Tempat Wisata

Curug Tonjong, surga alam eksotis yang tersembunyi di Majalengka

Terletak di Majalengka, Curug Tonjong merupakan surga alam eksotik yang memukau dengan pendopo yang menawarkan pengunjung tempat beristirahat yang nyaman di tengah keindahan alam yang mempesona.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 07.00 – 17.00 WIB, Alamat: Teja, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Tonjong merupakan destinasi wisata alam di Jawa Barat, Majalengka, tepatnya di Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh. Bagi yang belum pernah berkunjung ke kawasan ini, tak perlu khawatir. Pengunjung dapat menggunakan aplikasi di smartphone untuk menemukan tempat wisata ini.

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa tempat wisata ini sangat menarik dan tidak pernah sepi kunjungan wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Setelah sempat ditutup untuk wisatawan karena mudah longsor, kawasan ini akhirnya dibuka kembali pada tahun 2015 bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan alam di tempat ini.

Pesona keindahan alamnya memikat setiap pengunjungnya, dilengkapi dengan pemandangan Curug Tonjong yang jernih dan sejuk. Terdapat sebuah jembatan kayu yang dulunya merupakan jembatan bambu yang diperuntukkan bagi wisatawan untuk berjalan-jalan dan menikmati pemandangan di sekitar air terjun ini.

Daya tarik Air Terjun Tonjong

Objek wisata Air Terjun TonjongFoto oleh Sony Abiseka di Google Maps

1. Pesona air terjun

Curug Tonjong merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Cermai dan memanjakan mata pengunjung dengan keindahan alamnya. Bebatuan di sepanjang sungai juga mempercantik penampilannya.

Berada di ketinggian sekitar 4 meter, derasnya aliran air dari ketinggian menimbulkan suara menderu dan terlihat sangat indah. Rimbunnya pepohonan dan letaknya yang berada di antara bebatuan membuat air terjun ini semakin mempesona.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Karena dinginnya suhu di sekitar air terjun, banyak pengunjung yang ingin merasakan kesejukan airnya. Tempat ini sangat populer di kalangan pengunjung sehingga bisa diambil foto secara instan

2. Jembatan bambu

Jembatan ini berfungsi sebagai akses masuk bagi pengunjung yang ingin leluasa menikmati keindahan Curug Tonjong. Saat ini jembatan tersebut telah diganti dengan jembatan kayu untuk menghindari risiko penggunaan bambu sebagai material jembatan.

Tak jarang banyak pengunjung yang juga memanfaatkan jembatan ini sebagai tempat mendokumentasikan keindahan alam. Berjalan melintasi jembatan, bercengkrama dan menikmati keindahan alam menjadi momen tak terlupakan bagi siapapun yang pernah mengunjungi objek wisata ini.

3. Aliran sungai

Kondisi air yang dingin, jernih, dan tidak kotor, didukung aliran air yang tidak deras seperti air terjun di pegunungan lainnya menjadi keunggulan Curug Tonjong. Sungai ini kerap memikat pengunjungnya untuk memanjakan tubuh dengan sekadar berenang atau bermain air.

Banyaknya bebatuan di sepanjang aliran sungai menambah eksotisme aliran sungai. Apalagi aliran airnya sangat jernih sehingga pengunjung bisa melihat hingga ke permukaan tanah

4. Paviliun Saung

Bagi pengunjung yang kesulitan untuk mencapai air terjun, tersedia pendopo untuk bersantai menikmati keindahan alam objek wisata ini. Jajanan atau makanan berat yang dibawa pengunjung bisa dinikmati bersama keluarga di gubuk pendopo di sekitar Air Terjun Tonjong.

5. Pemandangan alam yang indah

Rasa takjub dan kagum terhadap ciptaan Tuhan akan dirasakan pengunjung saat memasuki objek wisata ini. Banyaknya tanaman hijau subur serta bebatuan dengan berbagai bentuk memberikan keunikan tersendiri pada air terjun ini. Batu-batu yang terdapat di sepanjang aliran sungai menambah pesona air terjun.

Gemericik air berpadu dengan sejuknya udara pegunungan membuat pengunjung betah berlama-lama berada di tempat ini hingga terkadang lupa pulang. Inilah keindahan alam air terjun yang sungguh memanjakan mata setiap pengunjungnya

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun TonjongFoto oleh Emmed di Google Maps

Karena Air Terjun Tonjong terletak di kota bernama Majalengka di Provinsi Jawa Barat, maka sangat mudah dijangkau oleh siapa saja yang ingin berkunjung. Jaraknya kurang lebih 18 km dengan waktu tempuh sekitar 35 menit dengan kendaraan. Ambil jalan Rajagaluh-Teja menuju jembatan bernama Tanjakan Pokek.

Setelah sampai di lereng, pengunjung belok kiri dan akan melihat spanduk. Spanduk ini mengarahkan pengunjung ke lokasi yang dituju. Di kawasan ini pengunjung khususnya pengendara perlu sedikit lebih waspada karena jalan menuju lokasi air terjun banyak berlubang dan tidak lebar.

Pengendara yang hendak berkendara menuju lokasi harus memarkir kendaraannya di kawasan pemukiman dan dilanjutkan dengan berjalan kaki atau menggunakan ojek yang tersedia setiap saat untuk mengantarkan hingga tujuan.

Keuntungan lainnya bagi pengendara sepeda motor adalah dapat menuju tempat parkir yang tersedia. Dari tempat parkir ini perjalanan sudah dekat dengan tempat tersebut, bahkan terdengar suara gemuruh air terjun.

Biaya masuk dan jam buka

Keindahan alam Air Terjun Tonjong dapat anda nikmati setelah kita membayar tiket masuk dengan harga 15.000. Dengan biaya tersebut, Anda bisa menikmati segala keindahan alam di sini dengan puas.

Tempat wisata menawan ini dibuka setiap hari oleh pihak pengelola. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam tempat ini mulai pukul 07.00 hingga 17.00.

Pihak pengelola menyediakan waktu 10 jam bagi seluruh pengunjung yang ingin memanjakan mata dan pikiran dengan keindahan alam yang tersaji di sini. Tiket masuk yang murah dan tentunya suasana yang nyaman membuat kawasan wisata ini tetap ramai apalagi saat hari libur dan tidak pernah sepi.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Air Terjun TonjongFoto oleh Endang Tirtana di Google Maps

dokumentasi

Siapapun yang berkunjung ke objek wisata ini pasti akan memanfaatkan tempat-tempat menarik tersebut untuk mengabadikan momen liburannya. Air terjun yang diberkahi dengan suara air terjun dan arus yang deras membuat tempat ini menjadi tempat menarik yang selalu menjadi tujuan pengunjung.

Tempat menarik sudah tersedia sejak Anda memasuki kawasan wisata hingga tepat di bawah air terjun Curug Tonjong. Kepuasan siapa pun yang berlibur bisa berupa menghasilkan foto instan yang melengkapi koleksi foto pribadinya

Menyelam, berenang dan bermain air

Dinginnya air dan suara air terjun memikat semua orang untuk merasakan air di sini. Namun anak-anak tidak disarankan untuk berenang di sekitar air terjun karena arusnya cukup deras. Bermain air di dekat bebatuan bisa dilakukan bersama sekeluarga.

Suara air terjun membuat pikiran kita lebih segar. Pengunjung dewasa yang pandai berenang dan menyelam bisa memanfaatkan arus sungai di sekitar air terjun. Namun pengunjung harus tetap waspada karena batu yang licin bisa berbahaya bagi pengunjung mana pun.

Menikmati keindahan alam Curug Tonjong

Bagi pengunjung yang tidak dapat menuju air terjun karena keadaan tertentu, seperti pengunjung lanjut usia atau keadaan lainnya, tersedia pendopo di situs Curug Tonjong. Di sini pengunjung bisa menikmati alam sekaligus bersantai.

Anda juga bisa makan bersama keluarga di gubuk pendopo ini. Suasananya yang sejuk dan alami membuat momen makan bersama semakin seru dan menciptakan kenangan tak terlupakan. Suara gemericik air terjun masih bisa kita dengar meskipun kita tidak berada langsung di bawah air terjun.

Sepanjang jembatan kayu

Jembatan kayu yang sebelumnya terbuat dari bambu ini membentang di sepanjang lokasi hingga titik utama Air Terjun Curug Tonjong. Berjalan melintasi jembatan serta gemericik air dan udara sejuk akan membuat momen liburan Anda tak terlupakan. Banyak juga pengunjung yang tak lupa membawa dokumen saat berjalan melintasi jembatan ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun TonjongFoto oleh Relawan Jaringan Karna Sobahi di Facebook

Meski terbilang baru, objek wisata ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Fasilitas yang tersedia antara lain musala, tempat parkir, warung dan gubuk kecil, toilet serta akomodasi. Objek wisata ini memiliki semuanya.

Keistimewaan lain yang digemari pengunjung adalah banyaknya spot foto menarik yang dimulai saat pertama kali memasuki tempat tersebut dan berakhir di Air Terjun Tonjong. Tersedia musala bagi umat muslim yang ingin menikmati keindahan alam tanpa melupakan kewajiban shalat. Penting untuk berlibur tanpa mengorbankan kewajiban agama Anda.

Tersedia akomodasi di kawasan ini bagi pengunjung yang ingin bermalam. Akomodasi yang tersedia dilengkapi dengan fasilitas seperti akomodasi umum. Tentunya dengan harga yang murah dan terjangkau. Tempat parkir kendaraan cukup luas dan dapat menampung kendaraan pengunjung.

Bagi pengemudi, parkir kendaraan hanya dapat dilakukan di kawasan pemukiman, setelah itu pengunjung dapat berjalan kaki atau menggunakan ojek yang tersedia di sekitar lokasi. Namun bagi pengendara sepeda motor, kendaraannya bisa diparkir di tempat dekat Air Terjun Tonjong

Pengunjung tidak perlu khawatir atau takut kelaparan karena di tempat ini pengunjung dapat menikmati kuliner khas daerah Jawa Barat khususnya Majalengka. Terdapat warung-warung dan warung-warung kecil yang siap menggoda selera Anda dengan hidangan uniknya.

Curug Tonjong destinasi yang sangat indah dengan berbagai fasilitasnya pasti akan menjadi destinasi bagi siapapun yang ingin berlibur. Letaknya yang strategis di kota Majalengka, aksesibilitas yang mudah serta pemandangan alam yang indah menjadikan tempat ini sebagai destinasi liburan utama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button