Tempat Wisata

Bukit Samata Gowa, tempat yang tepat untuk hunting sunrise dan sunset di Sulawesi Selatan

harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Samata, Kec. Somba Opu, Kab.Gowa, Sulawesi Selatan; Map: verifikasi lokasi

Indonesia, tanah air yang kaya akan keindahan alam dan keanekaragaman budaya. Salah satu destinasi dengan keajaiban alam yang mempesona adalah Bukit Samata Gowa. Berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, bukit ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang mencari pengalaman berbeda dan menyatu dengan panorama alam.

Bisa dibilang bukit ini adalah surga tersembunyi di tengah rimbunnya pepohonan hijau dan rerumputan yang asri. Memasuki kawasan ini, Anda akan disambut oleh udara pegunungan yang segar dan sejuk yang menyegarkan jiwa dan raga Anda. Pesona alamnya sangat menakjubkan dan menawarkan pemandangan yang tak terlupakan.

Salah satu hal yang membuat tempat ini begitu istimewa adalah matahari terbit dan terbenam. Dari atas Anda dapat menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit yang mempesona dengan latar belakang langit yang indah. Mengubah warna menjadi nada kuning, oranye, dan merah muda memberikan perasaan ajaib yang tidak akan Anda lupakan sampai Anda meninggalkan tempat itu.

Daya tarik Bukit Samata Gowa

Daya tarik Bukit Samata GowaFoto dari Hiculs Store di Google Maps

Bukit Samata Gowa menawarkan berbagai atraksi yang mungkin tidak dapat ditemukan di tempat lain. Banyak orang menghabiskan waktunya di sini. Kebanyakan anak muda ingin mencari titik foto selfie, karena sebenarnya banyak keindahan yang bisa dijadikan background foto.

✦ Keajaiban Bukit Samata yang indah

Salah satu daya tarik utama yang membuat bukit ini begitu populer adalah pesonanya yang indah. Dari atas Anda bisa melihat berbagai pemandangan alam yang menakjubkan. Mulai dari deretan perbukitan yang terlihat eksotik. Kontur bukit ini mirip dengan yang akan Anda temukan di tempat lain, dengan banyak pepohonan rindang yang menghiasinya.

Di sisi lain, pemandangan kota juga menyuguhkan pemandangan perbukitan Samata Gowa yang tak kalah menarik. Kota di sekitarnya terlihat begitu kecil karena jaraknya yang cukup jauh. Di sore dan malam hari, pemandangan kota terlihat indah dengan lampu-lampu jalan dan iluminasi penduduk setempat.

Seperti bukit pada umumnya, terdapat banyak bebatuan yang berserakan. Batu-batu ini bervariasi dalam ukuran dari kecil hingga sedang hingga besar. Batu-batu besar banyak digunakan pengunjung sebagai tempat peristirahatan. Sambil menikmati pemandangan alam dan tentunya semilir angin.

✦ Lokasi sempurna untuk berburu matahari terbit dan terbenam

Panorama alam sunset menjadi daya tarik utama Bukit Samata Gowa. Selagi berada di sini, jangan lewatkan untuk menunggu datangnya pesona cantik ini. Ini adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan langit mengubah warnanya menjadi gradasi yang indah, menciptakan latar belakang yang romantis dan mempesona.

Pada saat itu Anda akan merasa seperti menyatu dengan alam semesta yang luas. Tidak hanya matahari terbenam yang sebenarnya, tetapi juga matahari terbit yang disebut matahari terbit. Pemandangannya tak kalah indah, mentari yang perlahan terbit menghangatkan suasana. Anda harus siap datang di pagi hari untuk menikmatinya.

✦ Tempat foto yang indah

Bukit Samata Gowa sering dijadikan spot bagi wisatawan yang gemar berfoto. Itu tidak salah, karena keindahannya tidak buruk untuk produksi konten atau sebagai pengingat. Perbukitan hijau, lembah luas, dan hutan rimbun adalah latar belakang yang sempurna untuk momen fotografi.

Keindahan alam yang rimbun ini akan membuat Anda serasa berada di surga yang tersembunyi. Tentunya, apalagi jika Anda meluangkan waktu untuk menunggu sunset, pemandangan yang Anda dapatkan akan semakin sempurna. Ada banyak tempat yang bisa Anda pilih, misalnya di atas batu besar atau di balik pohon hijau.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Bukit Samata GowaFoto oleh Andi Kartum di Google Maps

Meski Bukit Samata Gowa dikatakan berbukit, namun letaknya tidak jauh dari pusat kota. Yang harus Anda lakukan adalah menempuh jarak 6 kilometer, yang biasanya memakan waktu sekitar 15 menit. Silakan gunakan kantor DPRD atau Masjid Syekh Yusuf sebagai titik referensi utama. Dari sini Anda bisa berkendara ke Jalan Basoi Deng Bunga.

Lanjutkan perjalanan ke Jalan Manggarupi kemudian ikuti jalur utama hingga tiba di Jalan Mustafa Dg Bunga. Perjalanan dilanjutkan ke Jalan Sultan Alauddin lalu ke Jalan HM Yasin Limpo. Secara administratif, alamat wisata alternatif ini berada di Uin Samata, Samata, Kecamatan Somba, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Perjalanan menuju Bukit Samata Gowa sebenarnya tidak terlalu sulit. Untuk memudahkan Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps atau peta digital lainnya. Cukup masukkan nama tempat wisata atau alamat yang diberikan di atas. Kemudian yang harus Anda lakukan adalah mengikuti rute atau petunjuk arah yang diberikan sampai Anda tiba di tempat wisata.

Tak perlu merogoh kocek banyak selama mengunjungi lokasi eksotis puncak bukit di Gowa ini. Alasannya, sejauh ini tidak ada biaya masuk atau masuk gratis. Anda bahkan tidak perlu membayar biaya parkir, baik membawa sepeda motor atau mobil. Wisata mempesona ini buka 24 jam sehari, Anda juga bisa menginap dan mendirikan tenda.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Seru Bukit Samata GowaFoto oleh Andi Kartum di Google Maps

Bukit Samata Gowa tidak hanya memiliki banyak pesona keindahan. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama berada di sini. Setiap aktivitas menawarkan sensasi berbeda yang dijamin seru dan menyenangkan.

1. Mendaki ke puncak bukit

Wisata hits di Gowa ini, seperti namanya, bertempat di puncak bukit. Anda harus mendaki Bukit Samata Gowa dengan berjalan kaki untuk mengikuti tur. Tidak terlalu tinggi, jadi tidak terlalu berat. Justru kegiatan inilah yang dianggap menarik oleh sebagian besar pengunjung. Sambil jalan-jalan santai, Anda juga bisa berolahraga agar tetap sehat.

2. Cari spot foto cantik di Bukit Samata Gowa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Bukit Samata Gowa memiliki keindahan alam yang luar biasa. Anda tidak boleh hanya menikmati keindahan ini saat melihatnya, Anda harus mengabadikannya. Salah satu pilihan adalah mengambil foto. Ada banyak tempat indah yang bisa dijadikan background. Dari sekian banyak lokasi, latar belakang perbukitan adalah yang paling populer.

3. Menikmati panorama sunset

Aktivitas menarik selanjutnya adalah menikmati pesona matahari terbenam atau sunset. Karena keindahannya nyaris sempurna, jangan lewatkan aktivitas ini. Agak membosankan jika Anda datang lebih awal. Namun saat hal yang ditunggu-tunggu datang, yaitu sunset, rasa bosan tersebut dijamin akan terbayar dengan panorama yang indah.

4. Bersepeda santai

Naik sepeda santai ke puncak Bukit Samata Gowa sangat memungkinkan. Terdapat akses khusus untuk kegiatan ini yaitu jalan setapak yang cukup lebar. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh warga setempat yang ingin mendapatkan pengalaman liburan yang lebih nyaman. Namun sebelum itu, pastikan sepeda yang Anda gunakan sesuai dengan lintasannya.

5. Bersantai di puncak bukit

Selain semua aktivitas di atas, Anda juga bisa bersantai di bukit ini. Kegiatan ini tidak membutuhkan banyak tenaga, Anda bisa bersantai sambil menikmati pesona alam yang indah. Silakan gunakan batu dengan ukuran berbeda atau cabang yang jatuh untuk duduk.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Samata Gowa HillFoto oleh Andi Kartum di Google Maps

Tidak banyak fasilitas di Bukit Samata karena bukan properti wisata resmi yang dikelola oleh pihak terkait. Bahkan, Anda bahkan tidak akan menemukan fasilitas apa pun di lokasi, termasuk tempat parkir dan toilet. Namun jika Anda berencana untuk bermalam, tidak ada yang melarang Anda untuk mendirikan tenda di atas bukit.

Saat liburan, liburan menjadi salah satu hal yang paling ditunggu. Namun memilih tempat liburan yang ideal tidaklah mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan termasuk daya tarik dan biaya masuk. Bukit Samata Gowa memiliki beragam objek wisata dan tidak dipungut biaya. Sehingga sepertinya layak menjadi tujuan utama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button