Tempat Wisata

Curug Cikanteh: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kota Sukabumi terkenal dengan berbagai wisata alamnya. Bagi penggemar wisata alam yang suka mengunjungi tempat-tempat penuh petualangan, Curug Cikanteh adalah jawabannya. Air terjun cantik ini memiliki tiga tingkatan yang masing-masing memiliki nama dan keunikan tersendiri.

Tingkat paling atas disebut Curug Cikanteh. Tingkat kedua disebut Curug Ngelai dan tingkat paling bawah disebut Curug Sodong. Jadi jika Anda berwisata ke Curug Cikanteh, Anda bisa menikmati tiga air terjun sekaligus di satu tempat.

Masyarakat daerah Sukabumi dan Jawa Barat sering menyebut air terjun tiga tingkatan ini dengan Air Terjun Ci Kanteh. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Air yang mengalir dari curug ini berasal dari sungai Cikanteh. Makanya namanya Curug Cikanteh.

Fasilitas Air Terjun Cikanteh

Pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas untuk menjaga kenyamanan pengunjung yang berkunjung ke air terjun ini. Karena air terjun ini berada di kawasan yang sama dengan Air Terjun Sodong, Fasilitas Air Terjun Ci Kanteh juga menjadi fasilitas Air Terjun Sodong.

Di objek wisata ini terdapat fasilitas pendukung berupa tempat parkir yang luas dan luas serta fasilitas keamanan yang dijaga. Toilet dan kamar mandi terjaga kebersihannya. Selain itu, ada juga beberapa warung kecil yang menjual makanan dan jajanan ringan. Namun, bagi Anda yang ingin beribadah, di lokasi ini belum tersedia mushola.

Keindahan Air Terjun Cikanteh

Air terjun cantik ini merupakan salah satu air terjun yang berada di kawasan bebatuan Ciletuh Geopark. Keunikan dari air terjun ini terletak pada lokasinya yang tersembunyi. Untuk mencapai tempat ini Anda harus berjalan sedikit ke atas bukit dan melewati hutan hujan tropis yang sejuk dan lebat. Tidak hanya itu Anda harus melewati semak-semak dan menyeberangi sungai. Meski perjalanan menuju lokasi air terjun ini membutuhkan tenaga ekstra, pemandangan alam yang ditawarkan pasti terbayar lunas.

Air terjun ini tidak hanya memiliki satu, tetapi juga keunikan lainnya, yaitu bentuknya yang luas dan terdiri dari beberapa undakan. Air terjun yang jatuh dari atas tebing mirip dengan wahana air terjun yang sering ditemui Taman air atau taman air. Di bawah air terjun yang jernih dan sejuk ini pengunjung bisa leluasa berenang dan bermain air.

Eksotisme dan keindahan air terjun ini memang luar biasa. Formasi geologis, air terjun yang jatuh dengan cepat, tempat-tempat tersembunyi dan suasana alam menyatu di Air Terjun Cikanteh ini. Bahkan banyak pengunjung yang betah tinggal di surga terpencil dan tersembunyi ini.

Berburu foto di Air Terjun Ci Kanteh

Jalan menuju Curug Cikanteh melewati jembatan kayu yang unik. Jembatan ini menjadi spot foto terbaik dan menarik karena Anda bisa melihat keseluruhan air terjun dari jembatan ini. Selain itu, pesona pemandangan hutan hujan tropis yang mengelilingi kawasan air terjun beserta Sungai Ci Kanteh sayang jika tidak tertangkap kamera. Yang terpenting adalah mengabadikan eksotisme Curug Cikanteh itu sendiri, berdiri kokoh dengan segala keindahan yang ada di sekitarnya.

Tiket masuk Air Terjun Cikanteh

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Air Terjun Cikanteh

Lokasi Akses Air Terjun Cikanteh

Air Terjun Cikanteh terletak di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi air terjun ini berada di pedesaan dengan jalan khas pedesaan. Dan tentunya pemandangan di kanan dan kirinya didominasi oleh sawah dan hutan yang masih hijau alami.

Air terjun ini berada di kawasan Geopark Ciletuh dan dapat diakses dengan kendaraan roda maupun kendaraan roda empat. Sambungan jalan menuju Geopark Ciletuh sudah bagus. Namun, masih ada jalan berlubang dan rusak parah di beberapa tempat.

Rute jalan tersebut bisa melalui kota Bandung atau Jakarta dan langsung menuju kota Sukabumi. Setelah sampai di pusat kota Sukabumi, perjalanan dilanjutkan ke Ciemas via Cimanggu. Waktu tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan. Dari pusat Kecamatan Ciemas dilanjutkan ke Dusun Cikanteh yang memakan waktu sekitar satu jam perjalanan. Kondisi jalan dari Kecamatan Ciemas hingga Cikanteh sebagian besar bercirikan jalan sempit beraspal

Tips Wisata di Curug Cikanteh

  • Berhati-hatilah saat trekking ke air terjun yang indah ini, terutama saat musim hujan, karena jalurnya cukup licin dan banyak tanjakan. Juga, Anda harus menyeberangi sungai.
  • Persiapkan fisik dan performa kendaraan sebaik mungkin karena jalan setapak dari Kecamatan Ciemas menuju Curug Cikanteh melalui jalan sempit.
  • Berhati-hatilah saat mandi di air terjun ini karena dasar air terjunnya terjal dan banyak bebatuan.
  • Menjaga kebersihan dengan selalu membuang sampah pada lokasi yang telah disediakan oleh manajemen.
  • Ikuti semua aturan yang ditetapkan oleh manajemen.

Jika Anda berada di Bandung atau Geopark Ciletuh, jangan lupa untuk mengunjunginya Air Terjun Cikanteh. Air terjun tiga tingkat ini sangat eksotis dengan jatuhnya yang deras. Selain itu, panorama hutan hujan tropis, sungai dan bebatuan memberikan suasana asri pada air terjun ini. Seperti di surga terpencil dan tersembunyi. Tentunya jika Anda ke air terjun ini bersama keluarga, kerabat dan teman dekat akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan dan menyenangkan.

Galeri Foto Air Terjun Cikanteh

Air Terjun Cikanteh
Potret air terjun dari jauh
Keindahan Air Terjun Cikanteh, Air Terjun 3 Tingkat
Curug Cikanteh di pagi hari
Melihat Air Terjun Ci Kanteh seperti melihat keindahan sebuah lukisan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button