Tempat Wisata

Forest walk, wisata alam dengan suasana hutan sejuk di bandung

Forest Walk merupakan destinasi wisata yang menawarkan pesona alam berupa pemandangan hutan dan taman kota serta cocok sebagai tempat relaksasi keluarga.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 09.00 – 16.00 WIB, Alamat: J L. Tamansari No. 90, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Banyak orang yang memilih Bandung sebagai destinasi liburannya. Tak heran jika banyak tempat wisata menarik di kota ini.

Iklim dan cuacanya yang sejuk disukai masyarakat karena letaknya yang berada di antara pegunungan dan perbukitan. Salah satu tempat wisata menarik di Bandung adalah Forest Walk.

Tempat wisata dengan pemandangan hutan dan jalur pejalan kaki yang nyaman. Terletak di tengah kota Bandung, hutan ini menjadi destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan tempat bersantai bersama teman atau keluarga.

Karena letaknya di kawasan yang strategis, wisatawan yang ingin berkunjung dapat dengan mudah menemukannya. Liburan di hutan kota ini bisa menjadi ajang di mana Anda bisa menyegarkan diri dan rehat sejenak dari berbagai rutinitas yang melelahkan. Udara segar dan sejuk mampu menjernihkan pikiran kembali.

Hotel dekat Hutan Anggrek Cikole

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya tarik jalan-jalan di hutan

Atraksi Jalan Hutan ShutterstockFoto oleh Akhmad Dody Firmansyah di Shutterstock

Banyak hal menarik yang membuat tempat wisata alam ini begitu digemari masyarakat. Tak hanya menyuguhkan pemandangan hutan di tengah kota, namun masih banyak faktor lain yang menambah daya tarik tersendiri.

Memiliki jalur hutan terpanjang di Asia Tenggara

Tempat wisata yang identik dengan jalur pejalan kaki di tengah hutan yang mengelilingi seluruh kawasan hutan ini bukan satu-satunya. Tempat wisata dengan konsep serupa juga terdapat di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Vietnam dan lain-lain.

Namun ada hal yang membuat objek wisata di Bandung ini semakin istimewa: Objek wisata berbentuk hutan dengan jalur pejalan kaki ini merupakan yang terpanjang dan terbesar di Asia Tenggara. Luas hutan luar ±3,8 hektar dan total panjang jalur pejalan kaki ±2,3 km.

Konsep jalur pejalan kaki ini juga unik, yakni berupa jembatan kayu setinggi 2 m di atas permukaan tanah. Pembangunan objek wisata ini diprakarsai oleh Ridwan Kamil yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Oleh karena itu, objek wisata andalan di kota bandung ini masih tergolong baru.

Suasana hutan yang sejuk

Daya tarik Forest Walk Kota Bandung selanjutnya adalah pemandangan sekitar yang menyegarkan. Terdapat berbagai jenis vegetasi di sekitar jalur pejalan kaki yang memberikan udara segar. Meski hanya berjalan-jalan di tengah hutan, sudah terasa nyaman dan menyenangkan.

Tempat wisata cantik ini juga aman untuk anak-anak dan orang tua karena jalur pejalan kaki yang tidak terlalu curam dan memiliki railing yang kokoh. Bangku-bangku juga ditempatkan di setiap sudut taman agar wisatawan dapat berhenti sejenak dan menikmati pemandangan hijau di sekitarnya.

Lokasi strategis

Tempat wisata unik ini terletak di kawasan strategis. Hal ini tentu menjadi keistimewaan dan daya tarik Forest Walk. Karena letaknya yang berada di kawasan strategis, wisatawan tidak akan kesulitan menemukan objek wisata ini di dalam hutan.

Tiket masuk Snow Park di Panama Park Bandung

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Jalan Hutan ShutterstockFoto oleh Kartika DI di Shutterstock

Meski merupakan objek wisata hutan, namun lokasinya berada di tengah Kota Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Tamansari No. 74, Lb. Siliwangi. Lokasinya sangat strategis, wisatawan bahkan bisa mencapainya dengan angkutan umum atau BRT Bandung.

Bagi yang menggunakan angkutan umum bisa turun di halte Tamansari. Untuk sampai ke tujuan selanjutnya bisa berjalan ke arah barat menuju Jalan Siliwangi. Waktu berjalan ±15 menit.

Tiket Ranca Upas Bandung

Biaya masuk dan jam buka

Masuk ke tempat wisata alam ini tidak dipungut biaya. Wisatawan hanya membayar biaya parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi yaitu Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Berjalan di Hutan ShutterstockFoto oleh Ipang Photgraph di Shutterstock

Selain suasana hutan dan pemandangan hijau dari pepohonan, wisatawan juga bisa menikmati berbagai aktivitas lainnya di sini. Kegiatan yang dapat dilakukan di hutan kota ini antara lain:

1. Latihan

Olahraga merupakan aktivitas utama yang dapat dilakukan di sini. Sesuai fungsinya, forest walk dimaksudkan sebagai rekomendasi hiking dan jogging. Jalur pejalan kaki yang terletak di dalamnya diciptakan untuk kenyamanan wisatawan yang datang. Jalan kaki saja sudah cukup membuat tubuh berkeringat.

Namun karena lingkungannya menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan udara yang sejuk, tentu badan tidak akan cepat lelah melainkan akan terasa nyaman. Agar aktivitas olahraga tidak menjadi beban.

2. Bersantai dan menikmati pemandangan serta kesegaran alam

Hutan kota ini diciptakan untuk memperbaiki kualitas udara perkotaan karena kualitas udara saat ini mulai menurun. Udara di kawasan ini sangat bagus, sehingga wisatawan dapat sejenak melepaskan diri dari polusi udara yang menyesakkan akibat kendaraan bermotor dengan mengunjungi Forest Walk.

Di sini Anda benar-benar bisa merasakan kesegaran udara dan suasana hutan. Wisatawan bisa menjelajahi seluruh sudut kawasan ini dan menikmati panorama hutan kota. Perjalanan melintasi seluruh kawasan hutan bisa membuat pikiran Anda jernih dan segar. Oleh karena itu sangat cocok dijadikan sebagai tempat bersantai dari segala aktivitas yang ada.

3. Carilah foto yang bernuansa alam dan hutan

Aktivitas selanjutnya yang biasa dilakukan di sini adalah mencari foto dengan nuansa natural. Pepohonan yang tumbuh di kawasan ini menciptakan suasana yang sangat alami sehingga banyak dijadikan spot foto yang menarik. Selain itu, keistimewaan lainnya adalah adanya jembatan sebagai jalur pejalan kaki yang didesain dengan desain unik.

4. Piknik keluarga

Bagi yang sedang mencari tempat piknik keluarga yang murah, tempat wisata alam ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Suasananya yang sejuk, segar dan sejuk menjadikan tempat wisata alam ini sangat populer di kalangan wisatawan.

Kawasan ini juga cukup aman untuk semua kalangan, baik lansia maupun anak kecil. Bahkan, beberapa tempat sangat cocok dijadikan tempat bermain anak.

5. Wisata kuliner

Aktivitas terakhir yang bisa dilakukan setelah puas berjalan-jalan di sudut hutan adalah mencoba berbagai kuliner. Meski tidak ada menu khusus, namun wisatawan bisa menemukan berbagai jajanan khas Bandung seperti tahu sumedang, tahu baso, dan batagor.

Menikmati jajanan khas Bandung di tempat sejuk dan pemandangan hijau bisa menjadi suguhan yang sangat istimewa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Jalan Hutan ShutterstockFoto oleh Ipang Photgraph di Shutterstock

Meski tergolong baru, namun fasilitas di Forest Walk sudah cukup lengkap. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir saat berkunjung ke objek wisata andalan di Bandung ini. Fasilitas yang tersedia antara lain:

  • area parkir
  • Ruang sholat
  • Toilet
  • Warung makan
  • Spot foto yang menarik
  • kursi taman

Tempat wisata alam di Bandung memang banyak, namun Forest Walk mempunyai keunikan tersendiri. Bagi yang ingin merasakan sensasi berjalan-jalan di hutan dengan jalur pejalan kaki yang nyaman, tempat wisata cantik ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Udara segar dan suasana sejuk bisa menjadi tempat penyegaran.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button