Tempat Wisata

Curug Cipeuy Majalengka – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp15.000, Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB, Alamat: JL Dukuh Pasir, Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab.Majalengka, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Curug Cipeuy merupakan salah satu destinasi wisata di Majalengka. Menghadirkan keindahan air terjun yang asri dengan suasana yang masih sangat asri dan alami membuat Cipeueuy selalu ramai dikunjungi pengunjung. Airnya yang segar memanjakan setiap orang yang berenang atau sekedar berendam di kawasan Cipeuy.

Untuk mencapai titik yang tepat dari air terjun ini, wisatawan harus melewati jalan setapak hutan. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di tengah hutan. Dengan lokasi air terjun jenis ini, mendukung pecinta trekking hutan untuk menjelajahi kawasan hutan di Cipeuy. Pepohonan di sekitar hutan masih sangat asri dan rindang.

Berlibur di Air Terjun Cipeuy ini juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mengunjungi wisata lain yang berada dekat dan tidak jauh dari lokasi air terjun. Berbagai fasilitas juga disediakan oleh pengelola air terjun dan dapat digunakan pengunjung setiap saat saat berlibur ke wisata ini. Pasti akan menjadi liburan yang sangat seru dan mendebarkan disini.

Tempat Wisata Curug Cipeuy

Tempat Wisata Air Terjun CipeuyKredit foto: Google Maps Xavier Gaubert-Amy

Cipeuy merupakan salah satu destinasi wisata air terjun di Majalengka, Jawa Barat. Menampilkan keindahan air terjun atau riam yang mempesona, yang membuat air terjun yang satu ini sangat diminati oleh para wisatawan. Berada di tengah hutan membuat wisatawan nyaman dan tenang. Wisata ini cocok untuk pengunjung yang datang dari kota.

1. Pemandangan alam yang mempesona

Pemandangan alam air terjun yang satu ini cukup terkenal karena sangat indah dan rindang. Di tengah hutan dan jauh dari kota, suasananya masih sangat alami. Seperti tidak pernah disentuh oleh manusia. Keindahan air terjunnya pun tak kalah indah. Air terjunnya bisa jadi spot foto yang unik juga lucu.

Biasanya beberapa wisatawan yang mengunjungi mereka adalah fotografer. Kebanyakan dari mereka sangat menyukai fotografi konsep alam. Untuk itu, Cipeuy selalu ramai dikunjungi terutama pada hari libur nasional, masa liburan dan tahun baru. Wisata air terjun ini bisa menjadi referensi liburan anda saat berkunjung ke Majalengka.

2. Pesona kolam bertingkat

Daya tarik Curug Cipeuy selanjutnya adalah adanya kolam bertingkat. Sebelum memasuki kawasan curug atau air terjun yang sebenarnya, wisatawan akan dibuat takjub dengan kolam yang ada di kawasan Cipeuy. Kolam ini menjadi ciri khas wisata air di Majalengka ini.

Kolam ini sangat berbeda dengan kolam pada umumnya dan memiliki bentuk yang unik dan menarik. Pemandian umum ini dibangun dalam bentuk anak tangga yang masing-masing memiliki kedalaman berbeda. Tentu saja, kolam di tingkat terendah adalah kolam dangkal dan sebaliknya.

3. Perasaan mengunjungi lebih dari satu objek wisata lainnya

Sedikit informasi, kawasan Curug Cipeuy merupakan destinasi wisata yang tidak terlalu jauh dari wisata lain di Majalengka. Selain air terjun, ada beberapa objek wisata lain yang bisa dikunjungi semua wisatawan saat berlibur ke wisata air terjun ini. Tentunya hal ini menghemat biaya liburan, karena Anda bisa langsung mengunjungi lebih dari satu wisata.

Inilah alasan utama para pecinta alam untuk datang ke Cipeuy. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan Air Terjun Kabupaten Majalengka ini, tetapi juga menikmati wisata lain yang tidak kalah indah dan indahnya dari wisata air terjun. Liburan Anda bersama keluarga atau teman dijamin akan terasa lebih menyenangkan dan mengasyikkan.

Alamat dan rute menuju lokasi air terjun Cipeuy

Alamat air terjun CipeuyKredit foto: Google Maps Nurfadhilah Septiandi Harhari

Curug Cipeuy merupakan salah satu destinasi wisata di Majalengka. Alamatnya persisnya Jalan Dusun Pasir, Bantaragung, Kabupaten Sindangwangi, Jawa Barat. Wisatawan dapat mengunjungi Cipeuy dengan menempuh jarak yang diperkirakan sekitar 25 km dari pusat kota Majalengka.

Rute umum yang biasanya dilalui wisatawan Cipeuy adalah melalui Tol Majalengka. Dari jalan raya, kendarai kendaraan Anda menuju Desa Sindangwangi. Sesampainya di kawasan Sidanwangi, Anda tinggal menuju desa terakhir yaitu Desa Bantaragung. Setelah itu, ikuti saja petunjuknya.

Estimasi waktu tempuh sendiri sekitar 45 menit. Waktu tempuh adalah waktu tempuh dari pusat kota Majalengka. Namun, perkiraan tersebut bisa lebih tinggi jika terjadi kepadatan pengunjung. Jalan menuju area air terjun bisa sangat padat karena banyaknya pengunjung yang datang.

Untuk antisipasi, ada baiknya Anda berangkat lebih awal dari waktu yang ditentukan. Hal ini tentunya untuk mengurangi resiko keterlambatan di lokasi air terjun. Biasanya, situasi seperti ini umumnya terjadi pada musim liburan sebelum liburan sekolah atau saat Tahun Baru. Pengunjung yang datang akan lebih banyak dari hari biasanya.

Akses dan jalur yang sering digunakan wisatawan untuk menuju lokasi Curug Cipeuy dapat dikatakan cukup baik dan dalam kondisi baik. Dengan akses jalan jenis ini, memungkinkan wisatawan menggunakan kendaraan pribadi. Pergilah bersama rombongan agar perjalanan Anda lebih seru dan menyenangkan.

Sedikit informasi, walaupun jalan menuju air terjun ini cukup bagus dan mulus, beberapa ruas jalan dikatakan cukup sempit dan berbahaya. Ada baiknya sebelum Anda mulai mengemudi untuk memeriksa kendaraan pribadi Anda terlebih dahulu untuk menghindari risiko di jalan seperti: B. rem rusak atau rusak. Periksa klakson, lampu, dan kopling sebelumnya agar tetap aman.

Tiket masuk air terjun Cipeuy

Tiket masuk air terjun CipeuyKredit foto: Google Maps Rohidin saja

Tidak jauh berbeda dengan wisata air terjun lainnya di Jawa Barat, pengelola membebankan biaya masuk kepada seluruh pengunjung Curug Cipeuy tanpa terkecuali. Besarnya biaya masuk ini tergantung pada usia pengunjung. Ada kategori tiket, yaitu tiket untuk anak-anak usia 1 hingga 4 tahun, serta remaja dan dewasa.

Untuk anak-anak, pengelola mematok harga Rp5.000 per orang. Sedangkan untuk remaja hingga dewasa pengelola mematok tarif Rp. 15.000.00 per orang. Tentunya dengan biaya yang murah dan terjangkau, pengunjung dapat menikmati keindahan alam Cipeuy yang menakjubkan dan eksotis.

Bagi yang membawa kendaraan juga harus membayar biaya parkir yang cukup murah, berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000,00 per kendaraan. Tentu saja untuk tempat liburan atau tempat wisata harganya ramah di kantong. Tak heran jika wisata Cipeuy cocok sebagai tempat liburan keluarga Anda.

Kegiatan Seru di Curug Cipeuy

Aktivitas Seru Air Terjun CipeuyKredit foto: Google Maps i’ Kitty

1. Lihat langsung Konservasi Elang Jawa

Hal menarik yang tidak banyak diketahui oleh pengunjung Cipeuy adalah kawasan ini dijadikan sebagai suaka satwa langka seperti Elang Jawa. Hewan ini merupakan salah satu spesies hewan asli pulau jawa yang populasinya sangat sedikit dan terancam punah. Populasi juga bisa dihitung di sana.

Kepunahan ini disebabkan oleh perburuan manusia untuk merusak habitat aslinya. Pengunjung Cipeuy dapat melihat langsung spesies langka ini, namun tidak diperbolehkan untuk mendekatinya secara langsung. Hewan-hewan ini merasa terganggu dan terancam ketika mendekati makhluk hidup lain, kecuali yang sejenisnya.

2. Berenang di kolam bertingkat

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah berenang di kolam bertingkat di dekat pintu masuk kawasan Air Terjun Cipeuy. Kolam ini sengaja dibuat bertingkat agar semua orang bisa menikmati berenang dengan santai dan nyaman. Duduk santai di tepi kolam juga akan menjadi aktivitas yang seru dan mengasyikkan.

Kolam ini menjadi spot populer bagi pengunjung yang senang berenang. Anda bisa berenang bersama keluarga atau bayi Anda. Air kolamnya sangat segar dan sejuk, pasti akan sangat ramai saat suasana sangat panas. Maka tidak heran jika kolam akan sangat ramai atau ramai menjelang siang hari.

3. Berenang di area air terjun

Kegiatan Seru di Curug CipeuyKredit Foto: Google Maps Rafika Ratik Sripure

Air terjun ini diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Jumlah ini tentu relatif rendah. Meski air terjun ini tidak terlalu tinggi, namun tetap memberikan sensasi segar. Selain itu, kondisi air terjun yang bersih menjadi nilai tambah bagi wisata air terjun di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Agar wisatawan yang berenang di air terjun langsung merasa nyaman, pengelola membangun bundaran, lebih tepatnya pembatas melingkar, sehingga bisa dibuatkan tempat khusus untuk berenang. Dengan pembatas ini, wisatawan tetap bisa berenang dengan menikmati tenangnya aliran air terjun.

4. Berburu foto

Aktivitas terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah berfoto di lokasi alam yang tersedia. Salah satu yang paling menarik adalah jembatan yang berada tepat di atas kolam bertingkat. Ini adalah tempat foto yang populer bagi pengunjung. Jangan lupa untuk mengambil foto di tempat lain. Dijamin foto kamu akan sangat cantik dan instagramable.

Fasilitas Wisata di Curug Cipeuy Majalengka

Fasilitas Curug Cipeuy MajalengkaKredit foto: Google Maps Maman Permana

Fasilitas paling populer di sini adalah gazebo yang tersebar luas di seluruh kawasan Curug Cipeuy. Pendopo ini biasanya digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi pengunjung yang baru saja tiba di kawasan Cipeuy. Menariknya, pengelola menambahkan atap agar pengunjung tidak kepanasan dan tetap sejuk.

Setelah pengunjung puas berenang, mandi dan bermain air, pengelola telah menyediakan fasilitas toilet untuk flushing di sebelah pendopo. Kondisi toilet yang bersih dan nyaman menjadi daya tarik tersendiri. Toilet ini juga terbuka untuk umum dan bisa digunakan kapan saja di area air terjun.

Selain itu pengelola juga menawarkan tempat penyewaan ban atau pelampung, serta perlengkapan renang lainnya yang bisa disewa sewaktu-waktu. Dengan membebankan biaya sewa yang murah dan terjangkau agar semua pengunjung dapat menggunakan fasilitas tersebut. Anda akan merasa puas dan nyaman selama wisata air terjun yang satu ini.

Yang tidak boleh Anda lewatkan adalah tersedianya restoran yang menawarkan makanan khas Majalengka yang enak dan lezat. Aktivitas seharian di air terjun pasti akan membuat Anda merasa lapar. Jangan khawatir, Anda bisa mencicipi masakan khas Majalengka yang tersedia di restoran terdekat.

Itulah beberapa informasi singkat tentang Curug Cipeuy yang perlu anda ketahui. Informasi ini dapat menjadi referensi dan referensi Anda sebelum mengunjungi air terjun ini sebagai tempat liburan Anda bersama keluarga, teman, kerabat atau orang yang Anda cintai. Berlibur ke sini pasti akan sangat seru dan asik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button