Tempat Wisata

Curug Cimahi, Wisata Air Terjun Tertinggi Eksotis di Bandung

harga tiket: Rp15.000, Waktu aktif: 07.30-17.00 WIB, Alamat: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab.Bandung Barat, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Curug atau juga dikenal dengan sebutan air terjun adalah wisata alam yang cocok untuk liburan penuh. Di Bandung terdapat sebuah air terjun yang cukup terkenal dengan keunikannya yaitu Curug Cimahi. Letaknya di Cimahi, sesuai dengan nama air terjunnya. Ketinggiannya mencapai 87 meter, menjadikannya salah satu air terjun tertinggi di kota Bandung.

Dinamakan bukan karena letaknya di Cimahi, melainkan karena air terjun ini merupakan aliran dari Sungai Cimahi yang sumbernya ada di Danau Situ Lembang. Meski berada di perkotaan, udaranya tetap sejuk dan menyegarkan, bahkan bisa mencapai 18-22 derajat Celcius. Hal ini karena ketinggian lokasi mencapai 1050m di atas permukaan laut. Jadi jangan lupa untuk membawa tubuh Anda lebih hangat saat Anda berkunjung!

Tempat Wisata Curug Cimahi

Objek Wisata Air Terjun CimahiSumber gambar: Google Maps Refi Wisnu

Setiap objek wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak wisatawan datang ke tempat tersebut. Khusus untuk Curug Cimahi, apa saja daya tarik utamanya? Di sini kami telah merangkum sepenuhnya!

1. Air terjun tertinggi

Daya tarik pertama yang menarik banyak wisatawan untuk berkunjung adalah karena ketinggiannya. Ketinggiannya yang mencapai 87 meter cukup memukau wisatawan dengan air yang jatuh dari atas. Pancaran air yang berjarak beberapa meter dari titik utama memiliki daya tarik tersendiri. Suasana sejuk seakan menyelimuti, meski tak disengaja.

Selain itu, banyaknya pepohonan air terjun di lokasi Kertawangi dapat menambah asri dan suasana alam. Suara gemericik air dari ketinggian seolah mengabaikan suara kendaraan yang lewat di balik tebing.

Jumlah hewan juga tidak boleh diabaikan demi menambah pesona alam. Monyet, serangga dan berbagai jenis hewan lainnya melengkapi keindahan alam yang tak terlupakan. Bahkan pengunjung biasa pun bisa melihat hewan itu dari dekat. Khusus monyet di alam liar, petugas melarang memberi makan mereka karena bisa membahayakan diri sendiri.

2. Pesona air terjun pelangi

Perum Perhutani Bandung Utara, sebagai pihak resmi pengelola Curug Cimahi, membawa inovasi yang belum pernah dilakukan di tempat lain. Kreativitas manajer ini patut diacungi jempol dan diapresiasi. Pasalnya, mereka menawarkan beberapa lampu di sekitar air terjun. Dengan efek cahaya yang memancarkan cahaya, air terjun tampak memancarkan pelangi saat malam tiba.

Karena itulah, air terjun di Cimahi disebut juga Curug Pelangi. Kecanggihan teknologi juga membantu dalam menyebarkan berita. maka banyak wisatawan dari berbagai daerah yang penasaran dan ingin merasakannya dari dekat.

Karena fenomena buatan ini hanya dapat dilihat saat matahari terbenam, Anda harus tetap berada di lokasi pada saat itu. Semoga saat kita berkunjung cuaca cukup cerah sehingga pengelola tidak menutup tempat wisata tersebut. Ya, demi keselamatan pengunjung, pengelola segera menutup lokasi jika cuaca tidak memungkinkan untuk bertamasya.

3. Mitos Curug Cimahi

Daya Tarik Curug CimahiKredit foto: Google Maps Agung Praja Hudaya

Adanya mitos Air Terjun Cimahi yang beredar di masyarakat juga menjadi salah satu daya tarik yang menguntungkan. Saya tidak tahu siapa yang memulai cerita ini dan bagaimanapun, banyak yang mempercayainya. Konon pengunjung yang datang ke tempat tersebut tidak boleh berpasang-pasangan karena diyakini hubungan mereka tidak akan bertahan lama alias putus.

Hal ini tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, dan banyak pengunjung yang tinggal lama setelah mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Pada akhirnya, cerita tersebut tetap menjadi mitos hingga saat ini. Padahal, itu harus dipertahankan untuk menambah pesona tersendiri. Sebagai warga negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai sejarah dan budaya, ada baiknya untuk menghormati mitos-mitos yang diyakini warga sekitar.

4. Lokasi mudah dijangkau

Daya tarik terakhir adalah akses mudah ke lokasinya yang masih berada dalam peradaban perkotaan. Berbeda dengan air terjun lainnya, pengunjung harus menavigasi jalan terjal dan berliku yang penuh tantangan. Di sini, sesaat setelah turun, Anda bisa langsung menuju gerbang tempat wisata.

Alamat dan rute ke lokasi

Alamat Air Terjun CimahiKredit foto: Google Maps Irwan Mediriana

Bagi anda yang tertarik dengan pesona alam Curug Cimahi silahkan datang ke lokasi yang terletak di Jl. Kolonel Masturi No. 325, Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat. Anda bisa mengunjunginya dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Untuk kendaraan pribadi, Anda bisa mengambil jalur alternatif yang paling mudah yaitu Lembang – Parongpong yang masih searah dengan Dusun Bambu. Silakan ikuti jalan tersebut sampai Anda menemukan Universitas Advent Indonesia. Poin ini harus kamu ingat karena lokasinya tidak jauh dari universitas.

Setelah itu ada turunan, tanjakan dan jembatan untuk bernegosiasi, berhati-hatilah dan tetap waspada saat melintasinya. Setibanya di terminal Cisarua, berarti Anda sudah sampai di lokasi Curug Cimahi karena gerbangnya berada di sebelah terminal.

Kenyamanan juga tercapai saat menggunakan transportasi umum. Skalanya sama, yaitu terminal Cisarua. Naik angkutan kota Ledeng-Parongpong yang akan Anda capai di Jalan Setiabudi, tepatnya di Terminal Ledeng. Kemudian dilanjutkan dengan Angkot yang menuju Parongpong-Padalarang dan berakhir di Terminal Cisarua.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Air Terjun CimahiKredit foto: Instagram. .

Anda tidak perlu membawa banyak uang untuk mengunjungi tempat wisata Curug Pelangi. Biaya masuknya hanya 15.000 rupiah per orang, ditambah parkir 2000 rupiah untuk sepeda motor dan 5000 rupiah untuk mobil. Dengan biaya ini Anda bisa melakukan banyak aktivitas seru dan juga menikmati pemandangan alam liar sepuasnya.

Mengenai jam buka, Anda bisa datang pukul 07.00 atau lebih awal. Jam tutup berbeda dengan tempat wisata air terjun lainnya yang kebanyakan pada sore hari yaitu pada pukul 20.00. Ini karena ada nuansa pelangi yang hanya bisa dilihat pada malam hari.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Curug Cimahi

Aktivitas Menarik Air Terjun CimahiKredit foto: Google Maps Dhe Setiawan

Banyak hal seru menanti Anda dan rombongan. Sebagian besar aktivitas menarik yang bisa dilakukan masih terkait dengan objek wisata yang disebutkan di atas.

1. Menikmati Keindahan Curug Cimahi

Tentunya tujuan utama Anda mencapai air terjun setinggi 87 meter ini adalah untuk menikmati pesona alam yang ditawarkannya. Ini adalah aktivitas yang menarik, bahkan jika yang Anda butuhkan hanyalah mata dan perasaan. Sesekali Anda bisa bermain air atau sekadar basah-basahan.

Untuk kegiatan renang, pengelola memiliki aturan tertulis yang tidak boleh dilakukan. Hal ini dikarenakan kedalaman air mencapai 2 meter dengan arus yang cukup lumayan. Selain itu, limpasan air yang jatuh dari atas air terjun juga dapat membahayakan pengunjung yang berenang. Ada baiknya untuk terus mengikuti aturan ini demi keselamatan Anda sendiri.

2. Perjalanan yang menyenangkan

Mencari lokasinya tidak sulit karena masih di perkotaan. Namun untuk sampai ke air terjun yang dimaksud, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup panjang dan menuruni bukit. Ada total 587 anak tangga yang harus didaki untuk sampai ke lokasi. Tidak sedikit tentunya karena butuh stamina dan tenaga untuk bertahan hidup.

Perjalanan menjadi lebih seru ketika monyet liar menemani Anda di setiap langkah. Mereka juga sesekali mengeluarkan suara khas untuk mengumumkan keberadaan mereka. Jika Anda lelah di tengah perjalanan, ada posko yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat sementara. Agar lebih aman dan tidak berbahaya, gunakan sepatu anti slip, baik berupa sepatu maupun sandal. Tidak disarankan untuk tidak memakai sepatu karena dapat meningkatkan risiko terpeleset.

3. Bersantai di sudut pandang

Hampir bisa dipastikan spot yang satu ini tidak akan Anda temukan di tempat lain, yaitu di Pandang Viewpoint. Di sana Anda bisa bersantai sambil menikmati panorama alam menakjubkan yang tercipta dari kumpulan air yang mengalir di kemudian hari. Dari kejauhan terlihat sangat indah dan mempesona, karena hamburan air sebelum dan sesudah titik akhir tampak membentuk kabut tipis.

Ada juga banyak pohon di sekitar sudut pandang. Mata tak lepas dari warna hijau pohon. Anda bisa berdiri atau duduk karena kursi santai telah disediakan dengan meja bundar kecil.

Kegiatan menarik di Curug CimahiKredit foto: Google Maps Hendri Setiawan

4. Lihat air terjun pelangi

Adanya lampu warna-warni di sekitar air terjun, seperti yang sudah kami jelaskan, membuat air terjun tampak seperti memancarkan cahaya seperti pelangi. Sangat indah dan sayang untuk dilewatkan, Anda tidak akan menemukannya di tempat lain. Ini adalah kegiatan yang seringkali paling penting bagi wisatawan. Melihat dari jauh saja sudah cukup membuat hati merasa puas.

Agar bisa menikmati keindahannya, disarankan menunggu hingga sore atau malam hari. Jangan khawatir, karena waktu tutupnya masih lama yaitu jam 8 malam. Jadi Anda masih punya waktu sekitar 3 jam untuk menikmatinya.

5. Berburu spot foto

Aktivitas menarik lainnya di Curug Cimahi pastinya adalah hunting spot foto. Padahal, inilah alasan utama mengapa pengunjung datang ke situs tersebut. Banyaknya spot yang bisa dijadikan foto membuat kamera perlu dipersiapkan semaksimal mungkin.

Misalnya, jika Anda berada di sudut pandang, Anda dapat menggunakannya untuk melihat foto menakjubkan dengan latar belakang air terjun dari jauh. Ada juga pepohonan rindang yang hampir menutupi air terjun. Dengan perspektif gelap, Anda dapat membuat karya foto yang sangat unik.

Spot foto lain yang ditunggu-tunggu adalah saat malam hari, tepat saat ada fenomena air terjun pelangi. Siapa yang tidak ingin mengabadikan momen yang hanya ada di tempat ini, bukan?

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun CimahiKredit foto: Google Maps Irma Mustafa

Tidak menutup kemungkinan suatu saat Curug Pelangi akan semakin populer dan akan selalu banyak pengunjung yang datang. Saat ini, ada ratusan pengunjung yang menikmati pemandangan alam air terjun setiap hari. Oleh karena itu pihak pengelola menyediakan fasilitas untuk menunjang perjalanan yang Anda tempuh. Tempat parkir yang cukup luas, mushola dan toilet yang nyaman menjadi fasilitas utama yang akan Anda temukan di sana.

Fasilitas lainnya adalah rumah makan dengan berbagai menu umum yang biasa Anda temukan di daerah Jawa. Ada juga pusat informasi dan satpam yang siap membantu dan menjawab pertanyaan. Jangan lupa juga untuk memiliki area piknik yang bisa dijadikan tempat untuk berantai dan hang out bersama rombongan.

Itulah informasi lengkap tentang tempat wisata di bandung yaitu Curug Cimahi. Jangan lupa untuk memakai sepatu anti slip yang sangat berguna saat naik turun tangga yang licin. Persiapkan stamina khusus terlebih dahulu, perjalanan Anda mudah namun cukup panjang, apalagi saat pulang karena harus menaiki 587 anak tangga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button