Tempat Wisata

Embung Kdung, danau buatan eksotik menghadap Gunung Sindoro di Temanggung

Embung Kledung Temanggung merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan pengalaman berkemah unik dengan latar belakang Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Raya Parakan – Wonosobo No.KM.12, Kawasan Sawah, Kledung, Kec. Kdung, Kab.Temanggung, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Kabupaten Temanggung terletak di wilayah yang diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Tak heran jika banyak wisata alam menarik yang bisa ditemui di kawasan tersebut. Salah satunya adalah Embung Kdung, tempat ideal untuk mengagumi kemegahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Dengan panorama alam yang luar biasa dan udara yang segar, tempat ini sangat cocok dijadikan tempat camping keluarga. Anda juga bisa merasa tenang jika membawa anak-anak Anda, karena lokasi parkirnya tidak jauh dari lokasi parkir, sehingga si kecil tidak akan lelah saat mendaki. Kegembiraan seperti apa yang bisa Anda rasakan?

Hotel murah di Temanggung

Daya Tarik Pakaian Embung

Daya tarik waduk KdungFoto oleh Ikhsan Prasetyo di Google Maps

✦ Melihat panorama Gunung Sindoro dan Sumbing

Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, dua puncak megah yang berdiri berdampingan, menawarkan keindahan dan keagungan yang serupa. Karena itulah kedua gunung ini sering disebut sebagai gunung kembar oleh penduduk setempat. Berdiri di ketinggian sekitar 3.151 meter di atas permukaan laut dan 3.371 meter di atas permukaan laut, gunung ini menjadi ikon Temanggung yang patut untuk dilihat langsung.

Dari kawasan Embung Kledung Anda bisa melihat kedua gunung tersebut dengan lebih jelas. Menjulang tinggi dengan keindahan alam sekitar yang mempesona. Apalagi saat cuaca cerah dan cerah, Anda akan terkesima dengan panorama alam yang begitu memanjakan mata.

✦ Danau buatan yang indah

Embung Kdung merupakan danau buatan yang berfungsi sebagai cadangan air bagi perkebunan di sekitarnya. Meski bukan telaga alami, namun telaga ini terlihat sangat indah. Banyak yang merasa panoramanya mirip dengan Danau Kawaguchi di Jepang.

Saat cuaca cerah, Anda bisa menyaksikan betapa indahnya perpaduan danau buatan ini dengan latar belakang gunung kembar Sindoro dan Sumbing. Biasanya banyak orang yang memilih berkemah di sini untuk menikmati pesona matahari terbit dan terbenam yang semakin berwarna berkat semua pemandangan tersebut.

Kakek Omah’e Taman Donorojo Temanggung

✦ Tempat foto yang indah

Pengelola Embung nampaknya menyadari sepenuhnya potensi wisata yang ada di kawasan Embung-Kledung. Sehingga kini mereka menghadirkan beberapa spot foto cantik kepada pengunjungnya. Salah satunya ayunan dengan latar belakang danau dan gunung. Menariknya, ayunan tersebut memiliki dua kursi yang saling berhadapan, layaknya bangku di kafe.

Jadi Anda bisa berfoto di ayunan bersama pasangan atau teman Anda. Selain ayunan, ada juga hammock yang digantung di tepi danau. Jadi Anda bisa berfoto di sini dan mendapatkan gambaran tentang gunung kembar sebagai latar belakangnya. Dan tentunya masih banyak spot foto menarik lainnya yang bisa Anda coba.

✦ Perkebunan hortikultura

Embung Klung tidak hanya memiliki tempat perkemahan di sekitar danau, tetapi juga kebun perkebunan untuk pariwisata. Sejauh mata memandang, Anda bisa menikmati tampilan hijau yang menyegarkan mata. Terdapat pohon jambu biji yang menjadi landmark Kabupaten Temanggung, serta berbagai sayur dan buah yang terlihat segar dan sangat menggiurkan untuk dipetik.

Paket Tour Gunung Prau Dieng 2 hari 1 malam

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pakaian EmbungFoto oleh Yoggi Lalu di Google Maps

Wisata Alam Embung Kdung terletak di Jl. Raya Parakan – Wonosobo km 12, Kdung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 13 kilometer dari pusat kota Temanggung menuju objek wisata menawan ini. Jadi perjalanannya akan memakan waktu sekitar 26 menit.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum karena lokasinya strategis dan dekat dengan jalan utama yang menghubungkan Temanggung dan Wonosobo. Bagi yang ingin menggunakan angkutan umum dapat memulai perjalanannya di terminal Madureso atau terminal Mendolo.

Selanjutnya naik bus yang menyusuri jalan raya utama Temanggung-Wonosobo. Saat kamu sampai di Basecamp Sindoro melalui Busana, kamu hanya perlu bergerak ringan selama kurang lebih 15 menit untuk melanjutkan petualangan. Jika ingin lebih praktis bisa naik ojek.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati pesona Embung Klung, Anda hanya perlu membayar biaya yang sangat terjangkau. Jika sekedar berkunjung, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp. hanya 10.000 per orang. Dan jika ingin camping, HTM yang dikenakan adalah Rp. 15.000 per orang.

Perlengkapan camp dapat disewa pada tour dengan harga Rp. 60.000 dengan kapasitas 4 orang. Jika anda ingin melengkapinya dengan sleeping bag, matras, dll anda bisa mendapatkan paket camp dengan harga mulai dari Rp 150.000. Kawasan wisata ini buka setiap hari dan dapat dikunjungi mulai pukul 04.30 hingga 18.00 WIB. Tenda bisa didirikan di tempat penyimpanan mulai pukul 13.00 WIB.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Kledung EmbungFoto oleh Yoggi Lalu di Google Maps

1. Tempat favorit untuk menikmati panorama matahari terbit dan terbenam

Embung Klung merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit dan terbenam di Jawa Tengah. Buka mulai pukul 04.30 hingga 18.00 WIB, tentunya pengunjung bisa menikmati suasana meski tidak berkemah di sini.

Datang saja di pagi hari jika ingin melihat matahari terbit, atau datang sore hari jika ingin merasakan suasana eksotis matahari terbenam selama tur. Panorama Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di depan danau saling melengkapi dan membuat pemandangan matahari terbit dan terbenam semakin sempurna.

2. Camping di kawasan Embung Kledung

Berkemah merupakan salah satu kegiatan utama yang tidak boleh dilewatkan di Embung Klung. Karena dengan menginap di sini, Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk merasakan keindahan alam sekitar. Sehingga Anda bisa menikmati suasana matahari terbit dan terbenam yang luar biasa indah.

Pihak pengelola juga telah menyediakan paket perkemahan yang membuat kegiatan ini semakin nyaman. Ada paket untuk 2 hingga 4 orang yang dilengkapi dengan tenda, sleeping bag, kasur, dan senter. Anda juga bisa menyewa kompor atau gas dengan harga terjangkau mulai dari Rp. Hanya 10.000.

3. Berburu Foto

Pihak pengelola Embung Kledung sengaja menghadirkan beberapa spot foto kepada pengunjung. Artinya, Anda bisa berburu foto sekaligus menikmati pemandangan sekitar yang menakjubkan. Ada spot foto ayunan, tangga warna warni, hiasan bunga cantik, hammock dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Waduk KledungFoto oleh Suprihati Ningrum di Google Maps

Tak hanya memiliki tempat perkemahan yang luas dan beberapa spot foto, pihak pengelola juga melengkapi wisata danau buatan ini dengan berbagai fasilitas. Fasilitas yang ada bisa dikatakan cukup membuat pengunjung betah berlama-lama di objek wisata populer ini.

Diantaranya adalah tempat parkir mobil yang luas, toilet, musala, dan deretan warung makan dan minum. Dengan begitu, segala kebutuhan Anda bisa terpenuhi secara maksimal selama berwisata di Embung Clothing.

Jika Anda ingin memasak sendiri saat berkemah, tidak perlu khawatir. Di sini Anda bisa menyewa perlengkapan berkemah, termasuk kompor dan gas. Anda bahkan bisa meminta kayu bakar untuk disiapkan api unggun malam hari. Kedengarannya sangat menarik, bukan?

Ayo ajak keluarga atau teman kamu untuk camping di tempat wisata di Embung Kdung ini. Selama berkunjung, Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Belum lagi danaunya yang indah dengan banyak ikan di depan mata menambah keindahannya. Jangan lupa, semua pemandangan indah tersebut bisa Anda abadikan di spot-spot foto unik yang telah disiapkan oleh pemandu wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button