy

Destinasi wisata ini menjadi spot favorit bagi Anda yang menyukai aktivitas yang memacu adrenalin yaitu Flying Fox. Meluncur ke ketinggian 100 meter hanya dengan satu tali. Kegiatan ini terasa menegangkan namun membuat liburan lebih memuaskan dan pengalaman yang berbeda.

Anda tidak perlu khawatir karena berbagai alat pengaman pribadi terpasang saat mengendarai Flying Fox atau Sky Bike. Anda juga bisa bersepeda sambil membubung di atas bukit dan menikmati pemandangan pegunungan dan langit yang indah. Kedua lokasi tersebut menawarkan jasa pemotretan bagi Anda yang ingin mengabadikan momen saat berkendara.

6. Ikuti latihan yoga

Ada juga layanan latihan yoga yang rutin dilakukan di bukit setiap akhir pekan. Kegiatan yoga ini dimulai dari pukul 07.00 hingga 09.00. Namun, Anda harus membayar 150.000 rupiah dengan sarapan, coffee break, dan layanan antar-jemput. Kegiatan ini tentunya akan membuat liburan Anda lebih sehat dan tidak mudah lelah.

Fasilitas yang tersedia di Bukit Pule Payung

Fasilitas Bukit Pule PayungSumber gambar: Google Maps Odings

Puncak bukit yang indah di Kulon Progo ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti pendopo untuk kumpul keluarga atau mushola untuk beribadah. Ada juga Pendopo Amerta yang biasa digunakan untuk bersantai atau beristirahat setelah mengunjungi berbagai tempat di atas bukit.

Bukit ini menawarkan beberapa toko khusus oleh-oleh khas Kulon Progo untuk dibeli untuk keluarga Anda di rumah. Fasilitas ini tentunya akan memudahkan Anda untuk berwisata dan membeli oleh-oleh di satu tempat. Anda tidak perlu lagi berkendara untuk mendapatkan oleh-oleh khas Kulon Progo ini.

Destinasi ini juga menawarkan berbagai paket wisata dengan harga menarik bagi Anda yang akan berlibur bersama rombongan teman atau keluarga. Ada tiga pilihan paket yaitu Bronze, Silver dan Gold yang bisa dipesan. Dengan memesan paket liburan, Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dari destinasi wisata tersebut.

Itulah beberapa informasi dari tempat wisata Bukit Pule Payung di Kulon Progo yang sangat menarik untuk anda. Perpaduan keindahan alam dan pariwisata modern membuat Anda ingin menghabiskan hari-hari berlibur. Kemeriahan destinasi wisata ini wajib Anda rasakan saat berkunjung ke Kulon Progo dan sekitarnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button