Tempat Wisata

Curug Cipurut Purwakarta – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket

harga tiket: Rp15.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: Kecamatan Wanayasa, Kab.Purwakarta, Jawa Barat.

Sektor pariwisata di Indonesia terus mengalami perkembangan, begitu pula dengan kota Purwakarta yang terus mengembangkan pariwisata khususnya di bidang wisata alam. Terdapat berbagai wisata alam di kawasan Purwakarta yaitu pegunungan, sumber air panas, perbukitan, goa, danau dan air terjun.

Apakah Anda memiliki rencana liburan ke Purwakarta, apakah Anda sudah memutuskan ke mana akan pergi atau Anda masih ragu ke mana harus pergi? Hanya melakukan perjalanan alam ke air terjun. Selain keindahan destinasi wisata kota di Purwakarta juga memiliki keindahan wisata alam. Kota yang terletak di provinsi Jawa Barat ini memiliki air terjun Cipurut.

Curug berarti air terjun dalam bahasa Sunda. Wisata alam yang mengusung air sebagai tujuan utamanya ini merupakan kawasan yang sejuk untuk berkemah atau berkemah bersama teman dan keluarga. Apa saja daya tarik keindahan air terjun cantik ini? Di bawah ini adalah atraksi, biaya masuk, aktivitas seru yang bisa dilakukan dan fasilitas yang tersedia.

Daya tarik Curug Cipurut

Obyek wisata Curug CipurutKredit foto: Instagram Ondi Wiratmaja

1. Dulu banyak pohon buah purut

Cerita sejarah tentang nama Curug Cipurut dicatat oleh masyarakat karena konon dahulu di kawasan air terjun banyak terdapat pohon jeruk purut yang bentuknya seperti pohon linden namun berukuran lebih kecil.

Namun buah ini merupakan buah yang bergetah, sehingga warga tidak akan memanennya. Namun, kini sudah tidak ada lagi pohon jeruk purut di kawasan air terjun tersebut.

2. Air terjun dengan ketinggian 25 meter

Ketinggian air terjun yang indah ini sekitar 25 meter, di kanan dan kirinya terdapat dua buah batu yang begitu miring sehingga bisa digunakan sebagai permukaan loncatan atau luncuran bagi pengunjung. Perpaduan aliran air yang mengalir di kawasan bebatuan menambah keindahan air terjun ini.

3. Lingkungan eksotis

Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1 km untuk sampai ke lokasi air terjun dari pintu masuk. Namun, jangan khawatir akan kelelahan, karena pengunjung akan menikmati pemandangan yang mengesankan di sepanjang jalan. Ada hamparan kebun teh dan pepohonan rindang.

4. Berada di kawasan Gunung Burangrang

Ingin merasakan sensasi berlibur di tempat yang sejuk di kaki gunung, Air Terjun Cipurut memiliki daya tarik dari segi lokasinya. Karena wisata ini berada di Cagar Alam Gunung Burangrang.

Di dalam area seluas empat hektar terdapat tujuh air terjun atau kaskade yang berjarak satu anak sungai dari air terjun utama. Ada dua air terjun utama yang menjadi tempat wisata terkenal di kawasan ini.

5. Menantang adrenalin saat mengunjungi air terjun lainnya

Selain air terjun utama, ada air terjun lain di kawasan Air Terjun Putri. Bagi pengunjung yang ingin berpetualang dan memacu adrenalin, air terjun lain bisa dikunjungi yang jalurnya masih agak sulit. Keindahan air terjun lainnya ini tak kalah menarik dengan yang utama.

6. Area perkemahan

Gunakan area camping untuk berkemah di area air terjun. Bumi perkemahan ini tidak hanya di satu tempat, melainkan di beberapa tempat, sehingga pengunjung bebas memilih di area mana akan didirikan tenda. Bumi perkemahan ini biasanya digunakan untuk pendidikan dasar atau oleh warga setempat untuk melakukan ritual adat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata air terjun cipurutSumber gambar: Twitter Karya Seni Erwinmoronz

Secara administratif Curug Cipurut beralamat di kabupaten Purwakarta, tepatnya di desa Semurugul, Wanayasa, Jawa Barat. Jarak tempuh dari pusat kota Purwakarta ke Wanayasa kurang lebih 1 jam.

Setibanya di Kecamatan Wanayasa, pengunjung harus berkendara menuju Kecamatan Bojong yang jaraknya sekitar 500 meter, kemudian belok ke arah Desa Sumurugul. Jaraknya sekitar 3 kilometer dari Kecamatan Wanayasa menuju lokasi air terjun. Saat Anda tiba di kawasan Wanayasa, jalan yang Anda lalui semakin lama semakin sempit dan terjal.

Wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju lokasi air terjun. Dari Purwakarta, naik bus atau minibus dari Terminal Simpang tujuan Wanayasa. Setibanya di terminal, perjalanan selanjutnya dengan angkutan desa menuju ke desa Sumurugul.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, pastikan kendaraan yang digunakan cukup bertenaga untuk melewati medan menuju air terjun yang cukup sempit dan menanjak. Pastikan juga bahwa pengemudi dapat melewati rintangan tersebut.

Biaya masuk wisata alam

Tiket Masuk Wisata Air Terjun CipurutKredit foto: Instagram Moch Pahri Septiadi

Tarif masuk kawasan wisata Curug Cipurut adalah Rp 15.000 per orang. Harga tiket masuknya sangat terjangkau mengingat keindahan air terjunnya.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah atau mendirikan tenda dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.

Harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk sepeda roda empat. Ada juga biaya lain seperti B. Membeli bahan makanan atau jajanan di tempat wisata atau menyewa peralatan yang disediakan oleh pemerintah.

Jadwal wisata air terjun alami ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Pengunjung bisa datang di pagi hari agar bisa bermain di area air terjun. Bagi yang melakukan kegiatan pelatihan dasar atau kegiatan lainnya, dapat menghubungi manajemen untuk pengurusan izin dan informasi peraturan yang berlaku.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Air Terjun Cipurut

Kegiatan wisata air terjun CipurutKredit foto: Google Maps Mr Lonely

1. Trekking di area kebun teh

Perjalanan menuju lokasi Air Terjun Cipurut dimulai dengan jalur trekking sejauh 1 km dari loket masuk. Pengunjung menyusuri jalan setapak yang cukup sempit yang di kanan kirinya diapit oleh hamparan luas kebun teh hijau yang siap memanjakan mata. Jalur trekking ini memiliki tekstur tanah merah yang akan licin saat musim hujan.

2. Mainkan air

Mengunjungi tempat wisata alam seperti air terjun tentu belum lengkap tanpa bermain air. Berendam atau berenang bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena aliran air di curug ini sendiri tergantung musim. Pada musim kemarau debit air cenderung menurun. Saat musim hujan, air akan mengalir deras.

3. Santai dan nikmati keindahan alam

Pengunjung yang mencari istirahat saat liburan datang ke air terjun panas ini. Suara air terjun yang mengalir berpadu dengan suasana hutan yang rimbun disertai kicauan burung menciptakan suasana yang damai dan tentram. Tanpa melakukan apapun, pikiran rileks.

4. Menjelajahi Curug

Bagi pengunjung dengan jiwa petualang yang tinggi, mengunjungi air terjun eksotis ini akan menjadi aktivitas yang mengesankan karena total ada 7 air terjun yang ada di tempat wisata ini, namun hanya 2 air terjun yang diketahui banyak orang. Pengunjung bisa mengekspor keberadaan air terjun lain.

5. Berfoto dengan background alam yang indah

Air Terjun Cipurut merupakan tempat wisata alam yang masih sangat asri. Keindahan pohon pinus, rimbunnya hutan, segarnya air terjun, serta bebatuan di kedua sisi air terjun menjadi peluang foto menarik yang bisa digunakan pengunjung untuk berswafoto atau selfie. Keindahan alam ini sayang jika dilewatkan begitu saja.

6. Berkemah

Daya tarik Curug Cipurut adalah adanya tempat perkemahan yang sangat nyaman, tempatnya dikelilingi oleh pohon pinus, sehingga cocok untuk bermalam dan mendirikan tenda. Lokasi bumi perkemahan ini tidak jauh dari curug curug. Ada warung di sekitar area perkemahan dan air terjun untuk pengunjung yang lapar.

7. Tinggal bersama keluarga angkat

Pengunjung yang ingin merasakan keindahan alam dan dinginnya suasana malam di kawasan wisata bisa mencoba bermalam di penginapan atau homestay yang terletak tidak jauh dari air terjun cantik ini. Harga sewa penginapan bervariasi dan bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas wisata di Air Terjun CipurutSumber gambar: Google Maps Tutik Hidayati

Ada beberapa fasilitas yang disediakan pengelola Air Terjun Cipurut untuk memudahkan aktivitas pengunjung. Di bawahnya terdapat fasilitas umum berupa tempat parkir hingga 7 mobil. Toilet dan kamar mandi untuk menyiram, berganti pakaian setelah bermain air, atau untuk buang air kecil dan besar.

Saat berkendara di area trekking, ujungnya dipermudah dengan adanya kayu di sepanjang jalan. Bagi pengunjung yang lapar dan tidak membawa banyak makanan dan minuman, di area air terjun juga terdapat warung makan yang menawarkan berbagai macam makanan ringan dan minuman.

Fasilitas yang menarik adalah adanya bumi perkemahan di beberapa tempat. Beberapa tempat ini menawarkan pengunjung kesempatan untuk berkemah di suatu tempat yang mereka sukai. Untuk bisa menggunakan area bumi perkemahan ini, biaya tambahan yang dikeluarkan juga sangat bisa diatur.

Kok tertarik liburan ke Curug Cipurut ya? Jika ingin mengunjungi air terjun ini, pastikan kendaraan yang digunakan layak untuk melewati jalanan sempit dan terjal. Air terjun yang indah ini tidak boleh dilewatkan di Purwakarta. Tips mengunjungi air terjun adalah sandal atau sepatu anti selip.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button