Berita Wisata

Canyon Lau Mentar, air terjun yang mempesona, sungai-sungai yang indah, hingga gua-gua bersejarah Deli Serdang

Ngarai Lau Mentar kini mulai menarik perhatian warga Deli Serdang. Di sini sekali lagi, pengguna internet memiliki peran penting dalam publikasi suatu tempat wisata.

Lau Mentar Canyon menawarkan tiga pesona keindahan alam yang sangat indah, yaitu:

  • pesona sungai,
  • pesona air terjun,
  • Dan gua-gua bersejarah.

Ketiganya berada di tempat yang sama. Jadi tak ada salahnya jika Lau Mentar Canyon masuk dalam rencana liburan Anda.

air terjun lau mentar canyonAir terjun ngarai Lau Mentar. Google Maps. sumber: Ade Rahmatu Syuhada Sinambela

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin mengunjungi Lau Mentar Canyon Deli Serdang yaitu faktor cuaca, dan kondisi kendaraan harus dalam kondisi baik.

lihat juga: lac de charpie

Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja ke reviewnya!

Lokasi Ngarai Lau Mentar

Ngarai Lau Mentar terletak di Desa Liang Pematang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Rute Laut Ngarai Mentar

Jika Anda berangkat dari pusat kota atau dari Alun-Alun Deli Serdang, rutenya bisa melewati Jalan Perintis Kemerdekaan.

Jaraknya sekitar 68 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam menuju desa Liang Pematang.

Jalan menuju Desa Liang Pematang dapat diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat. Dan desa ini juga menjadi lokasi parkir wisata Lau Mentar Canyon.

menyegarkanmenyegarkan. Google Maps. sumber: Dinda Trihasanah

Setelah memarkir kendaraan di desa Liang Pematang, lanjutkan perjalanan menuju lokasi utama Lau Mentar Canyon dengan jalan kaki di alam terbuka atau dikenal juga dengan istilah trekking.

Trek awal memang bisa ditempuh dengan kendaraan khususnya roda dua. Hanya saja kondisi jalan rusak dan di beberapa tempat terdapat perbukitan.

Selain itu, ada baiknya juga jika Anda belum pernah ke Lau Mentar Canyon untuk menanyakan arah kepada penduduk setempat.

Memang jalur pendakian masih tanah, di beberapa tempat tertutup rerumputan dan hampir tidak ada plang penunjuk jalan.

Oleh karena itu, faktor cuaca sangat menentukan kepuasan dan keamanan wisatawan. Perlu diketahui bahwa kondisi alam Lau Mentar Canyon masih sangat asri.

Namun di sisi lain, kondisi jalur pendakian yang sulit justru sangat digemari oleh anak muda. Apalagi saat sampai di lokasi utama, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Persiapkan juga perbekalan karena di sepanjang jalur pendakian dan di lokasi utama tidak ada fasilitas wisata selain tempat pengamatan di dekat air terjun.

Selalu utamakan keselamatan wisatawan dan patuhi aturan, serta larangan tertulis di objek wisata Lau Mentar Canyon Deli Serdang.

mendaki untuk melakukanmendaki untuk dilakukan. Google Maps. sumber: Hamdan Kasir

Lihat juga: Air Terjun Tarunggang

Jam Buka Lau Mentar Canyon

Belum ada keputusan resmi mengenai jam buka atau jam buka Lau Mentar Canyon. Namun para pengunjung kembali sebelum hari mulai gelap.

Harga Tiket Masuk Lau Mentar Canyon

Tiket masuk ke Lau Mentar Canyon gratis.

Fasilitas Lau Mentar Canyon

Seperti disebutkan sebelumnya, semua fasilitas wisata di ngarai Lau Mentar terkonsentrasi di desa Liang Pematang.

Adapun fasilitas wisata di lokasi utama Lau Mentar Canyon hanya ada satu titik pengamatan di dekat air terjun Lau Mentar Canyon. Oleh karena itu, persiapkan perbekalan dari sebelumnya.

sungai yang indahsungai yang indah. Google Maps. sumber: Dekri Ginting

Ngarai Lau Mentar

1. Sungai dan air terjun yang indah

Daya tarik utama yang sering diposting oleh netizen adalah pemandangan Sungai Lau Mentar Canyon. Dalam kondisi tertentu, warna airnya bisa hijau toska atau bahkan kebiruan.

Hanya saja jika debit air sungai tinggi atau deras, apalagi di musim hujan, maka warnanya tidak akan seperti ini.

Airnya tetap jernih, karena kelestarian alam sekitar masih terjaga dengan baik. Dan di sudut lain sungai Lau Mentar Canyon, ada air terjun.

Tentu saja namanya Air Terjun Lau Mentar Canyon. Meski tidak terlalu tinggi, namun tetap mampu memberikan sajian yang indah.

Di dekat lokasi air terjun terdapat gazebo. Ini adalah tempat yang nyaman untuk menikmati alam sekitarnya.

Namun sekali lagi, pengunjung harus selalu mengutamakan keselamatan. Karena untuk mencapai air terjun, Anda harus mendaki bebatuan di tepi sungai.

Dan hindari berenang di cekungan, atau genangan sungai, karena pusaran airnya sangat kuat. Apalagi saat puncak musim hujan.

gua bersejarahgua bersejarah. Google Maps. sumber: Dekri Ginting

lihat juga: air terjun simempar

2. Gua bersejarah

Daya tarik lain dari Lau Mentar Canyon adalah adanya goa/goa yang diduga sebagai jejak sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Begitu juga untuk menuju goa, pengunjung harus berjalan di bebatuan tepi sungai, menggunakan sepatu yang tepat dan selalu mengutamakan keselamatan….

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button