Tempat Wisata

Danau Buatan Pekanbaru, panorama alam indah yang mampu memikat hati

Danau Buatan Pekanbaru, panorama alam indah yang mampu memikat hati
harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Daerah. Pesisir Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau; map: Cek lokasi

Danau Buatan Pekanbaru merupakan tempat wisata yang sebelumnya dijadikan sebagai tempat irigasi dan kemudian diubah menjadi danau oleh pemerintah setempat. Danau ini menjadi terkenal setelah PON 2012 digelar di Provinsi Riau.

Keindahan tempat ini terletak pada letak geografisnya yang berada di tengah kota dan jernihnya air danau. Untuk mengakses tempat ini juga cukup mudah karena pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk sampai ke sana.

Pengunjung yang datang ke danau buatan Pekanbaru dapat menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan, seperti jembatan panjang menuju danau dan juga toilet umum. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati panorama alam yang masih asri dari danau ini.

Tempat wisata yang memiliki danau buatan

Objek wisata danau buatanKredit foto: Instagram Sahala Pane

Danau buatan di Pekanbaru terletak di Kecamatan Rumbai Timur dan Ring Road Kota Pekanbaru. Lingkungan yang indah membuat danau ini menarik bagi wisatawan lokal.

1. Pemandangan alam yang indah

Pekanbaru merupakan kota yang mendapat piagam Adipura karena kebersihannya. Dan pemerintah setempat pun turut andil dalam menjaga keindahan lingkungan danau.

Daerah sekitarnya masih dipenuhi pepohonan rindang, dan bunga-bunga yang tumbuh di sekitar danau bisa menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, air di danau ini juga menyegarkan.

Pemandangan di danau buatan Pekanbaru tidak akan membuat bosan pengunjung. Karena suasana di sekitar danau memang mendukung untuk bisa bersantai sejenak.

Danau ini juga cocok bagi pengunjung yang ingin mengadakan kegiatan seperti piknik keluarga. Hal ini dapat terjadi karena tepi danau yang besar.

2. Banyak spot foto menarik

Danau buatan Pekanbaru terkenal di kalangan wisatawan lokal sebagai spot foto yang bagus. Banyak spot foto yang tersedia gratis di danau ini.

Pengunjung bisa berfoto di jembatan yang memanjang ke danau atau di tepi danau. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto di sekitar danau.

Salah satu spot foto yang bagus adalah jembatan yang membentang ke tengah danau. Dekorasi di jembatan ini sengaja dibuat warna-warni untuk menarik pengunjung.

3. Air jernih

Objek wisata yang dimiliki oleh danau buatanKredit foto: Instagram Doni Samuel Sembiring

Air yang mengalir di danau ini sangat jernih hingga mencapai dasar danau. Oleh karena itu, pengunjung akan merasa nyaman berada di danau ini.

Ikan-ikan yang hidup di danau juga sering berenang kesana kemari. Hal ini dapat membuat tinggal lebih lama lebih nyaman bagi pengunjung.

Pengunjung dapat menikmati air yang mengalir di danau buatan Pekanbaru sepanjang waktu. Karena curah hujan di daerah ini juga stabil sepanjang waktu.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan kebersihan air danau. Pasalnya, pemerintah kerap mendorong para pekerja untuk membersihkan fasilitas sanitasi di kawasan tersebut.

4. Pemandangan matahari terbenam yang luar biasa

Saat sore hari tiba, pengunjung juga bisa menikmati sunset. Matahari terbenam akan membuat pengunjung merasa seperti berada di rumah sendiri.

Kawasan ini juga dikenal sebagai tempat anak muda menghabiskan sore hari dengan bersantai. Karena topografi yang luas telah berhasil membuat panorama danau semakin indah.

Pengunjung bisa duduk santai dan menikmati sunset di atas jembatan. Atau Anda bisa menikmati keindahan alam di tepi danau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Danau Buatan PekanbaruKredit foto: Instagram Sumatra Indonesia

Untuk menuju Danau buatan Pekanbaru, pengunjung tidak perlu repot. Hal itu terjadi karena danau ini masih berada di tengah kota.

Saat pengunjung datang, ada dua pilihan kendaraan yang bisa digunakan pengunjung, pengunjung bisa memilih naik kendaraan umum seperti bus, angkot, dan ojek. Atau menggunakan kendaraan pribadi pengunjung.

Pengunjung perlu berkendara kurang lebih 20 menit untuk sampai ke danau ini. Dari pusat kota, pengunjung dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Dari Pekanbaru, pengunjung harus menuju Jalan Jenderal Sudirman lalu berbelok sedikit ke utara. Setelah itu, pengunjung dapat berkendara ke Jembatan Siak.

Setelah melintasi Jembatan Siak yang merupakan salah satu landmark kota Pekanbaru di Provinsi Riau, pengunjung melanjutkan perjalanan ke Jalan Sembilang. Kemudian pengunjung tiba di Jalan Pramuka.

Di Jalan Pramuka, pengunjung akan menemukan belokan menuju salah satunya yang mengarah ke danau buatan. Pengunjung cukup mengikuti petunjuk, lalu pengunjung sampai ke danau.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Danau buatan PekanbaruKredit foto: Google Maps Frederick Tarigan

Untuk sampai ke danau buatan di Pekanbaru, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 5.000. Harga dapat berubah, jadi pastikan untuk membawa biaya tambahan sebelum masuk.

Begitu masuk, biaya lain yang berlaku bagi pengunjung adalah biaya parkir. Jika pengunjung menggunakan mobil, biayanya Rp 5.000 dan untuk sepeda motor Rp 2.000.

Harga ini relatif murah dibandingkan dengan pemandangan yang didapatkan pengunjung setelah memasuki gedung. Karena pemandangan di danau ini sangat bagus untuk dinikmati.

Biaya lain yang harus dibayar pengunjung adalah ketika pengunjung membeli makanan atau mainan dari pedagang di sekitar danau. Namun, ini adalah individu.

Harga sembako di pedagang sekitar telaga tidak jauh berbeda dengan harga sembako di luar dana. Begitu pula dengan harga mainan atau souvenir.

Aktivitas menarik di danau buatan

Aktivitas di danau buatanKredit foto: Google Maps Ikhsan Abdullah

1. Berenang di danau

Jika ingin berenang, Anda bisa menyewa jaket pelampung. Harga sewa berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000.00 untuk setiap sewa.

Airnya yang jernih dan danau yang luas membuat pengunjung betah saat berenang. Pengunjung juga bisa berenang ke tengah danau asalkan diawasi.

2. Piknik di danau

Area yang tersedia di sekitar danau dapat digunakan oleh pengunjung untuk rekreasi. Pengunjung dapat membawa perlengkapan piknik pribadi untuk menikmati pemandangan.

Bersantai di tepi danau dan menikmati waktu bersama orang tersayang tentu bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi jika pengunjung bersama seseorang dalam waktu yang lama.

3. Memancing di danau

Banyak tempat di danau ini yang menawarkan pengunjung tempat untuk memancing. Pengunjung dapat bergabung dengan perahu nelayan lokal atau memancing dari tepi danau.

4. Berburu foto

Bagi pengunjung yang ingin berfoto sempurna, bisa mencoba datang ke sini. Karena danau buatan Pekanbaru terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah.

Untuk mengambil foto yang bagus, pengunjung membutuhkan peralatan. Untuk itu, pengunjung wajib membawa kamera yang mumpuni.

5. Nikmati masakan lokal

Kegiatan menarik di danau buatanKredit foto: Instagram Omikushi

Jika pengunjung ingin menikmati cita rasa lokal yang lezat, pengunjung bisa mencoba membeli sembako dari pedagang kaki lima. Ada banyak kios di sekitar danau yang menawarkan makanan olahan kepada pengunjung.

Selain itu, harga para pedagang juga murah. Karena pengunjung bisa membeli langsung dari dealer.

6. Fitur air

Pengunjung tetap bisa menikmati seluncuran air di danau meskipun pengunjung tidak bisa berenang. Karena air di tepi danau tidak begitu dalam.

Pengunjung dapat melangkah ke tepi danau dan kemudian bermain permainan air bersama dengan orang yang mereka cintai. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai fitur air.

Saat ini perosotan air yang tersedia adalah kano. Pengunjung bisa menyewa sampan dari warga sekitar untuk mengelilingi danau.

7. Mainkan Ayunan

Di sekitar danau terdapat ayunan yang bisa dimainkan pengunjung dengan bebas. Pengunjung tidak dipungut biaya apapun jika ingin bermain ayunan.

Banyaknya pohon yang tumbuh menopang goyangan tersebut. Karena lingkungan masih sangat bagus.

Pengunjung akan menemukan wahana ayunan di sekitar danau. Lebih tepatnya, di lingkungan sekitar dealer lokal.

8. Beli mainan baru

Banyaknya pedagang di sekitar telaga juga ikut menyumbang barang yang dijual. Salah satunya adalah mainan seperti kapal yang terbuat dari besi dan berbahan bakar minyak.

Pengunjung dapat membeli mainan ini untuk pengunjung yang akan datang untuk bermain di danau. Pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Fasilitas yang tersedia di Area Danau

Fasilitas Danau buatan PekanbaruSumber gambar: Info Facebook PKU

Danau Buatan Pekanbaru memiliki beberapa fasilitas yang disediakan khusus untuk pengunjung. Diantaranya toilet umum, tempat parkir, spot foto dan juga padang rumput yang luas.

Danau ini juga menawarkan fasilitas lain seperti kios-kios pedagang lokal yang menunggu pengunjung. Di lokasi ini juga terdapat tempat ibadah bagi pengunjung.

Sebagai tempat wisata populer di kalangan masyarakat umum selama beberapa tahun hanya karena acara PON di daerah Riau. Tentunya fasilitas tersebut terbilang cukup lengkap.

Sejauh ini, pemerintah masih berusaha untuk memajukan sektor fasilitas yang tersedia. Salah satunya adalah renovasi teater di sekitar danau.

Itulah beberapa kelebihan, keindahan, aktivitas dan fasilitas Danau buatan Pekanbaru. Sebagai tempat wisata lokal yang bagus, tentunya tempat ini bisa masuk dalam wish list pengunjung sebagai destinasi wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button