Tempat Wisata

Di mana lokasi, rute, biaya masuk

Di mana lokasi, rute, biaya masuk

Jika Anda sedang berada di Jakarta dan ingin bersantai sambil mengunjungi tempat wisata, tidak ada salahnya untuk memilihnya Museum Harimau. Khususnya bagi Anda yang menggemari dan mencintai karya seni, Museum Macan Jakarta adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Tak kurang dari 800 karya seni lokal dan mancanegara memanjakan mata.

Namun sebelum ke sana, mari simak ulasan kami berikut ini tentang Museum Harimau Jakarta yang terkenal dengan berbagai pameran seni rupa kontemporernya. Apa isinya, berapa harga tiketnya, di mana tempatnya, Anda akan menemukan semua jawabannya dalam sekejap. Yuk, scroll ke bawah dan baca terus artikel ini.

Museum Harimau-Jakarta

Museum Harimau

Selain Museum Macan, sebenarnya ada beberapa tempat rekreasi di Jakarta yang memiliki konsep serupa Museum Harimau. Sebut saja Taman Ismail Marzuki, Planetarium Jakarta, Galeri Salihara atau Galeri Nasional, semuanya menawarkan performance atau pertunjukan seni sebagai daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Namun yang membedakan Museum Macan atau yang juga dikenal sebagai Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara dengan tempat serupa lainnya adalah di museum atau galeri seni ini Anda akan menemukan banyak karya seni yang berasal dari luar Indonesia. Bahkan, jumlah karya seni kontemporer seniman asing di museum ini mencapai separuh atau 50% dari total karya seni yang ada.

Di dalamnya terdapat karya-karya seniman dari Jepang, Amerika, China, Eropa dan negara-negara Asia lainnya. Seniman mancanegara yang karyanya dipamerkan di museum ini antara lain Yoyoi Kusama dari Jepang, Lee Mingwei dari Thailand, On Kwara dari Jepang dan Arahmaiani dari Amerika. Mereka adalah seniman berpengalaman yang dianggap sebagai seniman kelas dunia.

Museum-Harimau-Womelalui Instagram/dickynugrh

Lokasi Museum Harimau Jakarta

Lokasi Museum Harimau Jakarta berada di tempat yang cukup strategis. Hal ini membuat objek wisata ini mudah diakses dari mana saja.

Alamat lengkap Museum Macan adalah Jln. Panjang #5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Indonesia.

Lokasinya berdekatan dengan beberapa tempat rekreasi terkenal lainnya di Jakarta, seperti Monumen Monas yang hanya berjarak sekitar 9,5 kilometer dari Museum Macan. Lalu ada tempat wisata Central Park yang jaraknya hanya dua mil dari museum ini.

Untuk rutenya, Anda bisa memilih salah satu dari dua rute referensi menuju Museum Macan berikut ini:

Rute dari pusat kota Jakarta

Bagi Anda yang merupakan warga Jakarta, perjalanan ke Museum Macan dapat dimulai dengan bus Transjakarta atau Kopaja T57 dengan rute Terminal Blok M.

Rute ke Museum Harimaumelalui Instagram/museummacan

Dari terminal, naik Metromini tipe S70 atau S74 ke halte Kebayoran Lama.

Kemudian, dari terminal Kebayoran Lama, lanjutkan dengan jalur Transjakarta menuju Kebon Jeruk sebelum naik bus B03 CHP menuju Museum Macan.

Rute luar kota

Rute ini mengasumsikan keberangkatan dari Bekasi. Pertama, naik kereta api ke Stasiun Manggarai, lalu ke Kampung Bandan dan turun di Stasiun Tanah Abang Jakarta.

Dari stasiun kereta, lanjutkan menuju Stasiun Serpong dan kemudian ke halte bus Pasar Kebayoran Lama. Dari halte ini, naik Transjakarta Koridor 8 yang mengarah ke halte Kebon Jeruk.

Dari halte bus Kebon Jeruk, Anda bisa mencapai Museum Macan dengan angkutan umum merah KWK B03.

Tiket Museum Harimaumelalui Instagram/naomikristina

Dua rute di atas sebenarnya sangat mudah diikuti. Namun jika masih bingung, cari saja di aplikasi peta yang menunjukkan lokasi Museum Macan dan rute terdekat Peta Google Di dalam android Dan iOS.

Biaya masuk ke Museum Harimau

Harga tiket Museum Macan itu sangat mahal. Tapi itu akan sebanding dengan apa yang nantinya bisa Anda nikmati di dalam ruangan.

Berikut harga tiket yang harus dibeli pengunjung untuk masuk ke Museum Harimau Jakarta:

  • Dewasa – Rp 100.000 per orang
  • Anak-anak – Rp 80.000 per orang
  • Pelajar – ​​​​​​Rp. 90.000 per orang

Selain tiket umum di atas, pengelola museum juga menerapkan sistem tiketing dengan program keanggotaan. Berikut harganya:

  • Anggota Perorangan – Rp 300.000
  • Anggota Pelajar – Rp 180.000
  • Anggota keluarga – Rp 750.000 (2 anak dan 2 dewasa)

Museum Harimau Yayoi Kusamamelalui Instagram/wiliansoni

Fasilitas Museum Harimau

Sekitar Fasilitas di Museum Macan tentu saja tersedia sepenuhnya. selain fasilitas berupa wahana wisata. Selain itu, terdapat fasilitas umum seperti tempat parkir, ruang perawatan, gudang, ruang P3K, tempat ibadah dan toilet difabel.

Baca juga: Atlantis Ancol Jakarta

Akomodasi di dekat Museum Harimau

Khusus untuk Anda yang ingin menginap di dekat Kawasan Rekreasi Museum Harimau, berikut beberapa rekomendasi tempat menginap yang bisa Anda pilih.

Penginapan atau hotel di dekat Museum Macan:

  • Hotel Crowne Plaza – Rp 964.000 per malam
  • Hotel Ciputra Jakarta – Rp 550.000 per malam
  • Hotel 88 Kedoya Jakarta – Rp 370.000 per malam
  • Peninsula Tower Hotel – Rp 508.000 per malam
  • Business Hotel Tomang & Airy – Rp 150.000 per malam

Selain 5 hotel yang disebutkan di atas, banyak juga pilihan akomodasi yang nyaman dengan harga sewa yang lebih tinggi di sekitar lokasi museum. Sesuaikan saja dengan selera Anda dan anggaran apa yang Anda miliki.

Tiket Museum Harimaumelalui Instagram/soehardihartono

Wahana dan aktivitas yang menarik

Ada banyak hal yang dapat dilakukan sebagai bagian dari liburan Museum Macan. Di dalamnya Anda tidak hanya akan menemukan karya seni dari berbagai jenis, tetapi juga beberapa Pekerjaan atau wahana yang cukup menarik instagramable sebagai lokasi foto. kamu adalah anak-anak milenial Saya pasti menyukainya, bukan?

Berikut beberapa wahana menarik di Museum Seni Modern dan Kontemporer Nusantara (MACAN).

obsesi titik

Pekerjaan atau wahana ini untuk menyambut Anda saat pertama kali memasuki gedung museum. Pekerjaan Itu berisi bola kuning besar yang dihiasi dengan titik-titik hitam yang tersebar secara acak di semua bagian bola.

Kendaraan ini merupakan hasil tangan seniman Jepang Yayoi Kusama. Di sini Anda dapat melihat bola atau berfoto bersama mereka.

Cek juga tempat keren lainnya di Jakarta seperti Ocenpark BSD

percobaan di Jepang

Wahana ini juga merupakan karya seni dari Yayoi Kusama. Bentuknya berupa objek tanaman yang terbuat dari berbagai bahan seperti labu, bunga, dan polkadot, mirip dengan yang ada di wahana Dots Obsession. Kehadiran polkadot ternyata menjadi salah satu ciri karya Yayoi Kusama.

Harga tiket Museum Harimauvia instagram/md.renald

Oh iya, karya seni “Experiments in Japan” konon diciptakan oleh Yayoi karena terinspirasi dari perubahan kondisi sosial di Jepang pada tahun 1973. Saya tidak tahu apa tujuan atau arti karya seni itu. Namun bagaimanapun juga, karya seni ini terlihat cukup unik dan membuat semua orang berpikir tentang makna yang dimilikinya.

Ruang cermin tanpa batas

Itu adalah Pekerjaan juga yang paling menarik dan unik instagis Benar-benar tempat untuk berfoto. Namun sayangnya, pengunjung yang memasuki wahana Infinity Mirrored Room hanya memiliki waktu sekitar 10 detik saja.

Karya seni yang diciptakan oleh Yayoi Kusama ini berbentuk ruang kaca yang dipenuhi bola warna-warni dengan berbagai ukuran. Keindahan dan keunikannya baru terlihat jelas setelah difoto atau dibuat latar belakang Foto.

Anda akan melihat bola berwarna-warni yang tak terhitung jumlahnya seolah-olah bintang akan memenuhi langit di malam hari. Pastinya sangat indah dan sangat unik.

Baca juga: Museum Fatahillah, Jakarta Barat

cinta selamanya

Pekerjaan Ini adalah ruangan yang didekorasi dengan lukisan monokrom karya Yayoi Kusama. Lukisan-lukisan yang dibuat antara tahun 2004 dan 2007 ini secara visual agak berbeda dengan karya seni Yayoi pada umumnya yang bercirikan pancaran sinarnya yang terang.

Tiket Masuk Museum Harimau Jakartamelalui Instagram/jktgo

Tapi satu hal yang pasti. Pekerjaan Ini juga sangat menarik dan bisa dicoba sebagai contoh Pekerjaan difoto. Tapi ingat: sebelum Anda mulai mengambil foto di sana-sini, Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada staf atau pengelola museum apakah fotografi diperbolehkan di sana atau tidak. Pekerjaan Cinta ini selamanya

Baca juga: Kota tua Jakarta

Tur di dekat Museum Harimau

Tak jauh dari Museum Macan Anda bisa menemukan tempat liburan lain yang tak kalah menarik. Ini mungkin diperlukan bagi Anda yang ingin menjelajahi dua tempat wisata atau lebih dalam satu liburan.

Berikut beberapa tempat wisata di dekat Museum Macan dan perkiraan jarak ke Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara:

  • Kidzania Jakarta – 6 km
  • Pusat Perbelanjaan Taman Anggrek – 3 km
  • Akuarium Jakarta – 3 km
  • Taman Suropati – 7 km
  • Monas – 7 kilometer
  • Taman Ismail Marzuki – 12 km

Yang terjauh dari museum adalah Taman Ismail Marzuki. Namun jika Anda benar-benar seorang pecinta seni, maka sayang sekali Anda tidak mengunjunginya. Berbagai karya seni dan pertunjukan seni yang menarik menanti Anda.

Baca Juga: Seaworld Ancol Jakarta

Biaya masuk Museum Harimaumelalui Instagram/Bagaskoroo

Tips perjalanan ke Museum Harimau

Ini tidak akan lengkap tanpa menambahkan beberapa tips perjalanan untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari liburan Anda. Nah berikut beberapa tips wisata Museum Macan yang bisa diikuti.

Baca juga: Museum Geologi Bandung

  • Selalu periksa tingkat kesehatan dan kebugaran Anda sebelum pergi berlibur, ke mana pun tujuan perjalanan Anda. Jika Anda merasa sangat tidak enak atau tidak fit, sebaiknya batalkan atau tunda saja liburan Anda.
  • Persiapkan semua kebutuhan yang akan Anda bawa ke tempat liburan Anda satu hari atau setidaknya pada malam keberangkatan. Hal ini sangat penting agar keesokan harinya Anda tidak terburu-buru karena harus mencari dan menyiapkan barang bawaan.
  • Selalu datang lebih awal sehingga Anda memiliki lebih banyak waktumengeksplorasi semua perjalanan atau Pekerjaan apa yang ada.
  • Sebelum berangkat, sebaiknya cek dulu jadwal pameran karya-karya yang akan dipamerkan di Museum Macan. Untuk informasi jadwal pameran, kunjungi akun media sosial tempat wisata ini atau website resmi Museum Macan.
  • Agar lokasi Anda tidak terlalu ramai dengan pengunjung lain, sebaiknya datanglah pada hari kerja. Karena jika Anda datang berlibur, maka bersiaplah museum ini akan ramai dikunjungi banyak pengunjung.
  • Yang terakhir selalu mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola tempat wisata, tidak melanggarnya dan tentunya tidak dengan sengaja melanggar peraturan tersebut.

Beli Tiket Museum Harimaumelalui Instagram/farnoorisya

Baca juga tempat wisata menarik di Jakarta

Warga Jakarta atau pendatang yang ingin mencari hiburan atau mengisi waktu luang tidak perlu bingung lagi mencari tempat wisata yang tepat. Tidak perlu berkendara jauh dari kota, cukup kunjungi tempat-tempat wisata yang tersebar luas di kota Jakarta, termasuk Museum Harimau Jakarta.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button