Berita Wisata

Enam klub berpartisipasi dalam pameran selancar di Pantai Amban Manokwari

Manokwari (ANTARA) – Enam klub selancar yang terdiri dari 25 putra dan putri mengikuti pameran selancar yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Papua Barat di Pantai Amban, Kecamatan Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Kamis.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Papua Barat, Ruland Sarwom di Manokwari mengatakan, pameran tersebut merupakan langkah Pemprov Papua Barat dalam menggali potensi wisata pantai dan laut pasca terbentuknya Provinsi Papua Barat Daya.

“Sebelumnya, kami selalu menggenjot dan memperkenalkan Raja Ampat sebagai andalan di Papua Barat. Namun kini wilayah tersebut telah memasuki provinsi baru, kami terus mencari dan memperkenalkan potensi baru wisata pantai dan laut, termasuk pantai Amban” ucapnya .

Dikatakannya, surf expo ini juga sebagai upaya mencari bibit atau talenta baru di bidang surfing. Jika memungkinkan, para peserta pameran dapat mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan diselenggarakan pada tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Ketua panitia surf expo, Theo Older, menambahkan peserta pameran tidak hanya dari Papua Barat, tetapi ada empat peserta dari provinsi Papua, tepatnya dari kota Jayapura.

Dikatakannya, pameran tersebut merupakan rangkaian kompetisi selancar internasional yang berlangsung selama dua hari terakhir. Theo mengatakan, expo sengaja diselenggarakan setelah kompetisi selancar internasional agar peserta pameran bisa mengambil pelajaran dari peselancar yang lebih berpengalaman.

“Pameran kali ini juga tidak bisa dibilang sering dikunjungi oleh para pemula karena para peserta menggunakan papan selancar pendek (pendek) yang umumnya digunakan oleh mereka yang sudah mahir,” kata Theo.

Ia melanjutkan, potensi selancar di Pantai Amban sangat bagus karena ombaknya sangat mendukung untuk mengadakan kompetisi. Theo mengatakan, sesuai kaidah selancar, ombak setinggi lutut pun berpotensi dijadikan wahana bagi peserta.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Manokwari Imanuel Hasitongan Pangaribuan mengatakan, surf expo merupakan ajang menyalurkan bakat dan minat anak-anak dengan masa lalu surfing.

Ia menilai, dalam tiga hari terakhir sejak kompetisi selancar internasional hingga pameran selancar, potensi anak-anak dalam olahraga ini memiliki peluang besar untuk mencetak atlet-atlet baru yang siap mengikuti kompetisi tingkat regional dan nasional.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button