Tempat Wisata

Danau Belibis: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Danau Belibis: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Keindahan alam Kerinci menawarkan berjuta pesona yang mampu menyihir mata manusia. Daerah julukan Sepotong surga Terdapat berbagai tempat wisata alam yang menarik dan unik. Kawasan ini tidak hanya terkenal dengan Gunung Kerinci saja, namun juga memiliki danau yang tidak hanya menyimpan keindahan namun juga misteri. Danau tersebut adalah Danau Belibis.

Dibandingkan Danau Kerinci atau Danau Kaco, tempat wisata ini kalah populer. Namun daya tarik utamanya adalah permukaan air yang jernih dan populasi capercaillie yang sering berkumpul di sekitar danau. Keindahan Gunung Kerinci yang bisa dinikmati dari lokasinya di tepi danau juga menjadi daya tarik wisatawan.

Danau Belibis

Secara geografis Danau Belibis terletak di Kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Danau ini terletak sekitar 43 kilometer dari kota Sungai Banyak dan jika wisatawan ingin mengunjunginya harus menempuh perjalanan satu hingga satu setengah jam. Sedangkan wisatawan dapat berkendara melalui Desa Gunung Labu, Desa Kebun Baru, atau Desa Giri Mulyo.

Bahkan, wisatawan bisa mencapai resor danau tersebut dengan menggunakan angkutan umum. Namun wisatawan disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena sulitnya menemukan angkutan umum di kawasan ini. Selain itu, akses jalan menuju danau ini juga belum memadai sehingga wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan mendaki melewati hutan dan perkebunan masyarakat setempat.

Pesona Danau Belibis

Terletak di kaki Gunung Kerinci pada ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, danau ini seolah dilindungi hutan lebat. Untuk menikmati keindahannya, wisatawan harus menjelajah hutan lebat yang menjadi tempat hidup berbagai satwa liar. Dalam perjalanan ini Anda akan merasakan suasana lestari dan alami berpadu dengan segarnya udara dataran tinggi.

Seluas sekitar 2 hektar, danau air tawar ini juga menjadi sumber air minum bagi satwa liar di sekitarnya. Tak jarang wisatawan menjumpai berbagai jenis satwa seperti ular, kera, burung hutan bahkan harimau. Volume airnya tidak terlalu besar, namun pada musim kemarau pun tidak pernah terjadi kekeringan di danau tersebut.

Danau Belibis

Menurut sejarahnya, danau ini tergolong danau tektonik yang terbentuk pada masa lalu akibat aktivitas Gunung Kerinci. Lokasi Danau Belibis juga masih menjadi bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat. Wisatawan yang pernah mendaki Gunung Kerinci bisa melihat dengan jelas keindahan danau dari puncak gunung berapi yang masih aktif ini.

Tak hanya cantik, pesona telaga pun semakin menggugah rasa penasaran dengan kisah-kisah misterius yang menyelimutinya. Penduduk setempat pun menganggap danau ini tidak hanya sebagai danau saja, namun juga sebagai bagian dari sejarah negara Kerinci. Ada cerita yang mengatakan bahwa bunga capercaillie yang ada di sekitar danau merupakan perwujudan dari orang-orang yang mengunjunginya dan tidak pernah kembali lagi.

Sebenarnya cerita ini cukup menakutkan. Faktanya, banyak orang yang mempercayai cerita tersebut sehingga tidak berani mengunjungi danau tersebut. Menurut penduduk setempat, cerita ini terjadi sebelum perkebunan teh dibuka oleh pemerintah Hindia Belanda. Selain itu, masih banyak versi cerita lain yang bakal bikin merinding.

Terlepas dari segala cerita misterius yang melingkupinya, keindahan panorama Danau Belibis sulit untuk diabaikan begitu saja. Berbagai pepohonan hijau besar dan air yang tenang menciptakan suasana damai dan menenangkan jiwa. Selain itu, dari telaga ini wisatawan bisa menyaksikan Gunung Kerinci yang menjulang megah.

Fasilitas Danau Grouse

Namun sangat disayangkan fasilitas di Danau Belibis sangat buruk. Wisatawan tidak akan menemukan fasilitas seperti tempat parkir, toilet, atau musala. Lokasinya yang cukup jauh dari pemukiman penduduk akan menyulitkan wisatawan. Akses jalan menuju danau hanya berupa jalan setapak sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Sangat disayangkan hutan di sebelah pintu masuk danau kini berubah menjadi ladang pertanian. Hal ini juga berdampak pada berkurangnya sumber air seiring dengan menyusutnya daerah aliran sungai. Kini dilaporkan populasi hewan di sekitar danau juga semakin menurun dan hewan liar yang biasa minum di sekitar danau sudah tidak ditemukan lagi.

Baca juga:

Pengunjung tentu akan kesulitan menemukan pedagang dan warung di sekitar danau. Oleh karena itu sebaiknya persiapkan perbekalan berupa makanan dan minuman sebelum kunjungan Anda. Kalau tidak, tidak ada akomodasi terdekat di sekitar danau. Jika wisatawan ingin bermalam bisa menuju Kota Sungai Banyak.

Telaga Belibis menjadi destinasi wisata yang bisa menjadi alternatif saat berkunjung ke Kerinci. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan traveler di danau.

Menikmati keindahan danau

Jika Anda seorang pecinta alam, telaga ini bisa menjadi tujuan wisata di akhir pekan atau hari libur. Suasana dataran tinggi Kerinci yang terkenal akan memanjakan Anda. Di danau ini Anda bisa menikmati segarnya udara dan rimbunnya hutan yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat. Namun sebaiknya tidak berenang di danau ini karena sangat berbahaya.

Panorama yang ditawarkan sangat indah, dari danau ini Anda bisa menikmati pemandangan megah Gunung Kerinci. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat berbagai satwa liar seperti kelompok capercaillie, monyet, kera dan juga burung liar. Istirahat yang diberikan akan langsung menghilangkan rasa lelah yang Anda rasakan selama perjalanan jauh.

Perburuan Foto

Bagi para fotografer yang gemar memotret keindahan alam, telaga ini juga menjadi pilihan tepat untuk berburu foto. Ada banyak panorama alam yang menakjubkan untuk difoto. Dari danau Anda bisa memotret Gunung Kerinci dan menikmati panorama danau yang dikelilingi hutan lebat. Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar danau ini untuk spot foto yang lebih menarik.

Wisatawan yang senang berfoto selfie dan mengunggahnya ke akun media sosial juga bisa memanfaatkan keindahan danau ini. Anda bisa berfoto selfie dengan latar belakang Gunung Kerinci atau permukaan air danau yang sangat tenang. Kumpulan capercaillie yang terkadang muncul akan membuat foto Anda semakin indah.

Baca juga:

Biaya masuk Danau Belibis

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam Buka Danau Grouse

Peta lokasi Danau Belibis

Tips Menuju Danau Belibis

  • Sebelum berkunjung, pastikan cuaca cerah.
  • Jangan memaksakan diri untuk datang ke danau saat hujan, karena medannya akan semakin sulit untuk dilalui.
  • Bawalah barang secukupnya untuk memudahkan perjalanan Anda.
  • Sebaiknya ajak beberapa teman agar perjalanan ke danau ini semakin seru dan penuh peristiwa.
  • Bawalah pakaian hangat karena udara di danau ini sangat dingin.
  • Jika Anda belum pernah ke danau ini sebelumnya, sebaiknya tanyakan arah kepada masyarakat setempat.
  • Amati bahasa dan perilaku Anda di lokasi danau.
  • Ikut serta dalam melestarikan alam dan jangan merusak keindahannya.
  • Jaga kebersihannya dan jangan pernah membuang sampah ke danau.

Galeri Foto Danau Grouse

Selamat datang di Danau Grouse
Potret Danau Belibis
Potret Danau Grouse dari udara
Berburu foto di pinggir danau
Berburu foto di jembatan
Bermain di Danau Belibis
Fasilitas saung untuk istirahat

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button