Tempat Wisata

Curug Muncar Temanggung – Harga tiket, lokasi dan spot terkini 2023

Curug Muncar Temanggung – Harga tiket, lokasi dan spot terkini 2023

Curug Muncar Temanggung – Temanggung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang kurang dikenal dengan tempat wisatanya karena kurangnya promosi dari daerah dan pihak swasta.

Padahal ternyata Temanggung mempunyai potensi wisata yang sangat bagus, seperti Air Terjun Muncar di Temanggung yang akan kami bahas. Air terjun Muncar Temanggung memang belum banyak dikenal di kalangan wisatawan luar kota. Bahkan banyak wisatawan lokal yang belum mengetahui tentang air terjun tersembunyi ini.

Jadi jika Anda sedang berada di kota tembakau Temanggung, objek wisata alam ini wajib banget dikunjungi untuk mengeksplorasi keseruannya. Pesona alam yang tiada batasnya akan menjadi menu utama eksotiknya Curug Muncar di Jawa Tengah. Datang dan jelajahi indahnya alam Curug Muncar Temanggung segera di hari libur dan akhir pekan.

Lokasi Air Terjun Muncar Temanggung

Lokasi Air Terjun MuncarFoto:

Air Terjun Muncar sendiri terletak di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Terletak di Kecamatan Gemawang, Desa Muncar merupakan kecamatan terluar di Temanggung yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang. Dan dari pusat kota menuju Temanggung dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan menggunakan sepeda motor.

Akses menuju air terjun Muncar

Akses jalan menuju Curug MuncarFoto:

Untuk menuju Air Terjun Muncar, Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota Temanggung atau juga Alun-Alun Temanggung. Setelah sampai di Alun-Alun Temanggung ambil jalan menuju Kecamatan Parakan. Jalan tersebut berada di sebelah Masjid Raya Temanggung.

Jalan menuju Parakan sama dengan jalan menuju kabupaten Wonosobo yang terkenal dengan wisata Dieng. Sesampainya di Kecamatan Parakan, ambil jalur menuju Kecamatan Gemawang dan dilanjutkan ke Desa Muncar.

Karena di Curug Muncar belum tersedia tempat parkir wisata, maka Anda bisa menitipkan kendaraan di rumah warga sekitar. Atau menuju kantor kepala desa dan dilanjutkan berjalan kaki menuju Air Terjun Muncar.

Perlu diingat, mengakses jalur utama wisata alam di Temanggung ini cukup menantang. Karena air terjun ini terletak di daerah pegunungan, jalur menanjak mendominasi.

Meski begitu, beberapa ruas jalan memiliki tikungan yang cukup tajam dan cenderung sempit. Penting bagi Anda untuk menggunakan kendaraan yang dalam kondisi sempurna, sehat, dan tahan kecelakaan.

Selain itu, Anda harus berhati-hati dan ekstra waspada agar bisa sampai dengan selamat di Curug Muncar. Jika anda kesulitan dengan rute menuju lokasi diatas, anda dapat mengikuti peta dibawah ini melalui Google Maps.

Jalur menuju air terjun Curug Muncar

Rute Menuju Curug Muncar TemanggungFoto:

Karena air terjun ini tersembunyi, ada baiknya Anda meminta bantuan warga sekitar untuk membantu Anda sampai ke air terjun tersebut. Atau setidaknya ajaklah teman yang memang paham betul dengan bidangnya.

Menurut kami, jalur yang kami lalui cukup sulit karena pertama-tama kami harus melewati area persawahan yang berpenghuni. Menyusuri lembah hingga ke sungai dengan bebatuan licin. Namun sesampainya di air terjun semua orang sudah lelah dan perjuangannya membuahkan hasil. Dengan wisata alam air terjun yang sungguh indah namun sangat alami.

Biaya masuk air terjun Muncar

Biaya masuk air terjun MuncarFoto:

Jika Anda melengkapi liburan di Curug Muncar, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Masuk dalam daftar wisata Temanggung low budget dan dijamin bikin kantong jebol.

Faktanya, Air Terjun Muncar di Temanggung belum resmi menjadi objek wisata. Oleh karena itu, untuk tiket masuk, objek wisata alam ini belum dilaksanakan artinya gratis.

Pengunjung dipersilakan masuk tanpa harus membayar apa pun. Jika Anda petugasnya, Anda hanya perlu membayar uang parkir di tempat Anda meninggalkan kendaraan.

Sangat menarik bukan? Nikmati berbagai pemandangan mempesona tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk memilih Curug Muncar sebagai destinasi wisata Anda selanjutnya.

jam buka

Jam buka Air Terjun MuncarFoto:

Siapa pun yang ingin menjelajahi Curug Muncar bisa datang kapan pun ia mau. Hingga saat ini, belum ada jam buka resmi wisata di Curug Muncar Temanggung.

Namun, Anda tetap perlu memperkirakan waktu berkunjung dan kondisi cuaca pada hari kedatangan Anda. Musim panas adalah waktu terbaik berlibur ke Curug Muncar untuk memberikan kesan maksimal.

Karena pada saat-saat seperti ini tentu saja panorama sekitar sedang dalam kondisi paling indah. Dan air terjunnya sangat jernih dan segar. Berbeda jika Anda datang ke sini saat musim hujan.

Seperti air terjun kebanyakan, air terjun ini berwarna coklat saat musim hujan dan debitnya meningkat. Tidak disarankan datang ke Curug Muncar jika sering turun hujan.

Selain memperhatikan kondisi cuaca, waktu berkunjung juga tidak kalah pentingnya. Jadi Anda bisa berlibur ke sini pada pagi atau sore hari.

Sebab pada kedua waktu tersebut kondisi alam Curug Muncar lebih teduh dan udaranya segar. Cocok untuk bermain atau bersantai melepas penat setelah beraktivitas berat sehari-hari.

Perabot

Fasilitas menuju air terjun MuncarFoto:

Karena kurangnya pengelolaan yang profesional, objek wisata ini tidak memiliki infrastruktur yang memadai. Bahkan bisa dikatakan tidak ada fasilitas sama sekali di Curug Muncar.

Ini hanyalah tempat di mana kendaraan, jalan setapak, dan toilet disimpan apa adanya. Namun jangan khawatir, meski fasilitasnya terbatas, hal tersebut tidak akan mengurangi daya tarik liburan Anda ke sini.

Justru karena tidak ada campur tangan manusia, kawasan Curug Muncar tetap terjaga keasliannya. Sungguh indah dan Anda bisa terbuai dengan panorama menakjubkan di sekelilingnya.

Oleh karena itu, jika ingin berlibur ke sini, Anda bisa membawa perbekalan sendiri. Bawalah barang-barang yang penting saja dan jangan berlebihan, seperti minuman atau makanan ringan.

Tip berkunjung

Tips berkunjung ke Air Terjun MuncarFoto:

Untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan di objek wisata alam Curug Muncar Temaggung, Anda bisa mengikuti tips berkunjung berikut ini.

  • Waspadai kondisi cuaca pada hari Anda menjelajahi keindahan alam Curug Muncar Temanggung.
  • Anda bisa datang di pagi hari untuk menikmati suasana sejuk, tenang, dan kesegaran udara yang luar biasa.
  • Jangan sampai terlambat karena jika hari sudah gelap disini tidak ada penerangan sehingga bisa berbahaya.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan pakaian ganti jika Anda berencana untuk bermain air di Air Terjun Mucar yang menyegarkan.
  • Sebagai alternatif untuk berganti pakaian setelah bermain air, Anda bisa membawa sarung jika tidak menemukan tempat untuk berganti pakaian.
  • Jangan lupa membawa perbekalan sendiri karena tidak ada warung atau penjual jajanan di kawasan air terjun.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan semua momen indah selama berada di sini.
  • Sangat penting untuk menjaga kebersihan area air terjun dengan membuang sampah di sana. Jika tidak ada cara untuk membuang sampah, lebih masuk akal untuk menyimpan sampah sendiri dan membuangnya sampai Anda menemukan tempat.
  • Berhati-hatilah dan selalu utamakan keselamatan sebagai poin terpenting agar liburan lebih bahagia.

Demikian ulasan singkat salah satu tempat wisata Temanggung di Jawa Tengah dengan pemandangan alam yang mempesona. Ingat, jangan datang ke sini sendirian, mengajak orang tersayang bisa menciptakan pengalaman yang lebih berkesan.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button