Tempat Wisata

Curug Leuwi Lieuk – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Curug Leuwi Lieuk – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket
harga tiket: Rp10.000; map: pemeriksaan situs
Alamat: JL Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamuka, Cab.Bogor, Jawa Barat.

Curug Leuwi Lieuk adalah salah satu dari beberapa air terjun di kawasan Sentul, Bogor. Nama “Leuwi” sendiri merupakan bahasa Sunda dan artinya jauh di lubuk hati. Kolam yang disebutkan di sini adalah bagian terdalam dari sebuah sungai. Keindahan yang tersaji di sana belakangan membuat air terjun ini menjadi sangat populer.

Banyak wisatawan yang tertarik menikmati pengalaman seru berlibur di air terjun ini. Selain turis lokal, Anda juga sering melihat turis mancanegara menghabiskan waktunya di sana. Jika ingin ke sana alangkah baiknya jika mengajak teman, kerabat atau pasangan, agar liburan semakin menyenangkan.

Maka tidak heran jika air terjun ini menjadi salah satu wisata alam yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Anda pasti tidak akan menyesal jika datang ke sini, tetapi akan betah berlama-lama. Di bawah ini Anda akan menemukan berbagai hal terkait Curug Leuwi Lieuk yang tentunya sayang jika Anda lewatkan.

Daya tarik Curug Leuwi Lieuk

Objek wisata Curug Leuwi LieukSumber gambar: Twitter Berita Jawa Barat

1. Area pendinginan

Tidak bisa dipungkiri wisata alam ketika berada di lokasi yang relatif sejuk. Hal ini tentunya karena alam yang ada di kawasan wisata memang sengaja dijaga agar tetap asri dan alami. Sehingga kondisi di sekitarnya terasa sangat sejuk dan enak dipandang.

Kawasan air terjun Leuwi Lieuk sejuk karena berada di ketinggian. Ini membuat udara dan udara di air terjun cukup dingin. Udara dingin di kawasan air terjun ini tentu saja sangat menyegarkan. Jadi wisatawan bisa betah di sana.

2. Air terjun yang segar dan jernih

Air terjun ini memiliki pesona tersendiri, cukup membuat banyak wisatawan terpesona dan ingin berkunjung lagi dan lagi. Daya tarik yang dimiliki berupa air terjun yang segar dan juga sangat jernih. Keindahannya sangat alami tanpa teknik sedikitpun.

Karena airnya yang begitu jernih, kolam bawah airnya pun berwarna hijau kebiruan. Ini karena sinar matahari memantulkan air yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan hijau.

3. Saudara kembar Green Canyon Pangandaran

Sungai yang menjadi sumber aliran air di air terjun ini diapit oleh tebing bebatuan yang tinggi. Tebing hitam ini memiliki ketinggian lebih dari 10 meter. Banyak tumbuhan liar juga menghiasi panorama di sekitar air terjun ini. Lokasi air terjun juga memiliki keindahan tersendiri.

Tebing tinggi yang mengapit air terjun Leuwi-Lieuk membuat air terjun ini tampak eksotik sekaligus misterius. Sekilas Anda akan menemukan sedikit kemiripan dengan “Green Canyon” di Pangandaran, sebuah destinasi wisata berupa sungai yang diapit tebing tinggi dan dikelilingi hutan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Curug Leuwi LieukSumber gambar: Twitter Jalan-jalan keliling Bogor

Alamat Curug Leuwi Lieuk masih di Desa Cibadak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lebih tepatnya, tempat wisata ini berada di perbukitan Sentul. Perjalanan menuju air terjun umumnya dimulai dari Terminal Baranangsiang Bogor, dengan jarak tempuh 26 km dan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Dari terminal, Anda bisa mengambil jalur barat laut melalui Jalan Raya Bogor. Dari sini masuk ke Tol Jagorawi dan keluar melalui jalur Sentul City. Pastikan untuk berjalan ke Jalan MH dari pintu keluar. Thamrin dan ikuti jalan menuju bundaran.

Di bundaran, ambil jalan keluar #2 menuju Jalan MH. Thamrin. Ikuti jalan tersebut kemudian masuk atau lewati Jalan Bali hingga kembali ke bundaran. Keluar dari bundaran dan ambil rute ke Jungleland Avenue. Dari sana kami melanjutkan melalui Jalan Wangon dan Cibadak.

Perjalanan tidak berakhir dari tempat parkir. Dibutuhkan setidaknya 30 menit berjalan kaki ke air terjun. Pendakian ini harus dilakukan dalam kondisi menanjak, berkelok-kelok, ekstrim dan tanah liat yang masih merah hingga jarak 500m. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkunjung saat kondisi tubuh sedang prima.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket Wisata Air Terjun Leuwi LieukSumber gambar: Twitter Aston Sentul

Setiap wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Curug Leuwi Lieuk harus membayar tiket masuk hanya sebesar 25.000 rupiah. Hadiah ini terdiri dari item entri pertama sebesar 15.000 rupiah dan item entri kedua senilai 10.000 rupiah.

Jumlah ini juga tidak dibedakan berdasarkan hari, jam buka atau usia wisatawan. Namun perlu ditegaskan bahwa nantinya akan ada tambahan biaya parkir bagi setiap wisatawan yang mengendarai kendaraan pribadi. Selain itu, ada biaya tambahan bagi wisatawan yang menyewa pelampung dari provider lokal.

Seperti wisata alam pada umumnya, air terjun cantik ini memiliki jam operasional mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Lokasi selalu buka setiap hari tanpa perbedaan waktu dan biaya. Meski demikian, pihak pengelola memberikan saran untuk memilih waktu terbaik berwisata, yaitu saat musim kemarau.

Dikatakan bahwa antara April dan Oktober adalah waktu yang disarankan. Sedangkan musim hujan merupakan masa pantangan karena kondisi alam terganggu. Dalam kondisi hujan dan licin, jalur trekking menjadi lebih sulit dilalui. Padahal, debit airnya bisa lebih membahayakan keselamatan wisatawan.

Aktivitas seru di Leuwi Lieuk

Kegiatan wisata Air Terjun Leuwi LieukSumber Gambar: Google Maps Astried Marini

1. Berburu foto yang indah

Tentu mengabadikan momen melalui fotografi tidak terlepas dari kebiasaan wisatawan masa kini. Bagi Anda yang berkunjung ke Curug Leuwi Lieuk tidak perlu khawatir kehabisan spot foto. Pemandangan alam yang sangat menarik bisa menjadi bukti liburan yang berkesan.

Formasi bebatuan yang tinggi, air terjun yang sangat jernih, bahkan air terjun yang menembus celah tebing tidak boleh luput dari jepretan kamera Anda. Kontras warna yang eksotik, udara yang sejuk dan air yang segar seakan menjadi gambar yang perlu diabadikan. Tak heran jika tempat ini sering diburu oleh banyak peminat fotografi.

2. Berenang dan bermain air

Tidak asyik pergi ke air terjun tanpa melakukan aktivitas menarik berupa permainan air. Di Leuwi Lieuk Anda bisa bersenang-senang dengan air terjun yang bersih dan sangat jernih. Beruntungnya, karena Anda tidak perlu khawatir dengan derasnya arus khas air terjun. Air terjun cantik ini memiliki debit aliran yang relatif rendah, pelan dan tentunya aman.

Air terjunnya yang tidak terlalu tinggi membuat tempat bermain air ini semakin menyenangkan, bahkan dengan anak kecil sekalipun. Jika ingin bermain air, sebaiknya cari tahu kedalaman air terjun terlebih dahulu.

Untuk bermain air bersama anak kecil, Anda bisa mencoba area yang jauh dari tebing yang airnya tidak terlalu dalam. Airnya yang jernih membuat siapa saja yang berenang atau bermain di air dapat melihat panorama bawah laut dengan jelas. Jangan lupa membawa jaket pelampung jika ingin terapung di atas air.

3. Lompat tebing

Bagian danau yang terletak di air terjun Leuwi Lieuk ini dikelilingi oleh tebing yang relatif tinggi, lebih dari 7 m. Tebing ini sering digunakan oleh banyak wisatawan untuk melakukan aktivitas berupa cliff jumping atau melompat dari tebing ke dalam air. Tentunya kegiatan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai tantangan.

Wisatawan dapat memilih ketinggian bebatuan yang ingin digunakan sebagai tempat melompat. Ketinggiannya sangat bervariasi, mulai dari 3 m, 5 m hingga 6-7 m Melompat dari ketinggian tebing dan mendarat di danau dengan air yang menyegarkan di tengah alam merupakan pengalaman seru yang tak terlupakan.

4. Bersantai dan menikmati pemandangan alam

Jika berhasil sampai di tempat air terjun, Anda akan merasa jauh dari hiruk pikuk kota. Airnya yang mengalir tenang, alamnya asri dan hijau, serta udaranya yang sejuk adalah obat penghilang stres yang paling ampuh. Pastinya bersantai di Curug Leuwi Lieuk bisa membuat hati dan pikiran lebih tentram.

5. Mencoba singgah di air terjun Leuwi Hejo

Sebelum anda mencapai tempat tujuan wisata ini anda akan menemukan Curug Leuwi Hejo. Jaraknya bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit, namun pesonanya tak kalah indah dan sayang untuk dilewatkan. Curug Leuwi Hejo juga cenderung memiliki air yang deras dan danau yang tidak dalam. Jadi Anda bisa bermain air dan menyelam di sana.

Karena airnya memancarkan warna hijau, maka nama air terjun ini mengandung kata “hejo” yang berarti hijau. Anda tidak akan melihat tebing tinggi di air terjun ini. Hanya saja masih banyak bebatuan dan tumbuhan liar yang membuatnya terlihat asri.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas wisata air terjun Leuwi LieukSumber gambar: Twitter Lisa.

Perlu dicatat bahwa lokasi Curug Leuwi Lieuk cukup menantang, jadi jangan heran jika fasilitas disana terbatas. Setidaknya masih ada beberapa fasilitas standar yang setidaknya bisa digunakan oleh setiap wisatawan. Beberapa fasilitas umum tersebut antara lain toilet, mushola, tempat cuci piring dan tempat parkir kendaraan yang luas.

Untungnya, masih banyak kios dan kios makanan di sekitar kawasan wisata. Bahkan, Anda juga bisa menemukan beberapa tempat yang menyewakan pelampung untuk berenang. Anda juga diperbolehkan membawa perlengkapan dan perbekalan pribadi selama tetap menjaga kebersihan dan ketertiban di lokasi wisata.

Selain itu, ada juga toko persewaan lompat tebing yang menyediakan harness atau tali yang kemudian diikatkan di perut dan kaki para wisatawan. Tenang saja karena harga sewa alat ini masih cukup terjangkau sehingga tidak menguras kantong Anda.

Nah itulah tadi beberapa hal yang berbeda dari Curug Leuwi Lieuk yang merupakan salah satu wisata alam unggulan di Sentul. Bagi Anda yang berencana berlibur ke kawasan Bogor, jangan lupa untuk mengunjungi air terjun ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button