Berita Wisata

Dua pesawat mengalami turbulensi, penumpang terlempar ke langit-langit dan jatuh

TEMPO.CO, Jakarta – Dua pesawat di Amerika Serikat berpengalaman pergolakan serius dalam insiden terpisah yang menyebabkan 41 penumpang terluka dan beberapa dirawat di rumah sakit.

Tidak ada indikasi bahwa kedua peristiwa turbulensi itu terkait. Perjalanan udara sangat sibuk di seluruh dunia minggu ini karena liburan Musim dingin.

Seorang penumpang menceritakan pengalamannya saat kejadian itu terjadi. Tiffany Reyes baru saja kembali ke tempat duduknya dari kamar mandi dan hendak mengencangkan sabuk pengamannya ketika pesawat Hawaiian Airlines yang dikemudikannya tiba-tiba jatuh.

Dalam sekejap, Reyes mendapati dirinya tergeletak di lantai lorong, menatap panel langit-langit yang runtuh dan panel kamar mandi yang retak tergantung padanya.

“Saya bertanya kepada semua orang di sekitar saya, ‘Apakah ini karena saya?’ kata Reyes dalam sebuah wawancara yang dikutip oleh marketwatch.com. “Mereka bilang aku rupanya terbang menembus langit-langit dan terbanting ke lantai.”

Reyes, 40, termasuk di antara 20 orang yang dibawa ke rumah sakit. Sebelas orang dalam kondisi serius. Sebanyak 36 orang menerima perawatan medis karena benjolan, memar, luka dan mual, kata Jim Ireland, direktur Layanan Medis Darurat Honolulu.

Reyes kembali ke rumah setelah menjemput putrinya Kaylee dari perguruan tinggi. Dia pertama kali mengira ada sesuatu yang menabrak pesawat. Dia mengira mereka akan mati karena dia belum pernah mengalami hal yang begitu mengerikan dalam penerbangan sebelumnya.

Penerbangan Hawaiian Airlines lepas landas dari Phoenix dan mendekati Honolulu sekitar pukul 10:35 pada hari Minggu, 18 Desember 2022, ketika mengalami turbulensi, menurut Administrasi Penerbangan Federal (FAA) AS.

Pada hari Senin, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS mengatakan akan menyelidiki insiden tersebut.

Hawaiian Airlines mengatakan dalam sebuah pernyataan Senin bahwa 36 orang dirawat di bandara setelah mendarat dan “terus merawat” 17 penumpang dan tiga awak yang diangkut ke rumah sakit daerah untuk dirawat, 11 di antaranya luka parah.

Dua penumpang dan tiga awak pesawat United Airlines dari Rio de Janeiro terluka dalam turbulensi dalam perjalanan ke Houston, Texas, Senin pagi. Dokter membawa mereka ke rumah sakit setempat dengan “luka ringan,” kata United Airlines dalam sebuah pernyataan.

Afiliasi Berita ABC memfilmkan ambulans di Bandara Bush Intercontinental saat penerbangan United Airlines mendarat sekitar pukul 5:30 pagi. Dilaporkan bahwa penerbangan mengalami turbulensi saat melewati Cancun, Meksiko, mengutip pemindai radio lalu lintas udara.

Dari 20 orang yang dirawat di rumah sakit setelah penerbangan Hawaiian Airlines, 11 dibawa ke ruang gawat darurat dalam kondisi serius, menurut Layanan Medis Darurat Honolulu.

Cedera termasuk cedera kepala, memar dan kehilangan kesadaran, kata EMS dalam sebuah pernyataan.

Hawaiian Airlines mengatakan sedang melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap Airbus A330 sebelum mengembalikannya ke layanan.

Di dalam video pesawat ditampilkan di CNNpuing-puing berserakan di lantai dan ada beberapa retakan di langit-langit tempat orang atau benda tampak dipukul secara paksa.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button