Tempat Wisata

Dataran Tinggi Silancur, nikmati keindahan alam Magelang dari ketinggian

harga tiket: Rp15.000, Waktu aktif: 05.00 – 23.00 WIB, Alamat: Dadapan, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab.Magelang, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Dataran Tinggi Silancur adalah salah satu tujuan wisata alam yang paling populer di Magelang, Jawa Tengah. Destinasi ini tidak hanya menawarkan panorama yang indah, tetapi juga berbagai aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sana. Untuk itulah para anak muda pecinta alam kerap mengunjungi destinasi yang satu ini.

Sama seperti wisata alam lainnya, destinasi ini menawarkan panorama sunrise atau sunset terbaik. Selain itu, area yang luas juga dipenuhi dengan berbagai macam bunga yang indah dan menarik. Sehingga Anda bisa merasakan pengalaman mendaki dengan pemandangan yang indah di setiap wahananya.

Sebagian besar wisatawan datang ke Dataran Tinggi Silancur untuk mengambil foto lingkungan sekitar, yang menghasilkan foto dengan kualitas latar belakang terbaik. Jika Anda membagikan foto pemandangan di media sosial, destinasi wisata ini akan semakin terkenal dan akan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Daya tarik Dataran Tinggi Silancur

Daya tarik Dataran Tinggi SilancurKredit foto: Instagram Rudiyanto (Oeding)

1. Panorama matahari terbenam yang indah

Dataran Tinggi Silancur merupakan salah satu destinasi wisata alam di Jawa Tengah yang menawarkan banyak keindahan. Salah satunya adalah panorama sunset yang mempesona. Anda bisa melihat momen golden sunrise yang sangat populer di kalangan wisatawan. Jangan lupa untuk mengabadikannya dalam sebuah foto dengan kenangan terbaik.

Selain itu, Anda juga bisa melihat keindahan matahari saat terbit dari tiga gunung di sekitarnya. Biasanya para wisatawan berkumpul untuk melihat panorama matahari terbit ini sambil mengambil video atau foto. Anda bisa melihat sinar matahari dengan jelas dan terang dari tempat wisata ini.

2. Kebun Bunga di Dataran Tinggi Silancur

Keindahan lain yang dimiliki Dataran Tinggi Silancur adalah adanya perkebunan bunga di sekitar gunung. Untuk melihat berbagai jenis bunga Anda perlu datang ke sebuah tempat bernama Desa Mangli di dekat tempat tujuan wisata ini. Bunga-bunga cantik berpadu dengan pesona langit di dalamnya juga bisa dijadikan sebagai background foto yang menarik.

Sebenarnya bunga yang terdapat di desa di tempat wisata ini adalah tumbuhan biasa. Namun karena perawatannya yang baik dan sistem penanaman yang tepat, tempat ini dijadikan sebagai spot foto yang sangat diminati wisatawan. Selain bunga, ada juga koleksi tanaman lain yang tertata rapi di destinasi wisata ini.

3. Lihat lima gunung sekaligus

Objek wisata dataran tinggi SilancurSumber gambar: Twitter Dolan Yoko

Tentu saja, ketika Anda berkemah di wisata alam yang disebut Dataran Tinggi Silancur ini, Anda akan melihat keindahan lima gunung di dalamnya sekaligus. Keindahan matahari dengan awan tebal dan pemandangan lima gunung ini membuatnya seperti lukisan yang mempesona. Tentu Anda ingin berlama-lama di tempat wisata, bahkan berkemah.

Lima gunung yang mengelilingi destinasi wisata ini adalah Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Andong dan Telemoyo. Karena yang paling dekat dengan destinasi wisata ini hanya Gunung Sumbing. Namun, keindahan kelima gunung tersebut akan terlihat saat matahari terbit, meski jaraknya cukup jauh dari lokasi manapun.

4. Ada rumah hobbit dan lokasi perkemahan

Anda harus tahu bahwa destinasi wisata ini menawarkan tempat untuk berkemah. Itulah yang lebih menarik minat wisatawan, di mana Anda bisa berkemah selama seminggu sambil melihat pemandangan indah setiap saat. Anda hanya perlu meminta izin untuk menggunakan salah satu area besar di tempat tujuan wisata.

Selain itu, destinasi wisata yang satu ini juga memiliki rumah hobbit. Dengan lokasi ini kamu bisa mengetahui betapa lucu dan uniknya rumah manusia kerdil itu. Anda juga tidak perlu jauh-jauh ke beberapa negara barat untuk melihat rumah tersebut. Hanya dengan mengunjungi tempat ini kamu bisa melihat desain rumah hobbit ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Dataran Tinggi SilancurSumber gambar: Google Maps Arif

Dataran Tinggi Silancur sendiri terletak di kota Magelang di provinsi Jawa Tengah. Destinasi wisata alam ini berada tepat di kawasan Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik. Untuk menuju destinasi wisata ini menjadi lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi untuk masuk. Hal ini dikarenakan jalur menuju tempat ini berada di pegunungan.

Untuk rutenya sendiri, jika Anda datang dari pusat kota Magelang, Anda harus menuju kawasan Alun-alun. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke arah barat menuju kawasan Bandongan. Berhenti dulu mobil di area pasar daerah bandongan. Kemudian Anda tinggal lurus saja dengan mobil menuju Tanoboyo lalu ke Kalegen.

Setelah itu, cari pertigaan dan arahkan kendaraan Anda ke kawasan Mangli. Anda tinggal menyetir kendaraan menyusuri desa Mangli sampai menemukan dua perempatan jalan. Di kedua simpang tersebut Anda tinggal lurus saja hingga menemukan papan penunjuk tempat wisata ini.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Highland SlancurSumber gambar: Twitter situs_wix

Untuk menikmati Dataran Tinggi Silancur, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 15.000 rupiah per orang. Biaya masuknya benar-benar cukup murah dimana kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam. Anda hanya memerlukan biaya transportasi karena disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Destinasi wisata ini juga buka setiap hari, namun tidak setiap 24 jam. Waktu operasi dari jam 5 pagi hingga 11 malam. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat fasilitas camping yang memungkinkan Anda bermalam di destinasi wisata ini dan membuat liburan Anda semakin memuaskan.

Aktivitas menarik di Dataran Tinggi Silancur

Aktivitas di Dataran Tinggi SilancurKredit Gambar: Google Maps Tolak Yudanto

1. Menikmati matahari terbit dan terbenam

Seperti yang sudah disebutkan, destinasi wisata alam ini memiliki panorama terbaik saat matahari terbit dan terbenam. Anda bahkan bisa melihat kedua panorama tersebut sambil duduk dengan nyaman di bangku yang disediakan. Pasalnya, objek wisata ini memiliki lokasi papan kayu dengan dua kursi yang menghadap langsung ke arah gunung.

Selain itu, Anda juga bisa memanjakan mata dengan pesona awan dan langit di atas destinasi wisata ini. Hal ini dikarenakan pemandangan yang ditawarkan sangat menakjubkan dan membuat wisatawan langsung mengunjunginya untuk merasakan sensasinya. Anda juga bisa menikmati keindahan matahari terbit sambil minum teh hangat di sana.

2. Kegiatan berkemah

Kegiatan utama yang bisa dilakukan di tempat wisata ini adalah berkemah bersama teman-teman yang sangat seru dan menyenangkan. Kegiatan camping ini tentunya menawarkan pengalaman liburan yang jauh lebih berkesan dan bermanfaat. Pastikan Anda membawa perbekalan yang cukup saat pergi camping di destinasi wisata ini.

Untuk berkemah di Dataran Tinggi Silancur, Anda harus terlebih dahulu meminta izin kepada panitia atau masyarakat setempat di daerah tersebut. Juga, pastikan Anda tidak melanggar aturan yang ditetapkan selama kegiatan berkemah. Jaga kebersihan destinasi wisata ini agar lebih dikenal wisatawan.

3. Menikmati keindahan kota di malam hari

Berkemah memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan alam tidak hanya dari pagi hingga siang hari, tetapi juga pada malam hari. Dari dataran tinggi yang satu ini kamu bisa melihat keindahan kota Magelang secara keseluruhan. Banyaknya lampu rumah yang menghiasi kota bisa Anda abadikan dengan berfoto di malam hari.

Namun, Anda tidak perlu khawatir meski tidak bisa berkemah di tempat wisata ini. Anda masih bisa merasakan keindahannya karena destinasi ini tutup pukul sebelas malam. Jadi Anda bisa berkunjung dari sore hingga malam hari untuk melihat sunset dan pemandangan kota yang menakjubkan.

4. Ambil foto

Aktivitas menarik di Dataran Tinggi SilancurKredit foto: Google Maps Mentek Adhen

Aktivitas menarik lainnya dari destinasi wisata di Dataran Tinggi Silancur ini adalah berfoto di berbagai spot favorit. Sudah menjadi rahasia umum bahwa anak muda tidak melewatkan kesempatan berfoto ini dengan setiap tur hits ini, terutama ketika mereka mengunjungi destinasi yang satu ini. Anda dapat berfoto dengan berbagai latar belakang yang sangat keren dan menggemaskan.

Setelah mengunjungi destinasi ini Anda juga akan memiliki banyak koleksi foto-foto terbaik. Hal ini dikarenakan destinasi wisata ini memiliki banyak sekali keindahan, baik itu sunrise, sunset, taman bunga, rumah hobbit dan spot foto lainnya. Fasilitas spot foto menjamin Anda akan bersenang-senang selama liburan di sini dan tidak akan menyesal.

5. Kunjungi taman bunga

Destinasi di Dataran Tinggi Silancur ini juga memiliki taman bunga yang sangat menarik. Berbagai jenis bunga ditanam dengan sangat rapi sehingga menjadi bagian dari spot foto terbaik di dalamnya. Banyak juga pohon-pohon tinggi yang membuat destinasi ini terasa lebih sejuk dan tenang.

Destinasi ini juga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin bersantai dari suasana kota yang sibuk. Anda juga dapat membersihkan otak setelah melakukan aktivitas berat. Mengalami keindahan bunga dalam suasana yang tenang dan pemandangan yang menakjubkan adalah kegiatan yang populer bagi wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Dataran Tinggi SilancurKredit Foto: Google Maps Princess Dana

Dataran Tinggi Silancur sendiri memiliki berbagai fasilitas yang cocok yang bisa membuat liburan semakin menyenangkan. Fasilitas tersebut antara lain gazebo yang digunakan untuk bersantai di dalamnya bersama teman-teman selama liburan. Anda dapat menikmati angin segar sambil menikmati pemandangan indah dari gazebo.

Selain itu, terdapat tempat perkemahan yang memudahkan Anda untuk berkemah di destinasi wisata ini. Anda tidak perlu lagi membawa banyak barang jika ingin berkemah karena tersedia fasilitas camping yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut juga memudahkan bagi Anda yang ingin berlibur dalam jangka waktu yang lebih lama.

Destinasi wisata ini juga memiliki fasilitas umum lainnya seperti mushola dan toilet yang sangat nyaman dan bersih bagi wisatawan. Ada juga tempat parkir mobil yang besar dan aman di mana Anda dapat meninggalkan kendaraan Anda selama berhari-hari. Dengan segala fasilitas yang tersedia di sini, Anda juga bisa merasa lebih nyaman saat berlibur.

Demikian beberapa penjelasan mengenai berbagai atraksi alam, fasilitas, biaya, rute dan aktivitas di destinasi wisata di Dataran Tinggi Silancur ini. Tentunya keindahan alam yang satu ini wajib kamu coba saat berada di Kota Magelang dan sekitarnya. Anda juga bisa merencanakan liburan bersama keluarga yang lebih menyenangkan dan tak terlupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button