Tempat Wisata

Danau Cileunca di Bandung: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bandung terkenal dengan wisata yang seru dan unik. Tidak mengherankan jika wisatawan menjadikan Bandung sebagai tujuan wisata mereka. Salah satu tempat wisata alam di Bandung yang paling terkenal adalah Telaga Cileunca di Pengalengan Bandung.

Wisatawan dapat bersantai dan melepas penat di danau ini. Udaranya yang sejuk dan jauh dari hiruk pikuk kota menjadi obat tersendiri bagi pengunjung.

Lokasi Danau Cileunca

Danau CileuncaDanau Cileunca Sumber: instagram.com/inririani

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Danau Cileunca: Alamatnya adalah Pengalengan Bandung, lebih tepatnya Jalan Situ Cileunca, Danau.

Untuk menuju ke sini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan menempuh jarak sekitar 59 km dari pusat kota Bandung. Perjalanan juga memakan waktu sekitar satu setengah jam.

Biaya masuk ke Danau Cileunca

Tiket masuk ke danau ini cukup terjangkau. Dengan tiket ini Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar Danau Cileungsi.

Daftar tiket masuk danau ini adalah sebagai berikut:

  • Biaya masuk untuk dewasa: Rp 5.000
  • Biaya masuk untuk anak-anak: Rp 2.500
  • Harga parkir mobil: Rp 4.000

(Diperbarui Maret 2023)

Namun, harga tiket di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Hal ini tergantung pada kebijakan pengelola.

Jam operasional di Danau Cileunca

Danau Cileunca buka 24 jam sehari, setiap hari. Jadi Anda bebas mengunjungi danau ini kapan saja. Namun, disarankan agar Anda datang pada pagi hari agar bisa menikmati berbagai wahana yang ditawarkan dengan lebih leluasa.

Peta lokasi Danau Cileunca

Fasilitas di Danau Cileunca

Fasilitas di Danau CileuncaDanau Cileunca Sumber: instagram.com/lugoes_pics

Karena Danau Cileunca merupakan salah satu tempat wisata alam paling populer di kota Bandung, fasilitas di sana juga cukup memadai. Ada banyak fasilitas umum yang tersedia untuk menawarkan pengunjung lebih banyak kenyamanan dan membuat mereka betah.

Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir mobil yang luas, toilet, mushola, gazebo dan persewaan peralatan camping. Ada juga boat guide, spot foto menarik, stand makanan, penginapan dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang suka berkemah, di sekitar Danau Cileungsi juga terdapat tempat perkemahan.

Spot foto menarik di Danau Cileunca

Spot foto menarik di Danau CileuncaDanau Cileunca Sumber: instagram.com/yupri

Danau Cileunca memiliki latar belakang pemandangan alam yang menarik dan indah. Tidak jarang danau ini digunakan untuk hunting foto.

Di sini Anda juga bisa berfoto di atas perahu, dengan latar belakang hutan di sekitarnya. Pasti akan ada foto-foto menarik.

Namun jika Anda tidak menemukan perahu di danau ini, maka Anda juga bisa melakukan pose berdiri di tepi danau.

Hotel dan penginapan di dekat Danau Cileunca

Di sekitar Danau Cileunca kita juga bisa menemukan banyak penginapan dengan harga yang cukup terjangkau untuk dipilih sesuai kebutuhan. Berikut daftar penginapan yang paling dekat dengan Danau Clileunca:

Biaya akomodasi ini antara Rp 400.000 dan Rp 2.000.000 per malam.

Itinerary ke Danau Cileunca

Karena itinerary yang menuju ke danau ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dan juga dapat ditempuh dengan kendaraan umum.

Saat menggunakan kendaraan pribadi

Perlu kita ketahui bahwa jarak kota Bandung ke Danau Cileunca sekitar 45 km. Anda bisa menempuhnya dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Di bawah ini adalah rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju Danau Cileunca yang harus Anda lewati jika berangkat dari Jakarta:

  • Dari Tol Buah Batu, Anda bisa berkendara ke Bojongsoang lalu ke Dayeuhkolot. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Banjaran dan Pengalengan lalu sampai di Danau Cileunca.
  • Rute kedua adalah: jika Anda datang dari Tol Baros, pergi ke Nanjung, lalu melewati Patroli dan Cipatik. Setelah itu Anda akan melewati Sorenang, kemudian Banjaran dan Cimaung. Kemudian berkendara ke Pangalengan lagi dan mencapai Danau Cileunca.
  • Kemudian jika Anda mematikan Tol Kopo, perjalanan Anda menuju ke Sayati lalu ke Margahayu. Setelah itu dilanjutkan ke Sorenang dan Banjaran. Setelah melintasi Cimaung dan Pengalengan, Anda akan sampai di Situ Cileunca.

Saat menggunakan transportasi umum

Bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan umum untuk menuju danau ini, rutenya dimulai dari Terminal Leuwi Panjang Bandung. Setelah itu kendaraan ELF dari Leuwi Panjang Bandung arah ke Pengalengan dikenakan biaya Rp 20.000, setelah itu dilanjutkan ke Danau Cileunca dengan angkutan darat hanya dengan biaya Rp 5.000.

Tips Berkunjung ke Danau Cileunca

Tips Berkunjung ke Danau CileuncaDanau Cileunca Sumber: instagram.com/katarina.manalu

Ingin mengunjungi Danau Cileunca? Kami memberikan beberapa tips yang dapat Anda gunakan ketika mengunjungi danau ini.

Jika Anda berkunjung ke danau ini, sebaiknya Anda datang lebih awal agar bisa menikmati semua wahana yang ditawarkan. Jika Anda tidak punya waktu, Anda bisa bermalam di banyak penginapan di sekitar danau.

Selain itu, Anda harus tahu persis rute yang Anda ambil untuk menghindari kemacetan lalu lintas. Anda dapat mengunjungi danau ini di pagi hari untuk menyaksikan para petani pergi ke ladang mereka.

Ada juga larangan mandi bagi pengunjung di telaga ini, karena dinginnya air telaga dapat menyebabkan kram pada pengunjung.

Dan terakhir, siapkan budget agar traveling bersama keluarga semakin nyaman dan menyenangkan.

Gambar dan foto Situ Cileunca di Bandung

Terletak di Cileunca di BandungAkses ke Danau CileuncaDanau Cileunca dari jauhBerbagai aktivitas pengunjungBersantai di tepi Danau CileuncaJembatan di Danau Cileunca

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button