Tempat Wisata

Coban Rondo Malang – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp35.000, Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB, Alamat: J L. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Kota Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Nama Air Terjun Coban Rondo mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Tempat wisata alam di Batu Malang ini memiliki pesona yang sayang untuk dilewatkan. Banyak pengunjung yang sengaja datang ke tempat ini untuk merasakan langsung air terjun megah dari pegunungan alami.

Coban Rondo sendiri merupakan nama bahasa Jawa. Jika diartikan, Coban berarti air terjun sedangkan Rondo berarti janda. Hal ini menunjukkan bahwa objek wisata ini adalah air terjun janda. Penamaan tersebut bukanlah suatu kebetulan, karena di balik wisata indah ini tersimpan cerita yang melegenda.

Di balik keindahan tempat wisata tersebut, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung untuk menikmati pemandangan dan menghabiskan waktu. Selain itu, ketersediaan fasilitas yang memadai menjadi daya tarik bagi pengunjung domestik maupun mancanegara.

Daya tarik yang dimiliki Coban Rondo

Daya tarik Coban RondoKredit foto: Google Maps Karin Edogawa

1. Suasana yang menyenangkan

Lokasinya yang berada di daerah pegunungan memberikan suasana yang menyenangkan bagi tempat wisata ini. Udara sejuk akan menyambut pengunjung saat memasuki kawasan wisata air terjun. Seperti diketahui, Malang merupakan kota yang cukup dingin dan berlipat ganda jika Anda mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Namun pengunjung tidak perlu khawatir karena suasana tempat ini tidak sedingin yang diharapkan, malah sejuk. Pohon pinus dan air terjun dapat menciptakan angin sepoi-sepoi yang menenangkan. Saat musim liburan tiba, tempat wisata ini jauh lebih ramai bahkan arus pengunjungnya bisa berlipat ganda.

2. Pemandangan hijau

Daya tarik selanjutnya adalah pemandangan hijau yang mengelilingi kawasan wisata. Coban Rondo terletak di kawasan pegunungan alami, sehingga kawasan wisata ini benar-benar hijau dan tidak banyak berubah. Berwisata ke tempat yang indah ini akan membawa pengunjung kembali ke alam yang sebenarnya.

Pemandangan hijau juga terlihat dari taman di sekitar air terjun, yang akan memanjakan pengunjung selama tur mereka. Ruang hijau ini menjadi tempat yang tepat untuk menghabiskan momen bersama keluarga dan melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

3. Air terjun tinggi dengan debit kuat

Daya tarik lain dari air terjun Batu adalah ketinggiannya dan debit airnya yang cukup kuat. Ketinggian air terjun mencapai 84 meter atau sekitar 1.135 meter di atas permukaan laut dan debit airnya sekitar 90-150 liter per detik. Dengan ukurannya yang begitu tinggi, tidak heran jika debit airnya deras dan bisa membasahi pengunjung bahkan beberapa meter dari lokasi air terjun.

Selain itu, airnya yang jernih menjadi ciri khas wisata alam ini. Perairan yang bersih dan jernih khas pegunungan ini akan memukau pengunjung. Dibuka pada tahun 80-an, tempat wisata ini memiliki mata air di lereng Gunung Kawi yang bernama Mata Air Cemoro Mudo.

4. Tempat wisata yang penuh sejarah

Tempat Wisata di Coban RondoSumber Gambar: Google Maps Dew of the Soul

Menurut sejarah masyarakat sebelumnya, kawasan Coban Rondo berasal dari pasangan yang baru menikah yaitu Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Konon pasangan ini tinggal di lereng Gunung Kawi, tempat Dewi Anjarwati berasal. Setelah beberapa hari menikah, keduanya memutuskan untuk pergi ke Gunung Arjuno, kampung halaman Raden Baron Kusuma.

Sedangkan menurut adat sebelumnya, pengantin baru yang belum menikah tepat 36 hari tidak boleh keluar rumah atau bepergian jauh. Namun, pasangan itu tidak mengikuti aturan, sehingga dalam perjalanan mereka bertemu Joko Lelono, yang terpesona oleh kecantikan Dewi Anjarwati.

Kemudian Raden Baron Kusuma memerintahkan pasukannya untuk melindungi istrinya dan membawanya ke tempat yang aman di belakang air terjun. Setelah itu, Joko Lelono dan Raden Baron Kusuma memperebutkan Dewi Anjarwati. Namun, pertempuran naas antara keduanya tidak membuahkan hasil karena semua orang meninggal dan Dewi Anjarwati masih menunggu di belakang air terjun.

5. Memiliki koleksi hewan yang beragam

Kawasan wisata alam ini juga memiliki beragam koleksi satwa yang dilindungi untuk memanjakan pengunjung. Ada berbagai jenis hewan yang bebas berkeliaran di alam dan pengunjung dapat menyaksikannya secara langsung.

Coban Rondo Alamat Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Coban RondoSumber Gambar: Google Maps Jack Willyanto

Tempat wisata Coban Rondo ini tidak jauh dari pusat kota Batu. Meski banyak yang tahu berada di Malang, sebenarnya terletak di kawasan perkotaan yang berseberangan, yakni di Batu, lebih tepatnya di Pujon, Jalan Coban Rondo Krajan, Pandansari.

Rute menuju tempat wisata juga sangat mudah karena jalannya mulus dan ada banyak rambu di sepanjang jalan. Rute yang bisa ditempuh adalah melalui Malang menuju Pujon melalui jalan arteri Malang-Batu, Jawa Timur. Lanjutkan perjalanan hingga bertemu dengan patung sapi yang melambangkan pintu gerbang kawasan wisata. Ikuti petunjuk arah hingga mencapai kawasan perbukitan dan pintu masuk wisata.

Jalan menuju tempat wisata ini berkelok-kelok, sehingga pengunjung yang membawa kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat harus waspada. Pada akhir pekan dan periode liburan panjang, perjalanan ke bebatuan dan air terjun bisa padat dan menyebabkan antrian.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam air terjun ini perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu, yaitu sekitar Rp 35.000 untuk pengunjung domestik dan Rp 45.000 untuk pengunjung asing.

Harga tersebut sudah termasuk beberapa fasilitas dan taman bermain yang bisa digunakan pengunjung. Wisata ini kini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 selama jam operasional WIB.

Kegiatan Seru di Coban Rondo

Aktivitas Seru Coban RondoKredit foto: Google Maps Ivan Sugiarto

1. Nikmati lingkungan sekitar

Aktivitas yang wajib dilakukan saat mengunjungi objek wisata Coban Rondo adalah menikmati sejuk dan hijaunya pemandangan alam sekitar. Panorama air terjun yang menjulang tinggi, suara gemericik air pohon pinus menjadi suasana yang pas untuk menenangkan jiwa.

Pengunjung tidak disarankan untuk bermain air di bawah air terjun karena alirannya deras dan berbahaya. Tak perlu sedih karena Anda masih bisa bermain air di sungai di bawahnya dengan aliran yang cukup tenang.

2. Berburu foto

Kalau soal tempat wisata, tempat wisata yang indah seperti air terjun ini. Panorama alam yang masih alami tidak pernah membuat pengunjung melewatkan tempat ini. Mulai dari air terjun, sungai mengalir ke lanskap hijau di sekitar tempat wisata. Anda bisa menjadikan tempat tersebut sebagai spot atau background foto dan mengunggahnya ke media sosial.

3. Berkemah

Di kawasan wisata air terjun Coban Rondo tersedia bumi perkemahan untuk melayani pengunjung yang ingin berkemah. Area camping juga sangat menyenangkan dengan kebersihan yang terpuji. Ada berbagai jenis kawasan yang bisa dipilih pengunjung, mulai dari jenis Damar, Cemara, Karpa, Rasamala dan Mangir.

4. Mendaki

Aktivitas lain yang dapat dilakukan pengunjung ketika datang ke wisata air terjun adalah mendaki jalan setapak yang disediakan oleh pengelola. Jalur trekking di tempat ini sangat aman, sehingga pengunjung bisa trekking dengan nyaman. Bagi Anda yang tertarik dengan aktivitas yang satu ini, Anda perlu mempersiapkan daya tahan agar tidak cepat lelah.

5. Bersepeda

Bagi pengunjung yang ingin menjelajahi kawasan air terjun namun malas berjalan kaki, bisa menyewa sepeda. Ditemani suasana sejuk yang menyenangkan, Anda bisa bersepeda di sepanjang jalur utama menuju kawasan air terjun.

6. Berkendara

Selain bersepeda, pengunjung juga bisa menunggang kuda di semua jalur yang ada di kawasan wisata. Bagi pengunjung yang tidak bisa menunggang kuda, tidak perlu khawatir karena akan didampingi oleh pemandu. Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan udara segar dan suasana baru.

7. Naik kereta kelinci

Aktivitas seru di Coban RondoSumber gambar: Google Maps Dimas Saputro

Mirip dengan bersepeda dan menunggang kuda, pengunjung juga bisa berkeliling dengan kereta kelinci. Kendaraan yang disediakan untuk para pengunjung ini bisa ditumpangi banyak orang, sehingga bisa Anda tumpangi bersama keluarga atau kerabat.

8. Paintball

Kegiatan menarik selanjutnya di Coban Rondo adalah mencoba paintball. Menariknya, paintball ditawarkan di tempat ini dengan pemandangan yang menakjubkan. Wahana ini bisa dinikmati oleh 6 orang sekaligus dengan harga sekitar Rp 450.000.

9. Tabung yang menyenangkan

Wahana selanjutnya yang bisa dinikmati adalah Fun Tubing. Wahana yang satu ini menjadi favorit pengunjung karena memungkinkan Anda untuk berpesiar di sekitar sungai ditemani panorama hutan pinus di sekitarnya. Pengunjung yang tertarik hanya perlu membayar Rp 35.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk perlengkapan seperti pelampung dan ban untuk berkeliling.

10. Berkeliling labirin

Salah satu fitur yang paling terkenal dari tempat ini adalah keberadaan labirin. Tempat ini memiliki banyak penggemar karena pengunjung bisa bersembunyi dan berlomba mencari jalan keluar labirin. Selain mencari jalan keluar, pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang labirin dinding pepohonan dan tanaman hijau.

11. Berpartisipasi dalam program Tree Walk

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di kawasan Coban Rondo adalah mengikuti program jalan pohon. Dengan mengikuti program ini, pengunjung dapat melihat koleksi satwa yang dilindungi mulai dari rusa, monyet abu-abu, lutung dan berbagai burung yang hidup di habitat aslinya.

Pengunjung tidak hanya bisa melihat satwa secara langsung, tetapi juga mengikuti wisata edukasi dengan mengunjungi kebun buah dan taman bunga. Di taman bunga, pengunjung disuguhi berbagai bentuk dan warna tanaman hias. Sementara itu, Anda dapat memetik langsung dari kebun padang rumput dan mencari tahu tentang produksi pupuk organik.

Fasilitas Wisata di Coban Rondo Malang

Fasilitas Coban Rondo MalangSumber gambar: Google Maps Air Terjun Coban Rondo Pujon

Wisata Coban Rondo dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang aktivitas setiap pengunjung. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan masalah parkir dan toilet karena tempat-tempat ini memiliki kondisi yang cukup baik. Sedangkan pengunjung yang tidak membawa bekal makan siang dapat membeli dan mencicipi aneka masakan di warung-warung yang ada di sekitar kawasan wisata.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana dengan jaminan keamanan yang diberikan. Jika kurang puas, pengunjung bisa mencari penginapan di dekat tempat wisata atau camping di bumi perkemahan karena letaknya juga tidak jauh dari air terjun.

Ini adalah tampilan retrospektif dari objek wisata Coban Rondo di Malang, Jawa Timur. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah selama musim kemarau karena jalannya tidak berbahaya dan Anda tidak perlu khawatir akan hujan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button