Berita Wisata

Deretan tempat wisata di sepanjang KA Garongkong-Maros, apa saja?

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada sejumlah tempat wisata di sepanjang jalur kereta api (KA) dari Stasiun Garongkong-Maros di Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurut situs resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin (23/1/2023), hal itu menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat yang naik kereta api.

Beberapa obyek wisata yang dilewati adalah Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangae dan Wisata Alam Pantai Ujung Batu dekat Stasiun Barru, Wisata Alam Pantai Laguna dan Wisata Alam Lappa Laona dekat stasiun dari Tanete Rilau, Wisata Alam Sorongan dekat Stasiun Mandalle.

Kemudian Wisata Alam Telaga Biru Segeri dekat Stasiun Ma’rang, Wisata Alam Hutan Mangrove Dewi Biringkassi dekat Stasiun Labakkang, Taman Tonasa, Green Lake Balocci dan Taman Purbakala Sumpang Bita dekat stasiun Pangkajene.

Lalu ada Kampoeng Karst Rammang-Rammang, Taman Purbakala Leang Leang dan Danau Toakala dekat Stasiun Rammang-Rammang, Pantai Tak Bergelombang, Wisata Alam Mangambang dan Air Terjun Bantimurung dekat Stasiun Maros.

Sedangkan jalur KA sepanjang 80 kilometer antara Stasiun Garongkong dan Stasiun Maros merupakan jalur operasional.

Sebelumnya, pada Desember 2022 telah dilakukan uji coba pengoperasian layanan kereta api terbatas di stasiun Garongkong-Maros.

Baca juga: Ada perubahan, berikut daftar proyek kereta api terbaru yang diklasifikasi PSN

Selama dijajakan secara gratis, animo masyarakat untuk mencoba kereta ini cukup tinggi. Tercatat, pada 25 Desember 2022, ada 333 penumpang dalam satu hari.

Saat ini, layanan kereta api dari Stasiun Garongkong-Maros beroperasi penuh setiap hari, melewati 9 stasiun.

Setelah menyempurnakan dan memadatkan struktur tanah, kecepatan kereta api meningkat dari sebelumnya 60 kilometer per jam, kini bisa mencapai 110 kilometer per jam.

Dengan kecepatan yang lebih tinggi, waktu tempuh Garongkong-Maros menjadi lebih cepat dari 86 menit menjadi 68 menit.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan terus mendorong percepatan penyelesaian jalur kereta api Maros-Mandai yang merupakan bagian dari pengembangan proyek strategis perkeretaapian nasional Makassar-Parepare.

Jika jalur Maros-Mandai sepanjang 4 kilometer selesai, total panjang jalur operasional menjadi 84 kilometer, mulai dari Stasiun Garongkong-Stasiun Mandai.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button