Tempat Wisata

Danau Sano Nggoang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Danau Sano Nggoang merupakan danau vulkanik terbesar di Nusa Tenggara Timur. Danau ini memiliki luas sekitar 5.500 ha dan dianggap sebagai danau terdalam di dunia dengan kedalaman 600 m. Di sepanjang Danau Sano Nggoang terdapat beberapa desa tempat tinggal penduduk setempat.

Kampung pertanian yang tersebar di sekitar kawasan danau ini dihuni oleh sekitar 250 warga di rumah adat yang terbuat dari anyaman bambu. Selain itu, ada juga rumah kayu dan bata modern. Desa-desa tersebut dibatasi oleh danau, bukit, dan perkebunan. Letaknya yang cukup terpencil dan luasnya perkampungan yang hanya dihuni sedikit penduduk membuat pengunjung merasa tenteram di kawasan wisata Danau Sano Nggoang.

Atraksi Danau Sano Nggoang:

Danau Sano Nggoang terletak di ketinggian 750 m di atas permukaan laut. Daya tarik danau ini adalah kandungan belerangnya yang tinggi. Di kawasan danau wisata ini, bau belerang cukup menyengat. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati pengalaman berendam dengan tujuan memaksimalkan kesehatan kulit.

Selain mandi, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di kawasan wisata ini. Pengunjung dapat melakukan tracking, menunggang kuda, memotret dan mengamati burung. Di antara banyak kegiatan menarik, menikmati pemandangan menjadi fokus utama bagi banyak pengunjung. Hal ini dikarenakan pemandangan alam di Danau Sano Nggoang masih sangat alami dan asri.

Danau wisata ini menawarkan pemandangan perbukitan, hutan, flora dan fauna yang menakjubkan di sekitar danau. Semua pemandangan ini dapat digunakan sebagai objek foto asli. Juga matahari terbenam dapat disaksikan di kawasan wisata ini. Bagi Anda yang menyukai seni fotografi, momen indah ini bisa Anda abadikan dengan kamera Anda.

Kawasan di sekitar Danau Sano Nggoang tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah dan relatif tenang, tetapi juga menjadi rumah bagi berbagai jenis burung. Diantaranya adalah gagak Flores (Corvusflorensis), Tessia Timor (Thesia Everetti), bebek gunung (Anas superciliasa), cakar berekor putih (Cardonax fulgidus), bebek (Anas Giberifrons) dan Fanflores.

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Kawasan Wisata Danau Sano Ngoang antara lain:

1. Fotografi

Salah satu tujuan berwisata adalah mengabadikan momen di tempat wisata yang dikunjungi. Tempat wisata ini merupakan tempat yang tepat untuk mengembangkan bakat fotografi Anda karena terdapat banyak tempat untuk memotret dengan hasil yang memukau.

2. Di sekitar danau

Danau Sano Nggoang memiliki pemandangan yang indah, sehingga sayang jika tidak kita jelajahi. Selain jalan-jalan, pengunjung juga bisa menunggang kuda dan menikmati pemandangan di sekitar danau.

3. Pelacakan

Keindahan dan keindahan Danau Sano Nggoang juga bisa dinikmati melalui kegiatan tracking. Pengunjung dapat menjelajahi bukit-bukit yang mengelilingi danau. Biasanya pengunjung memilih jalur pendakian pendek Puncak Golo Dewa atau dikenal juga dengan Puncak Savana.

Selain itu, ada juga track lain yang cukup menantang di kawasan ini yaitu Puncak Poco Dedeng. Untuk mencapai puncak, pengunjung harus melewati hutan lebat dan perbukitan terjal. Dari atas, pengunjung dapat melihat Kabupaten Manggarai dan kota Labuan Bajo pada hari yang cerah.

4. Pengamatan Burung

Di Danau Sano Nggoang terdapat spesies burung yang berkicau dengan merdu, yang menambah suasana tenang kunjungan kami.

5. Budaya dan Agama

Desa leluhur Nunang memiliki kompleks kuno yang terletak di perbukitan Golo Mblecek. Menurut informasi nenek moyang penduduk sekitar berasal dari kerajaan Bima dan Minangkabau. Di tepi danau Anda bisa melihat gereja yang menjadi pusat penyebaran agama Katolik di Desa Wae Sano.

6. Mandi air hangat

Salah satu hal yang menarik di kawasan wisata ini adalah sumber air panas alami. Sumber air ini bisa digunakan untuk merasakan sensasi mandi air hangat yang menenangkan. Banyak pengunjung yang rela datang dari jauh hanya untuk merasakan hangatnya air di danau ini.

Fasilitas di Danau Sano Nggoang:

  • keluarga tamu
  • papan informasi
  • Peralatan untuk mengamati burung di Indonesia

Biaya masuk ke Danau Sano Nggoang

  • Biaya masuk untuk tiket domestik: Rp 20.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Danau Sano Nggoang:

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Lokasi dan Rute Danau Sano Nggoang:

Kawasan Wisata Danau Sano Nggoang terletak di Wae Sano, Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Rute menuju tempat wisata ini bisa ditempuh dengan pesawat, turun di Bandara Ngurah Rai. Begitu Anda tiba di Bali, Anda bisa naik feri ke NTT dalam waktu sekitar 4 hingga 5 jam. Kemudian Anda bisa pergi ke Labuan Bajo dengan bus umum.

Danau Sano Nggoang merupakan salah satu destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di tempat terpencil membuat kawasan wisata ini terasa tenang dan damai jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi anda yang tidak tahu akan menghabiskan waktu liburan kemana. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati pemandangan yang indah dan mempesona, tetapi juga melakukan beberapa kegiatan menarik. Ini termasuk pengamatan yang menantang, menikmati keindahan habitat burung langka, memotret tempat-tempat menarik dan juga mandi air hangat untuk memaksimalkan kesehatan kulit cantik Anda.

Peta Danau Sano Nggoang

Tips mengunjungi Danau Sano Nggoang

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Danau Sano Nggoang semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Danau Sano Nggoang adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Danau Sano Nggoang bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa agen perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Danau Sano Nggoang.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Danau Sano Nggoang.

Galeri Foto Danau Sano Nggoang

Danau Sano NggoangDanau Sano Nggoang Sumber: instagram.com/muhimatululumDanau Sano NggoangDanau Sano Nggoang Sumber: instagram.com/niristianaDanau Sano NggoangDanau Sano Nggoang Sumber: instagram.com/dandebarriePotret laut di pagi hariPotret laut dari atas bukitPotret sebuah pondok kecil di tepi danauSpot foto di Danau Nggoangberburu fotoPemandangan udara dari tepi danauAir danau jernih

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button