Tempat Wisata

Desa Wisata Kelor, melihat pesona alam dan budaya lokal di Sleman

Desa Wisata Kelor bisa dijadikan destinasi untuk melepas penat karena Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seperti outbond dan flying fox.

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 09.00 – 17.00 WIB, Alamat: Kelor, Bangun Kerto, Kec. Turi, Cab.Sleman, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Jogja terkenal dengan masyarakatnya yang ramah dan memiliki kekayaan budaya, alam serta tempat wisata yang menarik. Salah satu rekomendasi tempat wisata menarik di Yogyakarta adalah Desa Wisata Kelor. Di sini wisatawan bisa menemukan pesona keindahan alam.

Tempat yang banyak menawarkan wisata budaya lokal adalah Sleman dimana tempat wisata ini berada. Desa wisata ini dikembangkan oleh pemerintah kota yang ingin mempromosikan budaya lokal penduduk setempat.

Selain itu, desa ini menyimpan latar alam yang sangat mempesona. Bisa saja menghasilkan pendapatan dari karyanya, namun yang lebih ditekankan adalah budaya yang dimilikinya yaitu Wisata Kelor.

Daya Tarik Desa Wisata Kelor

Daya tarik desa wisata Kelor SlemanSumber gambar: Google Maps Bima Saputra

Pastinya penasaran dengan atraksi apa saja yang dimiliki wisata ini karena ramai dikunjungi pengunjung baik pada hari libur maupun hari kerja. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca penjelasan seruannya di bawah ini:

1. Potensi alam yang melimpah

Desa ini memiliki keindahan yang sangat mempesona. Bagi warga sendiri sebagian besar berprofesi sebagai petani, peternak dan pengembang budidaya jamur. Dari sini terlihat bahwa potensi daerah ini dari segi kekayaan alamnya sangat bagus.

Selain itu pada musim buah akan banyak hasil kebun berupa buah salak. Tidak jarang para wisatawan yang datang pada saat-saat seperti ini membeli salak sebagai oleh-oleh

2. Keindahan Desa Wisata Kelor

Tidak ada alasan untuk meragukan pemandangan di desa wisata ini. Desa yang masih asri ini memiliki keindahan desa yang tidak akan membuat Anda bosan hanya dengan melihatnya. Kandungan udara di desa yang asri memberikan kesejukan dan kenyamanan.

Wisatawan betah karena merasa desanya masih segar dan hijau. Disarankan untuk datang bersama rombongan dan menyewa mobil besar agar bisa merasakan suasana di desa wisata ini.

3. Penduduk setempat yang ramah

Sambutan warga desa sangat luar biasa karena mereka cepat berbaur dan beradaptasi dengan wisatawan. Penduduk desa ini akan memberikan sambutan yang sangat ramah kepada warga lain yang datang dari luar desa.

4. Taman bermain

Untuk memicu adrenalin para wisatawan, terdapat wahana bermain di desa wisata ini. Wahana ini tidak lepas dari wahana alaminya yang bisa dicoba siapa saja. Flying Fox bisa dimainkan dengan cara yang menimbulkan kesan tersendiri bagi para pembalap.

Ada juga area outbond yang cukup luas. Biasanya area ini digunakan oleh organisasi atau kelompok orang untuk berkumpul bersama orang banyak.

5. Ada Rumah Joglo

Budaya masih dapat dirasakan, misalnya daya tarik rumah Joglo dapat dilihat. Rumah joglo ini bisa dikatakan sebagai warisan untuk memperkenalkan budaya jogja kepada wisatawan yang datang ke tempat wisata ini.

Menariknya, Rumah Joglo ini tidak hanya dijadikan pajangan karena wisatawan bisa menginap di sana. menyenangkan, bukan? Jika Anda berkunjung ke Desa Wisata Kelor, Anda juga bisa merasakan pengalaman menginap di Rumah Joglo yang sangat unik dan estetis.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Desa Wisata Kelor, SlemanSumber gambar: Google Maps Bima Saputra

Akses menuju Desa Wisata Kelor terbilang mudah dan dekat dengan desa wisata lainnya. Alamat lengkapnya di Dusun Kelor, Bangun Kerto, Turi, Kecamatan Kelor, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Rutenya sendiri sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Namun, jalan yang akan ditempuh cukup berliku dan menanjak. Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 20 menit dengan mobil.

Biaya masuk ke objek wisata

Siapapun bisa masuk ke desa wisata ini dengan bebas karena tidak ada biaya masuk. Namun tetap ada biaya parkir untuk memarkir kendaraan yang Anda bawa yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Namun jika wisatawan ingin menggunakan wahana yang ditawarkan seperti Flying Fox, Outbond atau Camping akan dikenakan biaya tersendiri. Harga akan disesuaikan dengan pilihan paket yang diinginkan. Dan harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Aktivitas menarik di Desa Wisata Kelor

Kegiatan Desa Wisata Kelor di SlemanKredit foto: Google Maps Ahmad Sidik

Mereka tak mau ketinggalan menawarkan aktivitas menarik. Saat wisatawan berkunjung ke tempat wisata ini, maka kegiatan untuk menikmati waktu liburan yaitu :

1. Keliling Desa Wisata Kelor

Hal yang perlu diingat saat berkunjung ke kawasan wisata ini adalah berjalan kaki melewati desa hingga puas. Wisatawan yang berkunjung ke desa ini memiliki kesan tersendiri karena dapat merasakan keindahan desa yang masih sangat alami.

Banyak pohon yang masih rindang, berbagai jenis perkebunan bahkan bisa dipanen pada musimnya. Buah yang paling sering dipanen adalah salak yang banyak dibeli wisatawan sebagai oleh-oleh khas kelor.

2. Menginap di Rumah Joglo Desa Kelor atau Homestay

Kesempatan terbaik untuk merasakan pengalaman menginap di rumah Joglo yang merupakan rumah adat dari Yogyakarta. Kegiatan ini dapat dilakukan ketika wisatawan memiliki waktu liburan yang cukup untuk menghabiskan waktu berlibur di Desa Wisata Kelor.

Namun jika rumah Joglo sudah penuh, masih ada homestay yang bisa diawaki untuk bermalam. Dengan begitu, Anda akan merasakan kesejukan di pagi hari yang memberikan kesan liburan yang nyaman, berbeda dengan kota yang padat.

3. Berkemah dan api unggun

Apakah Anda ingin merasakan aktivitas menarik dengan mendirikan tenda dan menyalakan api unggun di malam hari? Padahal, tempat wisata alam ini menawarkan lahan yang bagus untuk berkemah. Bahkan sering digunakan untuk kegiatan organisasi, anak sekolah dan lainnya untuk berkemah.

4. Outgoing dan Flying Fox

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kegiatan ini sangat menarik dan tidak boleh dilewatkan. Outbound dan Flying Fox merupakan aktivitas outdoor seru yang dapat memberikan pengalaman terbaik bagi Anda untuk merasakan keseruan di tempat wisata tersebut.

Dari mana? Kegiatan ini bisa menyegarkan pikiran dan lebih produktif setelah liburan kan? Untuk keseruannya sendiri akan membekas dan semakin menggairahkan.

5. Abadikan momen dengan foto

Abadikan momen terbaik di Desa Wisata Kelor dengan berfoto. Bisa selfie atau foto bareng dengan rombongan saat ke kawasan wisata ini. Kemudian bisa dibagikan ke media sosial agar siapapun yang melihatnya bisa merasakan kesejukan desa wisata ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Desa Wisata Kelor SlemanKredit foto: Google Maps Surya Dian Oktora

Ada berbagai jenis fasilitas yang bisa dirasakan oleh para pengunjung agar merasa nyaman. Fasilitas ini dapat digunakan untuk membuat liburan Anda di desa liburan ini menjadi lebih menyenangkan, yaitu:

  • Tempat parkir yang luas bahkan bisa digunakan untuk kendaraan besar seperti bus.
  • Area outbond untuk kegiatan olahraga outdoor.
  • perkemahan jika Anda ingin berkemah.
  • Masjid.
  • Keluarga tamu.
  • toilet dan lainnya

Persiapan liburan bisa menyenangkan jika Anda memilih tempat yang tepat, seperti: B. Desa Wisata Kelor. Tempat wisata yang memberikan kesejukan dan kenyamanan untuk berlibur dan membuat anda bersemangat untuk keesokan harinya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button