Tempat Wisata

Desa Wisata Cinangneng, Liburan Otentik Unik di Bogor

Desa Wisata Cinangneng, Liburan Otentik Unik di Bogor

Desa Wisata Cinangneng merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Kota Bogor. Adakah yang pernah mengunjungi desa wisata budaya ini? Tidak hanya warga Kota Bogor, wisatawan dari kota lain juga banyak yang datang ke sini setiap harinya.

Kita semua tahu kalau Indonesia kaya akan keindahan alam yang memikat hati. Setiap sudut negeri ini mempunyai daya tarik tersendiri. Dan diantara sekian banyak destinasi wisata, Cinangneng menjadi destinasi yang belum banyak diketahui wisatawan.

Inilah tempat di mana keindahan alam yang menakjubkan dan kearifan lokal berpadu dalam harmoni yang sempurna. Terletak di lereng Gunung Salak yang megah, Desa Cinangneng menawarkan pengalaman wisata tak terlupakan bagi para petualang yang haus akan kedamaian dan keindahan alam.

Sekilas tentang desa wisata Cinangneg

Desa Cinangneng merupakan salah satu destinasi wisata yang akhir-akhir ini sangat populer. Karena ketinggiannya, desa ini memiliki keindahan alam yang mempesona.

Di sini pengunjung bisa menikmati pemandangan perbukitan hijau yang memanjakan mata dan menghirup udara segar yang menyegarkan. Sedikit memasuki kawasan perkampungan, kita juga akan disambut dengan suara gemericik air sungai yang mengalir melalui selokan-selokan kecil di bawah jembatan bambu.

Selain itu, kearifan lokal yang masih terjaga dengan baik menjadikan suasana di desa ini semakin istimewa. Budaya tradisional yang terpelihara dengan baik memastikan penghuninya ramah. Semua ini pasti akan menghadirkan kehangatan yang tak terlupakan bagi semua orang.

Aktivitas seru di desa wisata Cinangneg

Desa Cinangneng menawarkan pengunjungnya berbagai aktivitas menarik. Konsep kegiatan ini juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan. Mulai dari kegiatan budaya hingga alam dan pertanian.

Karena kegiatan edukatifnya tersebut, lokasi ini menjadi pilihan populer bagi rombongan sekolah dan pelajar yang ingin bertamasya. Tiket tur tersedia dalam paket harian dengan beragam aktivitas wisata yang dapat dipilih.

1. Mencoba alat musik dan memainkan lagu-lagu tradisional

Keseruan pertama yang bisa dinikmati di sini adalah mencoba alat musik tradisional Sunda. Contoh alat musik yang tersedia antara lain alat musik seruling, angklung, dan gamelan Sunda. Dengan alat ini pengunjung bisa belajar memainkan lagu-lagu tradisional Sunda.

Bagaimana jika Anda tidak bisa memutar musik sama sekali? Tidak perlu khawatir karena di sini sudah ada guru berpengalaman yang akan mengajari Anda cara memainkan alat musik ini. Pada waktu-waktu tertentu, para musisi dari Desa Cinangneg juga menampilkan pertunjukan seni yang eksotik.

2. Pelajari tari tradisional

Selain memainkan alat musik tradisional, Desa Wisata Cinangneg juga memiliki tempat lain yang pengunjungnya diajari tarian tradisional. Pelatihnya juga merupakan seniman tari terlatih dan berpengalaman. Salah satu gaya tari yang paling populer adalah Jaipongan.

Tak hanya cara menari yang baik dan benar, pihak pengelola yang merupakan perangkat desa setempat juga menyediakan tempat penyewaan perlengkapan menari, mulai dari kostum utama hingga aksesorisnya.

3. Membuat masakan tradisional

Apakah Anda suka menyiapkan masakan kuliner? Jangan khawatir karena di sini juga ada aktivitas yang mengarah pada hobi ini. Di sisi timur Desa Wisata Cinangneng, pengunjung bisa belajar menyiapkan kuliner tradisional Sunda.

Kalau bicara jajanan, pelajaran yang paling umum diajarkan adalah pembuatan kue tradisional seperti kue bugis dan kue putu. Jika Anda merasa sudah terbiasa, ada juga paket yang mengajarkan Anda cara membuat jamu tradisional dengan menggunakan bahan baku dari apotek yang tinggal di sekitar gedung.

4. Membuat topi Pak Tani dan karya seni lainnya

Ingin aktivitas yang lebih seru dan unik? Di sini Anda dapat mencoba membuat jubah dan tenun lainnya. Membuat topi pak Tani pastinya akan sangat mengasyikkan bagi anak-anak. Anda bahkan bisa menghiasnya setelah topinya selesai dibuat.

Pengunjung juga bisa belajar membuat karya seni sederhana lainnya yang sering dibuat oleh penduduk desa. Termasuk menyiapkan wayang sederhana dari singkong. Topi dan boneka ini juga bisa dibawa pulang setelah selesai.

5. Menanam padi

Bagi Anda yang menginginkan nuansa berbeda, Anda juga bisa mencoba aktivitas bercocok tanam padi di desa ini. Terdengar sangat membosankan, namun sebenarnya ada keseruan di balik kegiatan ini. Apalagi jika Anda melakukannya dengan anak-anak.

Kegiatan menanam padi ini tidak hanya memberikan pengalaman unik tetapi juga bisa menjadi sarana pengajaran yang sangat baik untuk si kecil. Umumnya rombongan sekolah yang datang ke sini menerima paket tersebut.

6. Wisata Kampoeng

Setelah Anda menyelesaikan beberapa aktivitas di atas, Anda selanjutnya bisa mengunjungi Kampung Cinangneng Bogor. Desa ini cukup besar sehingga banyak tempat yang bisa dikunjungi.

Salah satu tujuan paling populer bagi pengunjung adalah usaha kecil penduduk setempat. Warga di sini telah mengembangkan UMKM dengan sangat baik dan menghasilkan berbagai produk mulai dari produk konveksi hingga makanan dan kerajinan bambu.

Selama kunjungan Anda, Anda akan belajar dan merasakan langsung proses produksi UMKM lokal. Di sisi lain, menjelajahi desa ini juga akan menjadi pengalaman unik bagi semua orang karena wilayahnya didominasi oleh perkebunan, persawahan, dan hutan.

7. Bermain di sungai dan memandikan kerbau

Hal menyenangkan terakhir yang bisa Anda lakukan di sini adalah menyusuri sungai dan mengikuti aktivitas mandi kerbau bersama penduduk setempat. Kegiatan ini sangat cocok dilakukan bersama kelompok terutama dengan anak-anak.

Kegiatan ini tidak hanya membawa kegembiraan bagi mereka, tetapi juga mengajarkan mereka untuk beradaptasi dengan alam dan mencintai binatang. Kegiatan ini juga akan melatih keberanian dan ketangkasan anak-anak peserta.

Biaya masuk

Untuk memasuki Desa Wisata Cinangneng Bogor, ada beberapa pilihan tiket masuk yang bisa dipilih. Untuk rating tiket selengkapnya, lihat tabel di bawah ini:

Nama paket

Harga

informasi

Pendampingan orang tua

Rp 75.000

1 orang

Paket C (khusus PAUD & TK)

Rp100.000

Setidaknya 20 orang

Paket Poelang Kampoeng

Rp 145.000

Setidaknya 20 orang

Paket saya juga berasal dari desa

Rp150.000

Setidaknya 10 orang

Alamat dan rute

Apakah Anda tertarik mengunjungi tempat wisata ini? Desa Wisata Cinangneng terletak di Jalan Babakan Kemang, RT 001, RW 002, Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Untuk mencapainya juga cukup mudah. Awali perjalanan Anda di Kabupaten Bogor dengan menuju ke arah barat menuju Ring Road Kampus IPB Dramaga. Kemudian belok tajam ke kanan dan ikuti jalan raya Cibadak-Ciampea.

Anda akan melewati Al-Amin Swalayan Raya Dramaga yang berada di sisi kanan. Kemudian belok kiri menuju Jalan Babengket. Belok kanan hingga berhenti di Jalan Babengket. Terakhir, belok kanan lagi dan Anda akan mencapai tujuan akhir Anda.

Perabot

Fasilitas di Desa Cinangneng, Bogor sangat lengkap. Renovasi dan inovasi terus dilakukan manajemen secara berkala. Fasilitas utama yang terlihat langsung adalah tempat parkir yang sangat luas sehingga mampu menampung beberapa bus besar sekaligus.

Ada juga mushola, tempat istirahat, area anak, tempat makan, tempat perkemahan, spot foto eksotik dan lain sebagainya. Keberadaan tempat ini tentu tidak lepas dari biaya masuk yang harus dibayarkan.

Menutup

Di zaman modern ini, belum banyak destinasi wisata yang mengusung konsep budaya dan kearifan lokal. Apalagi di kawasan Bogor yang jaraknya sangat dekat dengan ibu kota. Jika Anda ingin menghabiskan liburan dengan perasaan yang benar-benar berbeda, jangan lewatkan momen mengunjungi desa wisata Cinangneg.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button