Berita Wisata

Di tempat wisata Puncak Pantan Terong, wisatawan dapat melihat berbagai macam aksesoris Gayo Kerawang

laporan Romadani | Aceh Tengah

TRIBUNGAYO.COM, TAKEGON – Obyek Wisata Pantan Terong semakin mendapat pujian dengan menjual banyak aksesoris kerawang Gayo.

Asesoris yang dimaksud mulai dari gantungan kunci, tas, sal, topi dan kaos yang disulap menjadi patung kerawang Gayo.

Obyek Wisata Pantang Terong merupakan salah satu tempat favorit wisatawan untuk melihat matahari terbit atau sunrise di pagi hari.

Pantan Terong adalah sebuah bukit yang terletak di puncak bukit di Dataran Tinggi Gayo, Takengon, Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah.

Bukit ini tingginya lebih dari 1.350 meter di atas permukaan laut (MDPL)

Selain melihat matahari terbit, wisata ini menjadi ajang pembuktian bahwa kota Takengon Negeri berada di atas awan.

Jarak antara pusat Kota Takengon dan Pantan Tering memakan waktu sekitar 30 menit.

Untuk menuju Pantan Terong, pengunjung menggunakan jalur dua, Jalan Nasional Kader Lebe Takengon.

Setelah sampai di perempatan empat Bebesen, pengunjung bisa langsung belok kiri dan ikuti rambu di pinggir jalan.

Untuk melewati jalan Pantan Terong, pengguna jalan diimbau untuk waspada atau berhati-hati karena di sepanjang jalan tersebut banyak tikungan dan tanjakan yang rusak, pengendara dapat menggunakan gigi satu atau dua lebih dari dua atau empat kendaraan.

Sesampainya di Puncak Pantan Terong, wisatawan akan disuguhkan dengan banyaknya pedagang yang menjual aksesoris kerawang Gayo.

Bahkan, para penjaga toko berbaris rapi di dekat pintu masuk dengan wajah tersenyum menyambut hangat setiap pengunjung yang akan memasuki Pantan Terong.

Selain itu, panorama alamnya begitu mempesona hingga seolah-olah seluruh kota Takengon diselimuti awan putih yang bergerak perlahan.

Tak hanya Kota Takengon, dari puncak ini Anda juga bisa melihat hamparan Danau Lut Tawar Takengon.

Pantan Terong memiliki dua tingkat yang bisa dijadikan spot foto untuk Instagrammable, sambil menikmati pemandangan yang indah, pengunjung bisa menikmati kopi Arabica Gayo yang tersedia di Caffe Pantan Terong.

Salah satu pedagang asesoris Nisa mengatakan kepada Tribungayo.com pada Minggu 08/01/2023 bahwa asesoris tersebut dibanderol antara Rp15.000 hingga Rp45.000.

Diakuinya, alat peraga sudah laku sejak akhir liburan 2022. Saat ini, Nisa dan pedagang lainnya akan berjualan alat peraga setiap hari.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button