Tempat Wisata

Curug Barong Bogor – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Cab.Bogor, Jawa Barat; Map: pemeriksaan lokasi

Bogor sudah lama dikenal sebagai destinasi wisatawan dari berbagai penjuru nusantara. Apalagi Anda yang tinggal di wilayah metropolitan tentu sudah tidak asing lagi dengan kawasan yang satu ini. Suasana alam yang asri berbalut udara sejuk dan menyegarkan tak pelak menarik perhatian masyarakat luas.

Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Bogor, sebaiknya mampir ke Curug Barong. Inilah tempat dengan pesona yang tak kalah memikat. Keberadaan Sungai Cirangrang memunculkan sejumlah wisata pemandian, termasuk air terjun cantik ini.

Berlokasi di Babakan Madang, sebenarnya tidak sulit untuk mencapai Air Terjun Barong yang menakjubkan ini dengan aman. Hanya saja popularitasnya lebih besar di kalangan pelancong kawakan yang lebih suka menguji adrenalin di medan yang menantang. Di sisi lain, anak kecil cenderung menghindari tempat indah ini.

Daya tarik yang ditawarkan Air Terjun Barong

Objek Wisata Air Terjun BarongFoto: Google Maps/Jahya “Otaku” Tan

✦ Danau

Meski ukuran danau yang tercipta dari terbentuknya air terjun ini tidak begitu besar, namun keberadaannya patut untuk dipertimbangkan. Warna hijaunya terlihat begitu menyegarkan sehingga sulit untuk tidak menjelajahnya. Jangan kaget karena saat singgah di sini, sebagian besar pengunjung memilih untuk menenangkan diri di dalamnya.

Tak hanya berwarna kehijauan, aliran airnya pun relatif aman untuk beraktivitas. Entah mandi, berenang atau sekedar menikmati suasana. Apalagi kondisinya masih jernih dan terjaga sejak pertama kali dibuka.

Curug Barong yang menampilkan telaga hijau merupakan potret sederhana dari sepenggal pemandangan alam di kawasan Bogor. Pernahkah Anda terpikir untuk mengunjungi objek wisata menarik ini?

✦ Batu besar

Bebatuan juga kerap menjadi daya tarik utama dalam wisata alam. Tak terkecuali air terjun di Babakan Madang ini yang ukuran celahnya tampak lebih sempit karena terhalang batu-batu besar.

Meski begitu, bukan berarti kehadirannya meresahkan. Sebaliknya, gugusan bebatuan di kawasan Air Terjun Barong membuat suasana semakin eksotis. Pengunjung umumnya memanfaatkan spot ini sebagai tempat duduk santai sambil mengamati keindahan sekitar air terjun.

Bisa juga dijadikan spot foto seru agar tetap hidup, baik untuk koleksi pribadi maupun untuk dipajang di saluran media sosial.

Faktanya, masih banyak lagi batu dengan ukuran berbeda di kawasan indah ini. Namun sebagiannya tersebar di aliran sungai sehingga air tidak terlalu cepat mengalir. Kabar baik bagi Anda yang senang bermain air karena dapat membantu menemukan pegangan.

Selain itu, beberapa batu besar yang tersebar di tepian danau relatif bersih. Tak akan ada rasa jijik jika duduk santai di atasnya, meski nyatanya puluhan lumut masih menempel di sana. Tentu saja itu bukan masalah besar bukan?

✦ Hutan hijau

Apakah Anda suka berwisata di tengah hutan? Saat suasana tenang dari hiruk pikuk kendaraan dan hanya terdengar suara-suara khas alam.

Curug Barong menjanjikan suasana di mana Anda serasa terlibat dalam sebuah petualangan padahal sebenarnya hanya berdiri di tepi air terjun. Banyak pepohonan tumbuh subur di kawasan ini, semuanya bernuansa hijau.

Bisa dibayangkan betapa segarnya air terjun cantik ini bukan? Perpaduan hutan, aliran sungai, dan bebatuan dengan ukuran berbeda memancarkan pesona yang sungguh eksotis dan eksklusif.

Hal ini memungkinkan pengunjung untuk mengekspresikan diri secara bebas. Kawasan ini mungkin sangat cocok bagi Anda yang bosan menjalani keseharian di kota metropolitan seperti Jabodetabek. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengunjungi kami dan nikmati waktu Anda sesantai mungkin!

✦ Kemurnian alami

Mungkin kita sering mendengar kalimat-kalimat persuasif pada iklan air mineral yang mengutamakan kemurnian alami.

Jika Anda berkunjung ke Curug Barong, Anda bisa merasakannya secara langsung. Hal ini berbeda dengan kondisi di perkotaan yang relatif sulit mendapatkan air bersih yang belum terjamah tangan manusia.

Pada dasarnya alam di air terjun Babakan Madang memang menawarkan alam yang murni. Itu bukan buatan manusia, sesederhana itu, misalnya saja lahan di tengah hutan dibuka untuk dijadikan fasilitas pengunjung.

Singkatnya, tempat ini diperuntukkan bagi mereka yang terbiasa dan menyukai aktivitas alam liar. Perjalanan yang jauh akan membawa Anda ke tempat tujuan dan menarik napas dalam-dalam begitu memasuki tengah air terjun.

Sementara itu, Anda yang terbiasa dimanjakan saat berwisata mungkin ingin mempertimbangkan kembali untuk singgah di sini. Namun jika Anda ingin mencoba menjelajahinya tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jadi pikirkanlah sebaik mungkin, oke?

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Curug BarongFoto: Google Maps/Fuad Putranto

Ada dua rute yang bisa Anda pilih jika ingin mengunjungi Curug Barong secara langsung atau tidak langsung. Langsung artinya datang dengan kendaraan bermotor atau mobil melewati pintu gerbang Leuwi Hejo. Sedangkan jalur tidak langsung mengharuskan Anda berjalan menyusuri tepian sungai.

Perjalanan biasanya dimulai dari gerbang sekitar hutan Sentul, lebih tepatnya di desa Karang Tengah. Ambil jalan lurus hingga melewati pertigaan di nomor Gunung Pancar, lalu belok kiri menuju Leuwi Hejo dan ikuti jalan tersebut.

Sejumlah desa harus dilintasi dan kondisi jalan tidak selalu menyenangkan. Jadi selalu berhati-hati, apalagi jika Anda mengendalikan kemudi sendirian.

Jika membawa mobil atau sepeda motor pribadi, seringkali pengelola akan diminta berhenti di area kosong yang dijadikan tempat parkir. Dari sini setiap orang harus turun dan berjalan kaki hingga tiba di lokasi air terjun yaitu Kecamatan Sukamakmur, Desa Pabuaran, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk tiba di pusat Curug Barong? Perjalanannya sebenarnya tidak terlalu lama, meski medannya tidak bisa dibilang mudah, setidaknya membutuhkan waktu berkendara manual selama 10 hingga 30 menit. Oleh karena itu sebaiknya jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu saat datang di pagi hari.

Perlu diketahui bahwa tidak ada jalur angkutan umum di kawasan ini. Jadi Anda memang harus mengandalkan diri sendiri jika ingin berwisata. Baik Anda menyewa mobil sewaan atau milik pribadi, lakukan apa yang Anda inginkan dan kapan pun Anda mau!

Biaya masuk wisata air terjun

Mengingat terbatasnya fasilitas dan terbatasnya pilihan kendaraan menuju Curug Barong, rupanya destinasi eksotik ini menawarkan tarif standar khas pemandian. Terdapat biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk sepeda motor yang melewati gerbang tersebut.

Lalu bagaimana dengan harga tiketnya? Secara default, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000. Dengan kata lain, total biaya sewa diperkirakan antara Rp 15.000 hingga 20.000.

Oleh karena itu, waktu operasionalnya pun relatif terbatas, yaitu mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Jadi jangan berharap bisa setidaknya berkemah semalaman di kawasan ini.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Atraksi di Curug BarongFoto: Google Maps/Muhammad Iqbal Hafizh

1. Menyusuri sungai

Jika Anda menyukai aktivitas alam, menyusuri tepian sungai mulai dari gerbang di pedesaan hingga lokasi air terjun tentu menyenangkan. Biasakan berjalan kaki sambil mengamati kondisi sepanjang rute yang ditempuh.

Sangat menyenangkan mengetahui apa yang dapat Anda bawa dalam perjalanan. Apakah hanya sekedar kelelahan saja atau ada daya tarik lainnya?

2. Ambil foto

Memotret di Curug Barong harus ada dalam daftar aktivitas khusus Anda, baik dengan objek darat maupun air. Jika memungkinkan, bawalah keduanya dan temukan POI terbaik yang akan membuat Anda bersyukur telah melangkah ke tempat indah ini.

Apakah mungkin menemukan POI yang bagus? Hal ini sangat mungkin terjadi, terutama karena kemurnian alamnya tetap terjaga. Mulai dari dedaunan yang tertiup angin, air terjun yang mengalir dari tebing, bebatuan dengan berbagai ukuran di sekitar sungai, hingga danau dengan nuansa hijau – pilihlah yang paling cocok untuk Anda!

3. Meditasi

Meditasi bisa menjadi pilihan tepat ketika Anda secara khusus menginginkan ketenangan. Duduklah agak jauh dari pusat keramaian, pejamkan mata dan rileks.

Meski sulit untuk fokus penuh, tidak ada salahnya mencoba aktivitas ini, apalagi berpotensi meningkatkan mood positif. Jika perlu, tambahkan musik favorit Anda yang akan membawa Anda ke dunia Anda sendiri.

4. Bersosialisasi dengan warga desa

Mungkin Anda menyukai aktivitas unik saat mengunjungi tempat tersembunyi di desa. Jika iya, mengajak warga untuk berinteraksi adalah pilihan yang layak.

Sebelum memulai pendakian menuju Curug Barong, Anda mungkin bisa mengenal lebih jauh destinasi wisata indah ini. Misalnya sejak kapan didirikan? Bagaimana masyarakat bisa menarik wisatawan sehingga jumlah kunjungan meningkat signifikan? Apakah pemerintah daerah berperan dalam proses ini?

Untuk melakukan hal tersebut tentunya perlu menjaga sopan santun dan tidak menyinggung perasaan warga sekitar. Namun secara umum, orang-orang suka jika Anda menaruh perhatian khusus pada tempat tinggal mereka dan apa yang ada di bawahnya.

5. Piknik

Apakah Anda ingin menikmati akhir pekan yang intim bersama teman-teman terkasih? Cobalah ajak mereka mampir ke air terjun eksotis ini dan nikmati waktu terbaik jauh dari hiruk pikuk kota.

Meski tak selalu menyenangkan saat berwisata, namun sensasinya akan berbeda karena dilewati bersama. Bawalah bekal dari rumah, snack sesuai selera dan jangan lupa bantal! Tentu saja piknik tanpa menggelar tikar dan bercerita tidak terlalu menyenangkan bukan?

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Biaya masuk Air Terjun BarongFoto: Google Maps/Leon Kawidjaja

Tidak banyak yang bisa diharapkan dari Curug Barong karena letak geografisnya yang berada di tengah hutan. Ada tempat parkir di pemukiman penduduk, tapi begitu masuk ke tengah air terjun tidak ada.

Jadi bawalah perbekalan sendiri dari rumah jika tidak ingin kebingungan. Alternatif lainnya adalah memenuhi kebutuhan pokok di pedesaan sebelum memulai kegiatan pendakian.

Meski cantik dan menawan, Curug Barong di Kabupaten Bogor perlu sentuhan ekstra agar keberadaannya semakin diminati. Tidak hanya bagi para petualang, tapi juga bagi anak kecil.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button