Tempat Wisata

Buntu Gallang, nikmati kekayaan panorama alam yang mempesona di Enrekang

Buntu Gallang, nikmati kekayaan panorama alam yang mempesona di Enrekang

Buntu Gallang merupakan objek wisata unggulan berupa perbukitan yang dikelilingi oleh lembah, gunung dan sungai yang dimiliki oleh Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Eran Batu, Kec. Buntu Batu, Enrekang Cab, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Memang Sulawesi Selatan terkenal dengan berbagai objek wisata dan tempat liburan yang variatif dan juga menarik. Selain kawasan wisata Mendatte Park dengan view menawan khas film bergenre fantasi Hollywood, Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan juga menghadirkan tempat wisata Buntu Gallang.

Di kawasan wisata ini mata pengunjung akan dimanjakan berkat pemandangan alam yang indah khas daerah pegunungan yang mengelilingi desa Eran Batu. Pegunungan hijau dengan pepohonan yang tinggi dan lebat menghiasi kawasan puncak objek wisata yang satu ini.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Desa Eran Batu, terutama wisatawan lokal yang ingin menikmati pemandangan alam terbuka. Bahkan, banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di malam hari untuk menikmati indahnya pemandangan jatuhnya lampu di perkebunan warga.

Daya Tarik Buntu Gallang

Atraksi buntu Gallang EnrekangKredit foto: Google Maps Toyib Kusuma Jaya

Objek Wisata Buntu Gallang merupakan salah satu objek wisata unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Topografi kawasan ini sangat mendukung untuk kegiatan wisata, mulai dari lembah, perbukitan, pegunungan, sungai hingga hamparan persawahan di sekitar tempat wisata.

1. Pemandangan alam khas pegunungan

Daya tarik utama Buntu Gallang adalah pemandangannya yang mempesona. Berada di ketinggian mulai dari 890 hingga 2500 meter di atas permukaan laut (dpl), tempat wisata ini memiliki udara pegunungan yang sangat sejuk namun segar.

Bukit ini dikelilingi pegunungan, sungai dan hamparan hijau pertanian di bawahnya. Dari puncak pegunungan terlihat jelas perkampungan di kaki gunung yang terbentang jauh dengan budidaya bawang merah yang subur.

Siapapun yang melihat keindahan alam di depan mata tentu akan merasa sangat tenang dan nyaman.

2. Menikmati sunset dan sunrise dari atas bukit

Daya tarik yang ditawarkan tempat wisata di Kabupaten Enrekang ini adalah sunset dan sunrise yang mempesona. Wisatawan yang ingin menyaksikan sunset di tempat ini bisa datang pada sore hari dan menunggu sunset untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Wisatawan yang menginap di penginapan di sekitar Tourist Hill biasanya akan langsung mengabadikan momen matahari terbit di pagi hari setelah sholat subuh di musala.

3. Nikmati sajian kuliner khas Liangbai

Salah satu daya tarik yang ditawarkan Buntu Gallang selain pemandangan alamnya yang indah tentu saja sajian kulinernya yang unik. Salah satu kuliner khas tempat ini adalah kopi spesial Liangbai Enrekang yang cukup terkenal.

Siapapun yang memiliki hobi minum kopi tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencoba kopi khas Enrekang di tempat ini. Kopi Enrekang sendiri memiliki ciri khas berupa rasa coklat yang dominan. Kopi didominasi rasa manis daripada rasa asam.

4. Kolam Pemandian Puncak

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Buntu Gallang adalah kolam pemandian yang dibangun di atasnya. Tidak hanya berupa kolam pemandian, di gedung paling atas juga terdapat berbagai ruangan lain yang cocok untuk konferensi.

Beberapa fasilitas yang tersedia di kolam pemandian Puncak adalah mushola, ruang pertemuan, kamar mandi atau toilet, dan tempat makan.

Selain itu, ada juga kolam renang untuk dewasa yang dikelilingi gazebo untuk bersantai. Tempat ini bisa menjadi pilihan untuk bersantai bersama keluarga. Cuaca yang sejuk membuat aktivitas refreshing menjadi lebih menyenangkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Buntu Gallang EnrekangKredit foto: Google Maps Toyib Kusuma Jaya

Buntu Gallang terletak di Dusun Liangbai, Desa Wisata Eran Batu, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk mencapai tempat wisata yang satu ini sangat mudah karena letaknya yang berada di pinggir jalan utama.

Wisatawan bisa berkunjung dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Karena ukuran jalan dan aspal yang halus, kendaraan seperti minibus juga bisa sampai ke tempat ini.

Dari Jalan Poros, Desa Eran Batu, hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit dengan kendaraan bermotor untuk sampai ke objek wisata tersebut. Obyek wisata ini terletak sekitar 4 km dari ibu kota kabupaten Buntu Batu atau 48 km dari ibu kota kabupaten Enrekang.

Biaya masuk ke objek wisata

Sebenarnya tidak ada biaya masuk khusus yang dikenakan kepada pengunjung yang ingin menuju puncak Buntu Gallang. Pengunjung hanya membayar biaya parkir kendaraan yang digunakan.

Untuk kendaraan bermotor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Untuk roda empat harganya Rp 10.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Buntu Gallang

Kredit foto: Google Maps Andi Sudianto

Wisatawan yang ingin menikmati waktu santai di Buntu Gallang memiliki banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata. Berikut berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di objek wisata unggulan ini:

1. Berburu spot foto

Kegiatan penting yang tidak boleh dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke destinasi wisata Buntu Gallang adalah mencari spot foto yang cantik dan Instagrammable. Pengelola objek wisata juga memahami kebutuhan pengunjung yang ingin berswafoto, sehingga dibangun beberapa area swafoto.

Dengan adanya bagian selfie, pengunjung semakin mudah menemukan spot foto terbaik untuk mengabadikan momen. Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan indah pegunungan hijau dengan langit biru.

2. Menyiapkan tenda

Banyak pengunjung yang datang ke objek wisata Buntu Gallang tidak hanya menikmati pemandangan di siang hari, tetapi juga menikmati pesona malam yang menakjubkan. Pada malam hari, wisatawan dapat mendirikan tenda untuk berkemah dan menikmati pemandangan desa yang menawan.

Meski gelap, pemandangan dari drop light yang terpasang di lahan pertanian warga mampu menciptakan suasana yang sangat elegan. Jika Anda memutuskan untuk berkemah di tempat ini, jangan lupa untuk mengenakan jaket tebal karena suasana dingin pegunungan semakin terasa di malam hari.

3. Berenang di kolam renang

Puncak Buntu Gallang memiliki kolam renang berbentuk kolam dewasa yang bisa digunakan oleh siapa saja yang datang. Wisatawan bisa menikmati segarnya udara pegunungan di pagi hari sambil menikmati sejuknya suhu air kolam renang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Tanaman Buntu Gallang EnrekangKredit foto: Google Maps Toyib Kusuma Jaya

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, pihak pengelola dan pemerintah daerah telah membangun beberapa fasilitas umum penunjang. Fasilitas wisata meliputi mushola, restoran, dan toilet umum.

Wisatawan Muslim yang ingin berkunjung ke Buntu Gallang baik pada sore atau siang hari tidak perlu khawatir karena tersedia mushola yang bisa digunakan untuk sholat.

Ada banyak warung makan yang dikelola oleh penduduk setempat di sekitar kawasan wisata untuk membantu wisatawan menemukan makanan dan minuman.

Jalan buntu Gallang Terletak di Dusun Liangbai, Kabupaten Enrekang merupakan tempat wisata yang cocok untuk mengunjungi keluarga, teman atau kegiatan pertemuan. Fasilitas tempat wisata ini juga cukup lengkap, sehingga pengunjung dijamin betah di sini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button