Tempat Wisata

Bumi Kedaton, taman wisata populer untuk liburan keluarga di Bandar Lampung

Bumi Kedaton, taman wisata populer untuk liburan keluarga di Bandar Lampung
Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 08.30 – 05.00 WIB, Alamat: Jl. WA Rahman Ni, Batu Putuk, Kec. Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung; Map: Periksa lokasinya

Bagi warga Lampung, Bumi Kedaton menjadi objek wisata andalan di awal musim liburan. Bukan tanpa alasan banyak permainan dan wahana yang menambah daya tariknya. Objek wisata Bandar Lampung ini pertama kali diresmikan pada tahun 2004 dan langsung menarik perhatian masyarakat luas. Berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, cuaca setempat dijamin sejuk dan menyegarkan.

Konsep objek wisata ini menyertakan pegunungan sebagai backdrop. Ini adalah liburan alternatif yang sebagian besar terdiri dari pantai-pantai yang menghadap ke laut lepas. Tidak hanya warga sekitar saja, masyarakat luar kota pun turut datang mengunjungi wisatawan tersebut dengan tujuan agar liburannya semakin seru dan menyenangkan.

Meski berada di kawasan pegunungan, namun tempat wisata ini tetap dekat dengan pusat kota. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa objek wisata ini tidak pernah sepi, selain karena alasan daya tarik tentunya. Karena Bumi Kedaton mudah dijangkau, pengunjung yang ingin datang tidak akan kesulitan menemukannya. Selain itu, saat ini telah hadir aplikasi Google Maps yang akan memudahkan Anda mencapai tujuan.

Daya Tarik Bumi Kedaton

Bumi Kedaton BandarlampungFoto oleh Wisata.bdl di Instagram

Bicara soal atraksi: setiap destinasi wisata pasti memilikinya. Baik itu berupa pemandangan alam yang disuguhkan maupun berupa wahana yang ditawarkan. Bagi Bumi Kedaton, daya tarik dari seluruh kawasan pariwisata cukup lengkap. Apa alasan bagus untuk berkunjung? Inilah beberapa di antaranya!

✦ Ada Kebun Binatang Bumi Kedaton

Berkunjung ke kebun binatang saat liburan dijamin menyenangkan baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Saat berada di objek wisata ini, Anda bisa melihat berbagai satwa yang dipelihara di penangkaran. Mulai dari hewan jinak hingga liar bisa Anda saksikan bersama keluarga. Mengenal hewan sebagai media edukasi sangat penting bagi anak.

Koleksi yang ada di kebun binatang mini ini antara lain gajah, ular piton, kera, burung merak dan masih banyak lagi. Meski beberapa di antaranya merupakan hewan liar, namun keselamatannya tidak perlu dikhawatirkan. Semua hewan ditempatkan di kandang dengan jeruji besi. Oleh karena itu, Anda dan keluarga hanya bisa mengamatinya tanpa bisa memberinya makan.

✦ Atraksi air dan kolam renang

Daya tarik Bumi Kedaton selanjutnya adalah kolam renang dan beberapa atraksi air. Terdapat dua kolam renang yang bisa digunakan tergantung usia. Anak-anak bisa bermain di kolam renang yang tidak terlalu dalam. Ada beberapa wisata air terutama di kolam renang anak yang sayang untuk Anda lewatkan.

Seluncuran air salah satunya memiliki ketinggian yang rendah dan masih dianggap aman untuk anak-anak. Dengan lukisan warna-warni, perosotan spiral menjadi semakin menarik dan menggugah minat anak-anak. Selain itu, ada wahana lain yang umum terdapat di kolam renang, yaitu ember pelimpah raksasa.

✦ Pemandangan dan konsep wisata yang unik

Bumi Kedaton semakin menarik karena mengusung konsep alam dalam penciptaannya. Tak terkecuali karena lokasinya yang masih berada di ketinggian dan Anda bisa menikmati pemandangan pedesaan dari balik pepohonan. Menariknya, setiap sudut tempat wisata ini dikelilingi pepohonan dengan jenis berbeda-beda sehingga membuat suasana semakin sejuk.

Saat pengunjung baru memasuki lokasi, mereka seolah disambut oleh patung boneka lengkap dengan kereta kuda. Konsepnya semakin unik jika terdapat pendopo yang di dalamnya juga berdiri patung. Sekilas konsep ini mungkin membuat Anda serasa berada di Pulau Jawa.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bumi KedatonFoto oleh Wisata.bdl di Instagram

Menemukan lokasi Bumi Kedaton tidaklah sulit karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota. Mohon diperhatikan alamat lengkapnya: Jalan WA Rahman Ni Batu Putuk, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung jika ingin berkunjung. Tergantung dari mana Anda berasal, Anda dapat memilih rute yang berbeda.

Jika Anda datang dari pusat kota Lampung, lanjutkan perjalanan ke Jalan PM Noer. Setelah sampai di seberang jalan yang dimaksud, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raden Imba Kesuma. Ikuti jalan yang membawa Anda ke Teluk Betung dan berakhir di Sumur Putri. Sekitar 4 kilometer dari titik ini Anda akan menemukan tempat wisata yang dimaksud.

Biaya masuk dan jam buka

Tarif masuk Bumi Kedaton mungkin dianggap mahal oleh sebagian pengunjung. Dikenakan biaya masuk sebesar 40.000 rupiah untuk satu orang yang datang. Beberapa wahana yang ditawarkan bahkan tidak termasuk dalam harga tiket masuk. Untuk menikmati wahananya, harga tiket saat ini sekitar 10.000 hingga 20.000 rupiah.

Satu lagi, izin parkir juga menjadi biaya wajib. Untuk sepeda motor, tiket yang berlaku adalah 5.000 rupiah. Sekarang harganya dua kali lebih mahal untuk sebuah mobil seharga 10.000. Seperti tempat wisata lainnya yang memiliki jam buka, objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 dan tutup pada pukul 17.00 sore.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Bumi KedatonFoto oleh Wisata.bdl di Instagram

Beragamnya aktivitas yang ditawarkan pada suatu objek wisata menjadi alasan mengapa Anda harus mengunjunginya. Di Bumi Kedaton Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru yang disediakan oleh pihak pengelola. Tidak hanya untuk anak-anak, beberapa kegiatan juga menarik untuk dilakukan oleh orang dewasa.

1. Uji kemampuan berenang Anda di Bumi Kedaton

Apakah Anda yakin bisa berenang dengan baik? Silakan mencoba salah satu kolam renang ukuran olimpiade yang ada di tempat wisata ini. Ukurannya yang besar membuat berenang semakin seru. Kolam ini dianggap sebagai kolam renang ukuran Olimpiade karena memenuhi standar kompetisi nasional baik ukuran maupun kedalamannya.

Tidak disarankan untuk anak-anak, jadi harap gunakan tur dengan ukuran dan kedalaman yang lebih kecil sesuai dengan tinggi badan anak. Jika masih belum puas, seluncuran air spiral bisa membuat kunjungan ke Bumi Kedaton semakin menyenangkan. Setiap pengunjung yang datang hampir pasti akan berenang, dan itu sebenarnya aktivitas utama mereka.

2. Berjalan melalui kebun binatang mini

Dengan konsep unik ini, Anda tidak hanya bisa berenang atau bermain air di tempat wisata saja, tapi juga melakukan aktivitas lain yang tidak ada hubungannya dengan air. Berjalan-jalan di kebun binatang mini menjadi alternatif terbaik jika Anda dan rombongan sedang tidak ingin berenang. Meski koleksi hewannya tidak selengkap kebun binatang di tempat lain, setidaknya bisa memuaskan rasa penasaran Anda terhadap nama-nama hewan yang ada di sana.

3. Menunggang gajah dan kuda

Bukankah melihat binatang saja sudah cukup mengasyikkan? Jika perlu, Anda bisa mencoba menunggang gajah. Bumi Kedaton memungkinkan wisatawan yang ingin merasakan sensasi menunggangi hewan terbesar ini. Tentu saja hal tersebut bukan hal yang mudah mengingat ukuran gajah hanya bisa dicapai dari tempat khusus. Namun jangan khawatir, ada titik awal dimana Anda bisa mulai menunggang gajah.

Sayangnya, tidak banyak gajah yang tersedia sebagai tunggangan. Maka dari itu Anda harus mengantri dalam waktu yang cukup lama. Untuk keamanan yang lebih baik, setiap hewan memiliki pengasuhnya sendiri. Alternatifnya, jika antrian terlalu panjang, Anda bisa mencoba serunya serunya menunggang kuda yang juga dijamin aman karena akan ditemani oleh petugas khusus.

4. Berkano di Bumi Kedaton

Aktivitas selanjutnya masih ada hubungannya dengan air, namun lebih seru dibandingkan berenang. Anda bisa menyewa kano untuk menguji keseimbangan dan memacu adrenalin Anda. Kegiatan ini dilakukan di tempat khusus, bukan di kolam renang. Tak sedikit pengunjung yang terjatuh ke air saat berkano. Namun jangan khawatir, keamanan terjamin dengan disediakannya jaket pelampung dan helm.

5. Tingkatkan adrenalin Anda dengan Flying Fox

Seperti yang telah disebutkan, Bumi Kedaton merupakan objek wisata dengan konsep yang unik. Selain game-game yang disebutkan di atas, masih ada beberapa game lain yang wajib Anda coba. Flying fox merupakan salah satu benda yang mampu memacu adrenalin ketika bergelantungan di tali dari ketinggian.

6. Naik ATV

Selain Flying Fox, aktivitas lain yang tak kalah serunya adalah mengendarai ATV. Meski merupakan kendaraan roda empat, namun tidak mudah menjaga keseimbangan saat berkendara. Sebab, medannya tidak rata dan konturnya khas pegunungan. Selain itu, sebagian besar masih berada di tanah sehingga risiko terpeleset sedikit pun tinggi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bumi KedatonFoto oleh Wisata.bdl di Instagram

Fasilitas yang dimiliki Bumi Kedaton bisa dikatakan lengkap dan memenuhi standar tempat wisata. Parkir, musala, dan toilet adalah beberapa fasilitas yang akan Anda temukan di lokasi. Ketiga fasilitas ini wajib ada di setiap tempat wisata. Selain itu, terdapat fasilitas lain untuk membantu wisatawan yaitu pendopo untuk istirahat sejenak.

Jika Anda lapar, tersedia banyak warung yang menawarkan berbagai menu makanan dan minuman menarik. Jika Anda kedinginan, minum teh hangat atau kopi panas mungkin bisa menjadi pilihan pertama Anda. Fasilitas lain yang ditemukan antara lain permainan-permainan yang disebutkan di atas. Kolam renang, flying fox, kano, ATV, beberapa pilihan permainan tersedia.

Dari penjelasan di atas tentang Bumi Kedaton di Bandar Lampung, jelas tidak ada alasan untuk tidak mengunjunginya. Banyaknya atraksi dan berbagai aktivitas seru bisa menjadi alasan bagusnya. Apalagi fasilitasnya yang cukup lengkap membuat liburanmu semakin seru.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button