Tempat Wisata

Curug Panjang, air terjun mempesona dengan suasana alam yang masih asri di Bogor

Curug Panjang, air terjun mempesona dengan suasana alam yang masih asri di Bogor

Selain panorama alamnya yang memanjakan mata, Curug Panjang di Bogor punya daya tarik tersendiri. Wisatawan bisa berenang, berkemah, dan mendaki dalam satu tur.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Megamendung, Kec. Megamendung, Cab.Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Jika dikatakan bahwa Bogor adalah kota dengan segudang air terjun sepertinya tidak berlebihan. Di berbagai sudut kota, wisatawan bisa menemukan keindahan air terjun yang mempesona. Diantaranya adalah Curug Panjang, sebuah air terjun tersembunyi di sisi barat Gunung Paseban. Dikelilingi hutan, Curug Panjang menawarkan suasana sejuk dan alami.

Hal yang menarik dari Curug Panjang adalah ciri khasnya yang berbeda dengan air terjun lain di Bogor. Meski tidak memiliki ketinggian yang mencolok, namun air terjun ini memiliki bentuk agak landai sehingga menimbulkan ilusi optik layaknya seluncuran air di taman bermain air. Kolam di bawahnya diisi dengan air yang sangat jernih dan murni yang berasal langsung dari mata air Gunung Paseban.

Pengelolaan Curug Panjang berada di tangan Perhutani bersama Kelompok Tani Hutan Wisata. Meski berkonsep wisata alam, namun fasilitas yang tersedia sangat menunjang aktivitas liburan. Tersedia persewaan tenda bagi wisatawan yang tidak membawa tenda saat berlibur ke sini. Lalu apa yang menarik dari air terjun ini?

Cek hotel murah di bogor

Atraksi Air Terjun Panjang

Daya tarik air terjun yang panjangFoto: Google Maps/Andika Andriana

Air terjun ini diperkirakan berada di ketinggian sekitar 1.389 meter di atas permukaan laut, sehingga udara di sini terasa sangat sejuk khas pegunungan. Bagi yang belum terbiasa dengan suhu rendah, disarankan untuk membawa jaket dan pakaian lebih dari satu. Namun keindahan air terjun ini membuat wisatawan melupakan dinginnya cuaca.

Apalagi dengan daya tariknya, Curug Panjang Bogor mampu menghipnotis seluruh pengunjungnya. Meski wisatawan kerap mengunjungi air terjun lainnya, namun air terjun ini tetap memiliki pesona tersendiri yang mampu membuat orang takjub.

✦ Keindahan Wisata Air Terjun Panjang

Yang menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun ini tentu saja adalah keindahan dari air terjun itu sendiri, keindahan tersebut terlihat dari bentuk air terjunnya yang berupa lereng dengan panjang sekitar 20 m. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati air terjun, tapi juga pepohonan yang rimbun.

Tebing-tebing yang mengelilingi lokasi ini membentuk lingkaran sehingga air kolam tidak dapat menjangkau area lain. Diameter kolam 20 m dan airnya sangat jernih.

Kolam ini berdiameter 20 m dan berisi air yang sangat jernih. Wisatawan pasti akan terpesona karena ingin menyentuh dan menikmati kesegaran perairan berwarna biru kehijauan tersebut. Kolam ini bisa digunakan sebagai tempat berenang atau bermain air. Saluran air di air terjun ini berasal dari Sungai Cirangrang.

✦ Alamnya masih asri

Setiap langkah yang Anda ambil disambut oleh pepohonan yang menjulang tinggi. Ada juga semak yang bergerak tertiup angin. Selain itu, bebatuan khas daerah pegunungan menyambut baik pengunjung. Di dekat Air Terjun Panjang juga terdapat sawah dan perkebunan.

Trip trekking air terjun cikawah bogor

Kalaupun beruntung, wisatawan bisa mengagumi nuansa kuning kehijauan. Saat padi sudah siap dipanen, menuju area air terjun kita bisa mendengar suara air yang jatuh ke dalam kolam. Suasananya yang tenang membuat percikan airnya sangat jernih. Suara ini terasa sangat menyegarkan telinga yang bosan dengan suara perkotaan.

✦ Bukan sekedar air terjun

Air Terjun Panjang tidak hanya diairi oleh Sungai Cirangrang, namun ada air terjun lain di dekatnya. Beberapa diantaranya adalah Curug Naga dan Curug Cibulao yang keduanya mempunyai keunikan tersendiri. Curug Naga lebih mudah diakses dibandingkan Curug Cibulao. Namun kedua tempat ini masih dapat dicapai dengan berjalan kaki, meski koneksi jalan raya kurang baik.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun PanjangFoto: Google Maps/Herman Syah

Air terjun ini terletak di Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Jika wisatawan berangkat dari pusat kota Bogor, Curug Panjang Bogor dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam 30 menit. Koneksi jalan di sini sangat baik dan dapat digunakan oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Temukan Leuwi Hejo dan Leuwi Lieuk Bogor

Biaya masuk wisata alam

Wisata air terjun ini termasuk dalam wisata yang dikelola pemerintah. Sebab, harga tiket wisatawan mancanegara dan domestik berbeda. Wisatawan domestik hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000 per orang. Namun untuk wisatawan dari luar negeri dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 per orang.

Biaya parkir tidak termasuk dalam biaya ini. Biaya parkir di sini hanya Rp 3.000 baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Jangan lupa siapkan uang ekstra jika ingin berenang. Harga sewa pelampung mulai dari Rp 15.000.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas menyenangkan di Air Terjun PanjangFoto: Google Maps/Herman Syah

Seperti halnya air terjun lainnya, wisatawan yang berkunjung bisa berenang di kolam atau sekedar menikmati pemandangan. Air terjun yang panjang ini juga memiliki kontur landai seperti perosotan. Jadi ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan sesampainya di sini. Mulai dari trekking, camping dan masih banyak lagi.

1. Trekking

Kegiatan ini pasti dilakukan oleh wisatawan ketika menginap di Curug Panjang. Sebab untuk mencapai kawasan air terjun harus mendaki. Setelah kendaraan diparkir dan tiket dibayar, wisatawan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak setebal 1 meter.

Meski pendakian ini singkat, hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit saja. Meski demikian, berjalan kaki tidak melelahkan berkat pemandangan mempesona di kedua sisi jalan. Di sebelah kanan, mata Anda akan disuguhi keindahan lembah hijau segar. Pohon-pohon besar yang tumbuh di sepanjang jalan menambah keindahan dan memberikan keteduhan.

Dan bonusnya, wisatawan akan menjumpai air terjun dengan arus tenang di tengah jalur. Air terjun ini berada tepat di sebelah jalur pendakian. Lebih tepatnya di sini wisatawan akan menemukan selokan kecil di bawah jalur trekking yang mengalirkan air. Aliran air ini bisa digunakan untuk mencuci atau mengambil foto sebagai oleh-oleh.

2. Bermain dan berenang di Kolam Curug Panjang

Akan terasa hampa jika mengunjungi air terjun tanpa berenang dan bermain air. Suara gemericik air seolah mengundang wisatawan untuk bergegas masuk. Terdapat kolam yang cukup besar tepat di bawah air terjun. Biasanya banyak orang yang bermain di area ini.

Kedalaman cekungan ini tidak seragam, bagian terdalam berada di tengah. Pihak pengelola menyediakan jaket pelampung kepada pengunjung agar keamanannya terjamin. Mereka yang memilih untuk tidak berenang di kolam dapat menikmati kawasan sungai. Biasanya tempat ini dipenuhi anak-anak yang bermain dan menikmati sejuknya air. Wisata air terjun ini cocok untuk semua kalangan.

3. Berkemah

Kawasan Curug Panjang Bogor juga luas, sehingga Anda bisa mendirikan tenda dan berkemah di sini. Pengunjung bisa berdiam diri di tepian sungai dan menikmati kesunyian malam dengan latar belakang suara gemericik air terjun yang mampu menenangkan pikiran dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Jika ingin berkemah, pastikan membawa segala perlengkapan yang dibutuhkan, karena stand yang ada di area tersebut hanya buka hingga sore hari.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Air terjun yang panjangFoto: Google Maps/Andika Andriana

Fasilitas yang diberikan oleh pemandu wisata juga cukup lengkap. Selain fasilitas penunjang seperti tempat parkir, toilet, dan musala, wisatawan juga bisa dengan mudah menemukan warung-warung. Silakan pilih menu mana yang ingin Anda santap karena hidangan di sini cukup banyak. Untuk meminimalisir risiko tenggelam, tersedia juga persewaan peralatan renang.

Berwisata ke air terjun merupakan liburan yang tepat jika ingin sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk pusat kota. Suasananya yang masih rindang dan terawat membuat tempat ini terasa sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Curug Panjang merupakan tempat wisata untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti akan menikmati waktu liburannya disini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button