Berita Wisata

Ditjen Perhubungan Laut kembali menggelar pelatihan bagi agen embarkasi kapal pemerintah



JAKARTA – Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyelenggarakan pelatihan petugas embarkasi kapal pemerintah di Wilayah Kerja Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai Kelas II Manado dan Bitung, Sulawesi Utara, (24-28/1/2023).

“Dalam menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum di laut, personel KPLP harus tangkas, profesional dan menguasai aturan-aturan yang berlaku di dunia maritim. Selain itu, personel juga harus dibekali dengan pengetahuan yang dapat membantu dalam menjalankan tugas operasional di laut. perairan dalam menghadapi ancaman, salah satunya kompetensi Boarding Officer,” ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Capt. Mugen S Sartoto melalui keterangan tertulis yang diterima katakini.com di Jakarta, Kamis (25/1/2023).





Boarding Officer adalah suatu bentuk keterampilan yang sangat berguna dan cocok bagi awak kapal dalam negeri untuk mempelajari teknik menghindari serangan dan melumpuhkan musuh dalam menghadapi ancaman bahaya saat melakukan operasi di perairan dalam keadaan darurat dan darurat.

Kasubdit Patroli dan Pengamanan KPLP M Hermawan mengatakan, peserta kegiatan peningkatan keterampilan pramugari tersebut merupakan ABK kapal patroli negara pada unit pelaksana teknis di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut.

Materi yang diberikan adalah “Filsafat Sea Guard dan Coast Guard Dalam Peran Polisi dan Penanggulangan Penghalang Sebagai Boarding Officer” dan “Etika, Prosedur Persiapan dan Pemeriksaan, Prosedur dan Konsep Petugas Boarding Taktis”.

Diklat petugas boarding ini akan diakhiri dengan kegiatan praktikum atau latihan di laut sekitar Pelabuhan Bitung tepatnya menggunakan kapal negara milik pangkalan PLP Kelas II Bitung yaitu KN. Gandiwa – P.118 dan KN-P.331.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button