Berita Wisata

Dua turis terseret ombak Diamond Beach belum ditemukan

SEMARAPURA, NusaBali
Tiga turis asing tersapu ombak di Pantai Intan Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung pada Selasa (3/1) siang.

Akibatnya, 2 turis asing hilang ditelan ombak dan 1 turis asing selamat. Dua turis asing itu tersapu ombak, yakni Yury Chernyavskiy, 36, asal Jerman, dan Matthias Mittriner, 42, asal Austria. Kamis (5/1) siang, korban belum ditemukan keberadaannya. Sementara itu, Daniel Hrdliczka yang berusia 37 tahun dari Austria selamat.

Informasi lapangan kejadian ini terjadi pada pukul 12.00 WITA, saat Daniel sedang berenang. Namun, Daniel tiba-tiba tersapu ombak, dan kejadian ini juga dilihat oleh pengunjung lainnya.

Selain itu, 4 pengunjung lainnya yang merupakan turis asing yang sedang berwisata ke Diamond Beach berusaha untuk memberikan bantuan. Akhirnya, Daniel diselamatkan dan dievakuasi ke pantai.

Namun, hanya 2 turis asing dari penjaga pantai yang berhasil mencapai pantai dengan selamat. Sedangkan 2 orang turis asing lainnya yang ingin membantu hanyut terbawa arus.

Selain itu, kejadian ini dilaporkan ke Polsek Nusa Penida. Tak lama kemudian, tim SAR gabungan langsung melakukan pencarian, namun hingga kini kedua korban belum ditemukan.

Plt Kapolres Nusa Penida AKP I Nyoman Suparwata mengatakan, pencarian dilakukan pada hari ketiga oleh tim SAR gabungan sejak Kamis pagi hingga sore hari. Personil Polsek Nusa Penida dipimpin oleh Satuan Intelkam Polres Nusa Penida Pawas Iptu I Made Suarta, bersama 4 anggota, Koramil Nusa Penida dan Basarnas. Pencarian dilakukan dengan penyisiran darat dan laut dengan perahu dari Basarnas. “Dua korban sampai saat ini belum ditemukan,” kata AKP Suparwata.

Ditelusuri dari jalur darat sambil melukis dari tebing Diamond Beach. Sembari mencari jalur pelayaran menelusuri lokasi korban tenggelam dan sekitarnya. Namun penelitian dari jalur laut ini juga terhambat oleh cuaca akibat angin kencang dan arus gelombang yang sangat kencang. Untuk itu, pencarian dilanjutkan Jumat (6/1) hari ini.

Sebelumnya, seorang turis asal Malaysia, Niliasih A/J Jeganathan, 24 tahun, tenggelam saat berenang di Pantai Diamond (Diamond Beach) Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung pada Selasa (27/12).

Selain itu, seorang turis Amerika, Matthwe Jhon, 31 tahun, tumbang diterjang ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung pada Senin (26/12) siang. Akibatnya bahu kiri korban terkilir dan langsung dilarikan ke Klinik Nusa Nusa Penida. Karena situasi gelombang besar, korban tidak dapat dievakuasi melalui laut, sehingga korban bersama istri dan sopir berusaha menaiki tebing di Pantai Kelingking.

Selain itu, seorang turis China, Chiu Way Vivian, 26, mengalami keseleo pergelangan kaki di Diamond Beach, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung pada Rabu (14/12) siang. Akibatnya, korban tidak bisa menaiki tangga dan harus dievakuasi dengan tandu oleh tim SAR, Polri, dan TNI. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan tim medis, kaki korban mengalami keseleo. *pucat

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button