Berita Wisata

Dear travelers, ada agrowisata di kaki Gunung Salak di Pamijahan, dijamin menyejukkan hati

SuaraBogor.id – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bhakti Kencana berupaya mengembangkan usaha agrowisata kaki Gunung Salak di Desa Purwabakti, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tentunya hal ini dapat dimanfaatkan oleh wisatawan asal Jabodetabek untuk mengunjungi wisata alam di kaki Gunung Salak yang terletak di Pamijahan, Bogor.

Ketua Bumdes Bhakti Kencana Herdiansyah alias Ayong mengatakan, mulai tahun ini pihaknya menjalin kerja sama dengan Star Energy Geothermal Salak (SEGS), Ltd untuk membentuk unit usaha agrowisata seperti tempat wisata selama lima tahun ke depan.

“Apa yang telah diselenggarakan seperti pelatihan pengurus Bumdes, penyuluhan pengelolaan pariwisata, pelatihan pengurus home stay, sepenuhnya dibiayai oleh SEGS,” kata Ayong.

Baca Juga: Sambut Akhir Tahun, Village Resort Bogor By Waringin Hospitality Hadirkan Pesta Malam Tahun Baru di Hawaii

Menurutnya, kolaborasi ini bukan yang pertama kali ia dirikan. Sejatinya, Bhakti Kencana merupakan satu dari enam Bumdes yang dibentuk oleh Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Salak pada 2018 lalu.

Bahkan Bhakti Kencana mendapat dukungan berupa satu unit pendingin biji kopi dan mesin pengupas kopi basah pada 2021, berkat perkembangannya yang pesat dibanding lima Bumdes lainnya, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebijakan, Pemerintahan dan Urusan Publik Star Energy Geothermal Nungki Nursasongko mengatakan Star Energy Geothermal Salak, Ltd. berorientasi pada dampak positif dalam pelaksanaan program pengembangan masyarakat.

“Semua ini bertujuan untuk menciptakan dan mempertahankan kehidupan dan penghidupan masyarakat di sekitar wilayah operasional kami untuk menjadi inspirasi bagi pembangunan ekonomi masyarakat di Kabupaten Bogor dan Jawa Barat,” kata Nungki.

Seperti diketahui, unit usaha agrowisata terbaru yang dikembangkan Bumdes Bhakti Kencana adalah Terasering Cisalada. Terbentuknya wisata tematik berbasis budaya berhasil menjadikan desa Purwabakti sebagai tuan rumah Jambore Wisata Desa 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor.

Baca Juga: 5 Negara Paling Ramah Di Dunia Tahun 2022, Indonesia Berada di Posisi Kedua!

Terasering Cisalada merupakan mesin baru untuk menghasilkan keuntungan di bidang pariwisata bagi Bumdes Bhakti Kencana. Sejauh ini, Bumdes telah mengidentifikasi 16 destinasi wisata yang pengelolaannya melibatkan masyarakat desa.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button