Tempat Wisata

Danau Seran di Banjarbaru: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Berkunjung ke Banjarbaru Kalimantan Selatan tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Properti Wisata Danau Seran. Wisata ini merupakan salah satu wisata alam berupa pemandangan danau yang indah.

Awalnya, Danau Seran merupakan bekas kawasan pertambangan yang sudah tidak beroperasi lagi. Bekas situs purbakala itu kemudian tergenang air hingga akhirnya tercipta sebuah danau yang sangat indah yang dijadikan objek wisata.

Lokasi di Danau Seran

Danau SerraDanau Seran Sumber: instagram.com/feliciastarryna

Lokasi danau ini berada di kota Banjarbaru. Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan lebih tepatnya di Jalan Guntung Manggis Perumahan Fitria Residence.

Properti wisata Danau Seran dikelola langsung oleh masyarakat setempat. Berkunjung ke Danau Seran, wisatawan tidak hanya disuguhi pemandangan danau yang indah, tetapi juga banyak fasilitas wisata lain yang bisa digunakan.

Biaya masuk ke Danau Seran

  1. Biaya masuk: Rp 5.000

(Diperbarui April 2023)

Jam operasional Danau Seran

Jika Anda ingin mengunjungi Danau Seran, pastikan untuk berkunjung selama jam operasional. Jam operasional di Danau Seran adalah pukul 09.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA. Danau ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu.

Peta Danau Seran

Fasilitas di Danau Seran

Fasilitas di Danau SeranDanau Seran Sumber: instagram.com/mirrorlessbungas

Telaga Seran memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan baik untuk hiburan maupun untuk kepentingan umum. Fasilitas tersebut antara lain.

1. Lembaga Publik

Fasilitas umum di kawasan Danau Seran seperti toilet, mushola, tempat parkir yang luas, tempat sampah, dll.

2. Sepeda air dan perahu kelotok

Perahu pedal dan perahu Klotok adalah salah satu pilihan hiburan. Pengunjung dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk berjalan-jalan di sekitar danau.

3. Banyak spot foto

Obyek wisata selanjutnya adalah tersedianya banyak spot foto yang menarik. Pemandu akan menyediakan banyak lokasi khusus untuk fotografi, baik berupa pemandangan alam danau maupun spot foto buatan manusia yang menarik.

4. Musik Langsung

Bagi pengunjung yang mengunjungi danau untuk bersantai dan bersenang-senang, pemandu wisata juga menawarkan ini Live music tertawa terbahak-bahak Bahkan dalam sekejap, pengunjung bisa bernyanyi dan request secara langsung dalam waktu yang bersamaan.

5. Kolam renang

Bagi wisatawan yang datang membawa anak-anak tidak perlu khawatir karena di sebelah danau juga terdapat area kolam renang yang dapat digunakan sebagai tempat bermain anak.

Rute menuju Danau Seran

Sebelum mengunjungi tempat tersebut, penting untuk mengetahui itinerary terlebih dahulu, agar perjalanan lebih menyenangkan dan tidak tersesat. Untuk mengunjungi Danau Seran, rutenya tidak sulit.

Keluar dari kota Banjarmasin, Anda bisa memilih arah Banjarbaru. Kemudian sesampainya di pertigaan Guntung Manggis yang terdapat lampu lalu lintas berwarna merah yang berada di depan Mako Brimob Banjarbaru, anda menuju ke arah yang benar.

Kemudian, begitu Anda berada di Jalan Palam, lurus saja hingga menemukan papan petunjuk bertuliskan ‘Danau Seran’. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi Danau Seran karena transportasi umum di sana tidak mencukupi.

Aktivitas di Danau Seran

Aktivitas di Danau SeranDanau Seran Sumber: instagram.com/jejak_stonecold

Banyak juga aktivitas yang bisa dinikmati pengunjung di Danau Seran berkat banyaknya fasilitas yang disediakan oleh pemandu wisata. apa pun? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Berenang

Kegiatan pertama adalah berenang di kolam yang berada di samping danau. Kolam renang ini sengaja didesain sebagai arena bermain untuk anak-anak.

Selain bermain di kolam, pengunjung juga bisa berenang di tepi danau. Namun, perlu diingat bahwa pengunjung harus berhati-hati saat berenang di area danau.

2. Snorkling

Kegiatan menarik selanjutnya adalah snorkel atau menyelam. Selain keindahan di luar danau, pemandangan di dalam danau juga sangat indah, dengan ganggang dan ikan-ikan kecil yang tumbuh subur di sana.

Namun untuk kegiatan menyelam, pengunjung disarankan untuk tidak menyelam lebih dalam dari 5m, karena kedalaman yang lebih dalam dianggap berbahaya.

3. Naik perahu kelotok dan sepeda air

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana danau tanpa harus berenang, tersedia juga persewaan perahu kelotok dan sepeda air. Dengan fasilitas tersebut, pengunjung dapat menjelajahi kawasan laut dengan lebih aman dan santai.

4. Bermain bersama

Telaga ini merupakan kawasan ramah anak karena terdapat banyak fasilitas bermain untuk anak-anak seperti mainan, ayunan, dll di kawasan telaga. Fasilitas ini biasanya digunakan untuk bermain oleh sekelompok anak-anak.

5. Menjelajahi Pulau Asmara

Daya tarik terbesar Danau Seran adalah keberadaan Pulau Asmara. Pulau Asmara adalah tempat yang ditanami hutan bakau dan dikelilingi oleh mitos.

Mitosnya, jika ada sepasang kekasih yang mengunjungi tempat itu, maka hubungan itu akan langgeng. Begitu banyak orang mengunjungi tempat ini setiap hari.

6. Menonton matahari terbenam

Pandangan matahari terbenam adalah hobi favorit remaja saat ini. Di Danau Seran juga pengunjung bisa menikmati sunset yang begitu jernih dan mempesona.

Untuk dapat menikmati matahari terbenam, Pengunjung harus datang pada sore hari. Biasanya momen sunset juga dimanfaatkan para fotografer untuk mengabadikan keindahannya.

Demikianlah artikel singkat tentang Danau Seran. Pembahasan ini bisa menjadi referensi bagi yang sedang mencari rekomendasi wisata menarik di Banjarbaru.

Gambar dan Foto Danau Seran

Selamat datang di Danau SeranPemandangan Danau SeranDanau Seran di pagi hariMenyelam di Danau SeranSpot foto di Danau SeranTempat bersantai di Danau SeranPemandangan Danau Seran dari atas

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button