Berita Wisata

Cari tahu spesifikasi dan harga mobil sport berplat “RFD”

Jakarta

Mobil sport berwarna merah itu menggemparkan dunia maya. Karena di mobil sudah dipasang plat ‘RFD’. Plat nomor berkode “RF” seperti “RFD” biasanya digunakan pada mobil dinas.

Penggunaan plat ‘RF’ juga tidak sembarangan namun diatur dengan Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2012 tentang penerbitan surat rekomendasi nomor kendaraan bermotor dan nomor kendaraan kendaraan bermotor khusus dan rahasia untuk kendaraan bermotor dinas.

“Saat ini semua plat nomor termasuk RFD yang berwenang menerbitkan Ditlantas Polda Metro Jaya,” kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispenad) TNI Brigjen Hamim Tohari seperti dikutip detiknews.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Menurut foto yang diunggah oleh pengguna Twitter, mobil sport dengan pelat “RFD” yang terpasang itu adalah Ford Mustang. Namun, sulit untuk mengetahui jenisnya dengan pasti karena foto hanya tersedia dari samping. Mengutip situs resmi Ford, 10 tipe Mustang yang ditawarkan antara lain Ecoboost, GT Premium, GT 2dr Coupe dan beberapa model lainnya.

Setidaknya ada dua powertrain yang ditawarkan, yakni 2.4L turbocharged empat silinder dan 5.0L V8 yang setara dengan 310 tenaga kuda pada 5.500 rpm dan torsi 350 lb-ft pada 3.000 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan. Tenaga disalurkan melalui sistem penggerak roda belakang.

Sedangkan untuk mesin 5.0 V8, tentu tenaganya lebih unggul, mencapai 460 tenaga kuda pada 7.000 rpm. Torsi mencapai 420 lb-ft pada 4.600 rpm. Transmisinya menggunakan manual 6-percepatan dan tenaga disalurkan melalui roda belakang.

Dari segi fitur keselamatan, Ford Mustang telah dilengkapi dengan blind spot warning dan lane departure warning system, pre-collision safety system, post-collision safety system-collision, stability control, traction control, ABS pada keempat roda, Tire Pressure Monitoring Sistem, Kamera Mundur. , Sensor parkir belakang, hingga cruise control.

Selain itu, pengemudi dan penumpang akan dimanjakan dengan berbagai sistem hiburan dalam mobil seperti radio AM/FM, radio satelit, input audio tambahan, dan USB.

Soal harga, mobil sport asal Negeri Paman Sam itu bisa diminta dengan menyiapkan mahar berkisar antara 27.470 hingga 79.420 rupiah. Jika dikonversi ke rupiah, harga Ford Mustang berkisar Rp 432 juta hingga termahal Rp 1,2 miliar. Harga berlaku di Amerika Serikat. Jika dibawa ke Indonesia, tentu harganya bisa lebih mahal karena ada pajak yang harus dibayar.

Tonton video “Pimpinan DPR mendukung langkah Kapolri dalam memesan plat RF”
[Gambas:Video 20detik]
(dtk/rg)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button