Tempat Wisata

Danau Talang Kering: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Danau Bermanei atau sekarang Danau Talang Kering memang tidak seluas Danau Mas Harun. Berbagai perbaikan juga dilakukan pada danau itu sendiri pada tahun 2009, dengan dibangunnya bendungan beton di sekitar danau. Terdapat juga taman pertunjukan seni di sebelah danau, menjadikan tempat ini tempat nongkrong sore hari yang populer di kalangan anak muda.

Menurut mereka, telaga ini cocok dijadikan tempat pertemuan karena letak telaga yang sangat strategis dan tidak jauh dari pinggir jalan serta hanya berjarak sekitar 2 km dari pusat kota. Tentunya danau ini juga menawarkan pemandangan yang cukup indah berupa panorama keindahan Bukit Barisan yang terlihat jelas. Perairan danau yang jernih dan tenang ini berpadu dengan hijaunya Bukit Barisan.

Selain digunakan sebagai tempat wisata, danau ini juga digunakan sebagai area budidaya ikan atau kolam ikan. Berdasarkan informasi yang diterima, sebenarnya terdapat hampir 70 jaring apung milik empat kelompok nelayan warga desa tersebut. Kolam ikan ini berhasil memanfaatkan air danau ini. Padahal, menurut Dinas Perikanan dan Peternakan Rejang Lebong, kawasan ini disebut-sebut mampu memenuhi kebutuhan ikan di kawasan tersebut. 70 kolam terapung ini tidak hanya bisa diekspor untuk konsumsi dalam negeri tapi juga ke luar daerah. Berbagai jenis ikan dapat ditemukan di kolam antara lain ikan nila, gurami, lobster dan masih banyak jenis ikan lainnya. Danau ini tidak hanya menjadi objek wisata yang indah tetapi juga dapat membantu memenuhi kehidupan penduduk setempat.

Baca juga: Pantai Jakat, Menikmati Indahnya Senja di Bengkulu

Namun agak disayangkan saat ini, terutama demi kenyamanan pengunjung, belum bisa sepenuhnya dirasakan sebagai lokasi objek wisata. Sebab, danau ini belum bisa dikelola secara maksimal. Namun jika bisa dikelola dengan lebih baik tentu akan meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini. Akan lebih baik juga jika dibangun pondok-pondok kecil dan taman bermain untuk anak-anak di sekitar objek wisata ini, pasti akan banyak pengunjung yang tertarik untuk singgah di tempat ini. Selain itu, warga sekitar juga dapat menciptakan lapangan kerja baru dengan membuka kios-kios kecil yang menjual berbagai jenis barang, mulai dari makanan hingga minuman. Menurut berbagai sumber, tempat ini masih cukup rawan, apalagi pada malam hari, karena masih terjadi aksi pungutan liar yang dilakukan oknum.

Oleh karena itu, alangkah baiknya pemerintah dan warga sekitar dapat lebih memberikan kemudahan kepada para pengunjung yang berkunjung ke tempat ini. Pasalnya, Danau Talang Kering sebenarnya mempunyai potensi yang cukup besar untuk dijadikan kawasan wisata. Apalagi dengan pemandangan indah berupa gambar Bukit Barisan. Bahkan tempat ini sangat cocok untuk nongkrong bareng atau nongkrong bareng teman-teman sambil ketawa-ketawa bareng.

Lokasi dan akses menuju Danau Talang Kering

Danau Talang Kering sendiri secara geografis terbentang di tiga wilayah yaitu Desa Tunas Harapan, Desa Pahlawan Serat, dan Desa Perbo. Lebih tepatnya telaga ini terletak di Simpang Empat atau Simpang Mpek, di kecamatan Curup Utara. Akses menuju resor tepi danau ini juga tidak terlalu sulit karena jarak yang ditempuh juga cukup dekat, sekitar 2 km dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari kota Curup. Namun bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi perlu berhati-hati karena telaga ini tidak memiliki lahan parkir yang luas.

Jam buka dan biaya masuk Danau Talang Kering

Siapa pun yang ingin mengunjungi tempat wisata ini bisa datang kapan saja, yakni sepanjang waktu. Maka Anda perlu menyiapkan biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang untuk menikmati keindahan objek wisata Danau Talang Kering.

Tips berlibur di Danau Talang Kering

  • Disarankan untuk mengunjungi resor tepi danau ini saat cuaca cerah

  • Bawalah kamera untuk membantu Anda mengabadikan momen indah bersama anggota keluarga atau teman

  • Jika Anda bepergian dengan kendaraan pribadi, sebaiknya pilihlah tempat parkir dengan bijak karena tidak tersedia cukup tempat parkir di sekitar danau ini

  • Selalu menjaga alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

Galeri foto Danau Talang Kering

Selamat datang di Danau Talang Kering
Danau Talang Kering di Bengkulu
Spot foto di atas danau
Menikmati keindahan alam Danau Talang Kering
Berkemah di Danau Talang Kering

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button