Berita Wisata

Bus Transjakarta Plus selama Nataru 2023 melayani tempat wisata dan jalur khusus

TEMPO.CO, Jakarta – Direktur Operasi dan Keamanan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Yoga Adiwinarto mengatakan, pihaknya akan menyediakan 60 bus tambahan selama perayaan Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2023. Menurutnya, penambahan bus akan beroperasi di Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Ancol, serta melayani rute khusus.

“Rute khusus sudah kami buka, detailnya akan kami berikan melalui media sosial,” ujarnya saat rapat di Jakarta, Rabu, 21 Desember 2022.

Yoga mengatakan penambahan armada dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan penumpang saat perayaan Naruto 2023. Dia memperkirakan total ada 140 bus Transjakarta yang tertabrak, termasuk di halte bus dekat gereja pada Hari Natal.

Baca juga: Malam pergantian tahun, Transjakarta tetap beroperasi 24 jam sehari

“Kita lihat nanti situasinya seperti apa, SOP kita memang menyediakan bus tambahan yang memang dibutuhkan,” ujarnya.

Transjakarta juga akan berkoordinasi dengan dinas perhubungan DKI Jakarta dan kepolisian untuk menyediakan sistem terbuka dan tertutup. Tujuannya agar masyarakat dapat mengakses angkutan umum sesuai dengan rute yang direncanakan. Yoga memastikan bus Transjakarta beroperasi 24 jam sehari.

BUMD DKI, lanjutnya, akan menempatkan tim pengamanan operasional di beberapa lokasi untuk mengantisipasi tindak kejahatan. Dalam hal ini, Transjakarta bekerja sama dengan Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Metrojaya.

“Di dekat pusat keramaian, kami mengentalkannya,” kata Yoga.

Baca juga: Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polda Metro Jaya kerahkan 8.000 orang

VANIA NOVIE ANDINI

Ikuti berita Tempo terbaru di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button