Tempat Wisata

Danau Tamblingan di Bali: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Salah satu danau yang keindahannya memikat di Bali adalah Danau Tamblingan. Danau ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Danau Beratan. Hanya saja, danau ini memiliki udara yang sejuk dan dikelilingi oleh hutan. Tak heran jika danau eksotis ini layak menjadi tujuan wisata populer. Di sini pengunjung mengalami pengalaman yang tak terlupakan.

Bagaimana tidak, suasana alam di danau ini begitu tenang dan menenangkan. Banyak pohon terlihat dari kebisingan sejauh ini. Tak heran jika tempat ini bisa menjadi destinasi yang menarik untuk bersantai.

Lokasi Danau Tamblingan

Danau TamblinganDanau Tamblingan Sumber: instagram.com/gungaay

Danau eksotis ini terletak di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali tepatnya, sebelah utara Gunung Lesung, Desa Munduk. Jadi lokasinya sebenarnya tidak jauh dari Danau Baratan. Pengunjung juga bisa berwisata ke dua danau yang berbeda karena masih berada di kawasan yang sama.

Biaya masuk ke Danau Tamblingan

  1. Biaya masuk: Rp 10.000
  2. Biaya parkir motor: Rp 2.000
  3. Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui April 2024)

Jam buka Danau Tamblingan

Tak perlu khawatir, jam operasional telaga ini cukup fleksibel karena buka 24 jam sehari. Jadi pengunjung bisa datang kapan saja mereka mau.

Peta Danau Tamblingan

Fasilitas di Danau Tamblingan

Fasilitas di Danau TamblinganDanau Tamblingan Sumber: instagram.com/bagusnattha

Sejauh menyangkut peralatan, danau ini sangat memadai. Jika pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia. Salah satu tempat perkemahan yang disukai banyak pengunjung. Selain itu, pengunjung juga dapat menjelajahi danau secara luas.

Padahal, pengelola belum banyak menambahkan fasilitas lain ke danau ini. Hal ini dilakukan untuk menjaga kealamian dan melestarikan keindahan danau eksotis ini. Tak heran jika pengunjung disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri jika berencana berkemah di kawasan ini.

Spot foto menarik di Danau Tamblingan

Spot foto menarik di Danau TamblinganDanau Tamblingan Sumber: instagram.com/widyjane.18

Danau yang terletak di pulau Bali ini memiliki beberapa spot foto menarik yang tidak boleh dilewatkan, yaitu sebagai berikut.

1. Pura di sekitar danau

Di danau ini pengunjung juga bisa merasakan wisata religi. Ada beberapa candi suci umat Hindu di sekitar Danau Tamblingan. Beberapa nama pura tersebut adalah Pura Dalem Tamblingan, Pura Endek, Pura Sang Hyang Kawuh, Pura Naga Loka, Pura Gubug, Pura Pengukiran, Pura Batulempang dan lain sebagainya.

Banyaknya candi ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak orang yang mengunjunginya. Tidak hanya turis lokal, tapi juga turis mancanegara.

2. Ayunan Wanagiri

Ada juga spot foto lain yang bisa dinikmati di sekitar danau ini. Disana pengunjung bisa mengambil foto dengan kamera yang ada. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Wanagiri Swing.

Ayunan ini menarik karena digantung langsung dari dahan besar. Menaiki ayunan ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan Danau Tamblingan yang indah. Lokasi ayunan ini berada di Desa Wanagiri, lebih tepatnya di Dusun Yeh Ketipet. Untuk bersantai di ayunan ini Anda hanya perlu membayar Rp 10.000.

2. Desa Munduk

Mungkin Desa Munduk masih terdengar asing sebagai salah satu tempat wisata di Bali. Padahal, suasana tempat ini sangat menarik dan dekat dengan Danau Tamblingan. Di tempat ini pengunjung akan langsung merasakan suasana yang syahdu, tenang, dan sejuk. Tak heran jika tempat ini sangat cocok sebagai tujuan wisata.

3. Perkebunan cengkeh dan kopi

Tak jauh dari danau ini, pengunjung akan menemukan perkebunan cengkeh dan kopi yang begitu estetis. Banyak yang mengambil foto di lokasi ini dengan latar belakang gunung yang megah.

Itinerary ke Danau Tamblingan

Rute perjalanan yang bisa ditempuh untuk mencapai danau ini bisa melalui beberapa rute. Misalnya, jika Anda terbang dari Bandara Ngurah Rai, maka waktu tempuh yang dibutuhkan adalah dua jam.

Jalan yang akan ditempuh dimulai dari jalan raya Bedugul kemudian dilanjutkan ke Singaraja. Sesampainya di sana, silakan berjalan menanjak hingga melihat papan petunjuk bertuliskan Danau Tamblingan.

Adapun perjalanan menuju tempat ini akan dilalui beberapa tempat yaitu Desa Pancasari, Desa Wanagiri dan Desa Munduk.

Tips Berlibur di Danau Tamblingan

Tips Berlibur di Danau TamblinganDanau Tamblingan Sumber: instagram.com/kireina.pictures

Sebelum datang ke danau eksotis ini, Anda harus mengetahui beberapa hal penting yang harus Anda lakukan. Hal ini akan membuat aktivitas liburan menjadi lebih nyaman dan tak terlupakan.

  • Dalam perjalanan Anda akan melewati banyak jalan yang berkelok-kelok dan tinggi. Jadi cobalah untuk menjadi bugar. Karena kondisi jalan yang tidak rata, pengunjung dapat mengalami mabuk perjalanan.
  • Bawa peralatan sendiri karena tidak banyak fasilitas. Seperti yang sudah dijelaskan, pihak pengelola belum menyiapkan banyak fasilitas di tempat ini. Hal ini tentunya dilakukan demi kebaikan, agar danau ini tetap alami dan lestari.
  • Waktu yang disarankan untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi hari atau saat musim hujan. Disarankan pagi hari karena pengunjung dapat merasakan udara sejuk di sekitar danau. Saat musim hujan, permukaan air danau ini akan lebih menarik.
  • Pastikan Danau Tamblingan selalu bersih dan nyaman. Pada dasarnya, warga setempat telah melakukan yang terbaik untuk menjaga kebersihan danau ini. Oleh karena itu, pengunjung juga harus menjaga keindahan danau ini dengan baik.
  • Pastikan aktivitas dan perilaku Anda di Danau Tamblingan tidak melanggar etika. Perlu diketahui bahwa masyarakat setempat sangat mementingkan keberadaan danau ini. Selain itu, ada banyak candi di daerah tersebut.

Jika Anda berencana untuk berwisata ke Bali, Danau Tamblingan bisa masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi. Ini akan membuat perjalanan Anda ke pulau dewata semakin tak terlupakan.

Gambar dan foto Danau Tamblingan di Bali

Matahari terbit di Danau TamblinganFoto prewedding di Danau TamblinganPelangi di Danau TamblinganBerkemah di tepi Danau TamblinganIkon di Danau TamblinganSpot foto di Danau TamblinganKeindahan Danau Tamblingan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button