Berita Wisata

Detik-detik abrasi laut tiba, puluhan nelayan dari pantai Legokjawa Pangandaran bergotong royong memindahkan perahu

BERITA SWASTA – Gelombang tinggi disertai abrasi menerjang Pantai Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Puluhan nelayan langsung bergotong royong memindahkan perahunya, Kamis 19 Januari 2023 sekitar pukul 18.00 WIB.

Jenal Arifin, seorang nelayan di Pantai Legokjawa, mengatakan kejadian seperti itu cukup umum. “Untungnya masih siang, biasanya malam hari,” kata Jenal.

Dalam kejadian itu puluhan perahu terselamatkan karena para nelayan khususnya di Legokjawa bergerak cepat memindahkan perahu.

Baca Juga: Pencuri Mobil di Pangandaran Berhasil Ditangkap Warga Garut

Sedangkan budaya gotong-royong menggerakkan perahu merupakan tradisi nelayan yang masih melekat dalam kehidupan bermasyarakat, kerukunan dan mempererat tali persaudaraan.

“Jadi bukan hanya saat terjadi abrasi, gotong royong keluar masuk perahu dari kemarin sampai sekarang tidak berubah. Semua orang berpindah-pindah agar perahu bisa cepat keluar dari laut atau turun. Tidak ada pembayaran jasa bantuan mengangkat perahu,” katanya.

Diakui Jenal, tanpa bantuan tetangganya di kiri-kanan, nelayan akan kesulitan menaikkan dan menurunkan perahunya. Menurutnya, saat terjadi abrasi pada malam hari, biasanya ada rekan yang sering memberikan informasi.

Baca Juga: Bos Travel Tasikmalaya Nina Yulyani Tepis Punya Hubungan Istimewa dengan Kanwil: Selama Ini Saya Tahan Marah!

“Misalnya, jika terjadi abrasi terus menerus di laut lepas pada malam hari, siapa yang pertama kali mengetahui kejadian ini, mereka akan segera memberitahu nelayan lain,” kata Jenal.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button