Tempat Wisata

Fasilitas terbaru, tiket masuk 2020

Fasilitas terbaru, tiket masuk 2020

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang memiliki puluhan tempat wisata. Di provinsi dengan luas sekitar 35.378 km2 ini kita bisa menemukan segala jenis wisata.

Jika Anda suka berlibur ke tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah, maka kunjungilah Museum Telaga Manggung atau Rumah Pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Jawa Barat. Jika Anda menyukai tempat wisata yang bernilai edukasi, maka kunjungilah Trans Studio Bandung atau Bandung. Science Center serta Taman Budaya yang juga terletak di provinsi Jawa Barat.

Dan terakhir, jika anda menyukai suasana liburan di pantai maka ada banyak pilihan salah satunya adalah Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Deskripsi Pantai Panandaran

Pangandaran sendiri sebenarnya merupakan kabupaten baru di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini dulunya termasuk wilayah kabupaten Cilacap dengan jumlah penduduk sekitar 422.586 jiwa. Oleh karena itu, tidak heran jika hingga saat ini masyarakat lebih banyak menyebut Pantai Pangandaran dengan namanya dan nama kabupaten Cilacap. Pantai Pangandaran Cilacapjadi kebanyakan orang sudah familiar dengan nama pantai ini.

Jika Anda saat ini berada di Jawa Barat dan tidak tahu harus menghabiskan liburan di mana, maka datanglah ke pantai Pangandaran. Apalagi bagi Anda yang gemar berenang dan penggemar wisata pantai, mengunjungi pantai pangandaran merupakan ide bagus yang perlu segera dilaksanakan.

Di bawah ini adalah gambaran wisata pantai pangandaran sebagai informasi tambahan saat anda berlibur kesana. ayo dengarkan

Pantai Pangandaran

Di bawah ini Anda dapat membaca deskripsi singkat tentang Pantai Pangandaran.

Pantai Pangandaran memiliki pantai berpasir putih dan air laut yang jernih. Kedua pesona ini akan menyapa Anda saat pertama kali memasuki kawasan pantai Pangandaran.

Pantai Pangandaran Jawa Baratmelalui Instagram/suciprilliani25

Kemudian semilir angin pantai dengan lembut membelai rambut dan tubuh Anda, menambah kehangatan suasana pantai ini. Selami lebih dalam untuk menemukan sesuatu yang lebih mempesona.

Pantai Pangandaran memiliki bentangan pantai yang cukup luas. Kawasan ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Pantai Pangandaran Barat yang juga disebut Pantai Pananjung dan Pantai Pangandaran Timur. Keduanya dipisahkan oleh daratan yang menjorok jauh ke laut atau biasa disebut teluk.

Kedua pantai pangandaran ini memiliki karakteristik yang berbeda.

Pantai Pangandaran bagian barat memiliki karakteristik kawasan yang lebih landai dan cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Ada banyak warung makan berjejer di sini. Dibandingkan dengan Pantai Pangandaran di Timur, Pantai Pangandaran Barat lebih banyak pengunjungnya.

Selain luas pantainya yang lebih luas, Pantai Pangandaran Barat juga memiliki ombak air yang lebih tenang sehingga cocok untuk berenang. Bahkan anak-anak pun tampak berenang dengan aman di sini. Kemudian, saat sore tiba, Anda bisa menikmati indahnya fenomena matahari terbenam di pantai ini.

Tambak ikan kini semakin banyak di pesisir timur Pangandaran. Pasir di pantai lebih sedikit, dan di daratan ada dermaga yang menjorok ke laut.

Pantai Pangandaran Bandungmelalui Instagram/answeringbeautiful

Banyak juga restoran dengan menu spesial ikan bakar. Kemudian Anda bisa menyaksikan matahari terbit dari sini di pagi hari atau matahari terbit.

noda Menarik untuk mengambil banyak gambar di pesisir timur Pangandaran. Meski tidak seramai pantai barat, pantai ini juga sangat cocok dijadikan tempat berlibur. Semua orang kembali ke diri mereka sendiri. Jika ingin berenang, pilih tempat di barat jika ingin lebihmengeksplorasi noda unik dan menarik maka pilihlah pantai timur ini.

Baca juga tempat wisata di pulau jawa lainnya seperti Trans Studio Bandung

Lokasi Pantai Pangandaran

Lokasi pantai pangandaran ini beralamat lengkap di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Pangandaran, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota Bandung sekitar 212 kilometer sedangkan pantai ini berjarak sekitar 91 kilometer dari Kabupaten Ciamis.

Pantai Pangandaran berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap di sebelah timur, Tasikmalaya di sebelah barat dan Kabupaten Ciamis di sebelah utara. Di selatan, pantai ini berada di Samudera Hindia.

Adapun sarana transportasi untuk menuju pantai ini tentunya banyak. Selain bisa menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menjangkaunya dengan transportasi umum seperti bus dari Jakarta yang langsung menuju kawasan Pangandaran.

Pantai-Pangandaran-2018melalui Instagram/pantai_pangandaran

Bagi yang ingin menggunakan pesawat bisa terbang langsung dari Jakarta atau Bandung pendaratan di Bandara Nusawiru Pangandaran.

Lalu untuk jalan menuju pantai pangandaran yang bisa anda lewati ada beberapa pilihan diantaranya sebagai berikut :

  1. Jadwal perjalanan dari Bandung. Anda bisa berkendara melalui Tasikmalaya kemudian lanjut ke arah Banjar hingga Pangandaran. Jalur ini merupakan jalur utama yang paling mudah karena terdapat banyak rambu lalu lintas yang dapat dijadikan sebagai penunjuk jalan.
  2. Jalur Selatan Jawa Barat. Rute ini memang agak panjang namun cukup mengasyikkan, terutama bagi Anda yang menyukainya dalam perjalanan. Rutenya dari Bandung menuju Pangalengan, lalu ke Cisewu, lalu ke Rancabuana dan terus ke Pameungpeuk, Cipatujah, dan Pangandaran. Meski agak jauh, jalur ini agak sepi dan jalanannya lumayan bagus.

Baca juga: Keindahan Pantai Santolo di Garut

Biaya masuk ke pantai Pangandaran

Biaya masuk pantai Pangandaran cukup murah, nilai nominalnya bervariasi tergantung alat angkut yang digunakan. Artinya tiket masuk sudah dikompilasi dengan biaya parkir kendaraan.

Berikut daftar lengkap tarif masuk objek wisata pantai Pangandaran saat ini:

  • Pejalan kaki Rp 3.000 per orang
  • Motor Rp 7.000
  • Minibus Rp 80.000
  • BUS Besar Rp 169.000
  • Sedang BUS Rp 104.000
  • Kendaraan jenis Sedan dan Jeep Rp 28.000
  • Mobil penumpang besar Rp 40.700
  • Angkutan Jenis Kendaraan Rp 35.000

Pantai Pangandaran Sekarangmelalui Instagram/pantai_pangandaran

Baca juga: Green Canyon Pangandaran

Fasilitas pantai Pangandaran

Untuk fasilitas di pantai Pangandaran bisa dikatakan cukup lengkap. Tersedia tempat parkir, tempat ibadah, kamar mandi dan WC, ruang ganti, warung makan dan penginapan bagi yang ingin menginap disana.

Jenis dan harga akomodasi pantai Pangandaran tentu berbeda-beda. Anda bisa memilih sesuai budget dan keinginan Anda. Tapi tenang, di sini harga sewa penginapan per malam mulai dari Rp 200.000 saja.

perjalanan Sekitarnya Pantai Pangandaran

Jika masih kurang puas setelah menginap di Pantai Pangandaran, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di dekat Pantai Pangandaran. Beberapa di antaranya adalah Cagar Alam Pananjang, Green Canyon Ciamis, Pantai Batu Hiu, Pantai Karang Nini dan Citumang Pangandaran.

Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari Pantai Pangandaran, tempat wisata di atas juga sangat memikat dan cocok dijadikan tujuan liburan. Sasaran Tour selanjutnya setelah pantai Pangandaran.

pantai berpasir putihmelalui Instagram/pantai_pangandaran

Tempat keren lainnya di Jawa Barat: Dusun Bambu Lembang

Liburan ke pantai memang selalu menyenangkan. Walaupun pemandangan dan suasana yang akan kita alami mungkin hanya itu saja, tidak dipungkiri bahwa jenis wisata ini adalah yang paling populer dan juga paling ekonomis. Bagaimana? Apakah Anda sudah membuat rencana liburan ke Pantai Pangandaran Jawa Barat?

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button