Berita Wisata

Bupati Purwakarta membuka JIT ITB 2023

PORTAL JABAR, KAB. PURWAKARTA- Mendampingi Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Mahendra Sinulingga, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika membuka ajang triathlon tingkat internasional; ITB Jatiluhur International Triathlon 2023 (ITB JIT 2023) di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta pada Minggu (15/1/2023).

“Dengan terselenggaranya event olahraga kelas dunia di kawasan Waduk Jatiluhur, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian khususnya sektor pariwisata di Kabupaten Purwakarta,” tandasnya.

Menurut Ambu Anne penyelenggaraan kompetisi triathlon ini dapat dikatakan sebagai sport tourism, tentunya hal ini akan berdampak positif bagi promosi dan pengembangan wisata alam di Waduk Jatiluhur khususnya dan citra positif pariwisata di Kabupaten Purwakarta. .

Selain itu pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan dan membuktikan bahwa Purwakarta dapat menjadi tempat dan tuan rumah kompetisi triathlon yang aman, nyaman dan menyenangkan dengan lokasi yang sangat unik di kawasan Waduk Jatiluhur.

“Kegiatan ini patut dibanggakan karena tidak semua daerah memiliki tempat yang cocok dan layak untuk menggelar kompetisi triathlon ini,” ujarnya.

Penyelenggaraan lomba triathlon ini juga mengandung nilai-nilai utama endurance, speed dan reliability yang dapat memberikan dorongan besar bagi pertumbuhan dan perkembangan destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta melalui kegiatan olahraga.

Dalam kegiatan tersebut, selain atlet lokal, juga diikuti atlet asing antara lain dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Singapura, Malaysia, dan Australia.

Lomba Lari, Renang, dan Bersepeda (Triathlon) yang diprakarsai oleh Ikatan Alumni Sipil (ALSI) Institut Teknologi Bandung dan Jasa Tirta II ini didukung penuh oleh Kementerian BUMN dan Forkopimda Purwakarta.

Kompetisi internasional ini sedikit istimewa karena akan berlangsung di kawasan reservoir yang merupakan reservoir terbesar di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara.

Ada dua kategori yang dipertandingkan dalam ajang tersebut, yakni jarak Olimpiade (renang 1.500 meter, bersepeda 40 km, dan lari 10 km) dan jarak sprint (renang 750 meter, bersepeda 20 km, dan lari 5 km). Selain pelajaran individu, ada juga pelajaran estafet tim 3 orang (renang, bersepeda, dan lari) untuk setiap kategori.

Ajang triathlon di Danau Jatiluhur diharapkan dapat menggugah minat para penggiat olahraga triathlon Tanah Air yang selama ini mendambakan ajang berkualitas. (rdp*)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button